Wakil Ketua DPR-RI Rachmat Gobel Serahkan Bantuan 2 Unit Traktor Kepada Kelompok Tani Di Gorontalo Utara

182

 

Gorut MEDGO.ID – Dengan memiliki hamparan pertanian yang sangat luas, serta hasil panen melimpah, Kabupaten Gorontalo Utara juga di kenal kaya akan hasil pertanian yang tersebar di 11 Kecamatan dan di 123 desa.

Begitupun dengan lahan pertanian yang ada di Kecamatan Kwandang, peningkatan produksi hasil pertanian sangat signifikan, dan juga menghasilkan kwalitas panen yang cukup baik.

BACA JUGA  Pemdes Langge Salurkan BLT tahap 2, 3, 4, Dan 5 Diserahkan Langsung Pada Bulan Agustus Ini.

Untuk lebih mendukung capaian produktifitas dari hasil pertanian yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara, perlu adanya alat mesin pembajak lahan pertanian yang modern serta untuk lebih mendukung para petani-

BACA JUGA  Pentingnya Pendampingan Desa Dalam Perencanaan Progres Pembangunan, Melalui MusDes

dalam pengolahan lahan pertaniannya yang lebih baik dan efisien. Dengan melihat apa yang menjadi kebutuhan para petani, khususnya alat pembajak lahan pertanian, Wakil Ketua DPR-RI,-

Rachmat Gobel, menyerahkan bantuan 2 unit traktor
alat mesin pertanian (alsintan) kepada para kelompok tani, yakni kelompok tani desa Leboto, dan kelompok tani desa Posso Kecamatan kwandang.

BACA JUGA  Pemerintah Kecamatan Anggrek Pusatkan Gebyar Vaksinasi Di 2 Titik, Desa Tolongio Dan Ibarat

Penyerahan bantuan 2 unit alsintan tersebut di serahkan langsung oleh Rachmad Gobel di dampingi Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, kadis Pertanian Gorut, Kementerian-

Pertanian, wakil ketua DPRD Kabupaten Gorontalo Utara. Kegiatan penyerahan bantuan alsintan tersebut dilaksanakan di jalan Bypass Pontolo Indah. Jumat (15/10/2021).

BACA JUGA  Ternyata Tak Harus Tajir, Ditengah Covid-19 bagi Koptu Ishak untuk Berbagi dengan Warga Kurang Mampu

Mengawali sambutannya Rachmat Gobel menyampaikan beberapa hal terkait dengan produktifitas pertanian yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara. (Gorut)

BACA JUGA  Indra Yasin Serahkan Secara Simbolis Beras Premium Kepada Keluarga Penerima Manfaat

“Dalam mewujudkan pemikiran-pemikiran untuk meningkatkan produktifitas daripada pertanian di Gorontalo, baik itu jagung, maupun padi diperlukan satu tekhnologi. Pendekatan tekhnologi sangat mutlak diperlukan, tidak bisa lagi dengan cara-cara tradisional.
Kita harus menggunakan peralatan-peralatan yang ada, yang modern untuk supaya lebih mudah-

BACA JUGA  Masyarakat Kecamatan Anggrek Kecipratan Bantuan Zakat Infak Dari Baznas Gorut

dan lebih cepat, dan hasilnya lebih besar, lebih baik dari cara-cara yang sebelumnya. Alhamdulillah, dalam hal ini Pemerintah pusat merespon daripada apa yang saya sampaikan kepada Pemerintah, bagaimana bisa membantu daripada harapan-harapan keinginan yang saya ingin wujudkan dalam meningkatkan kesejahteraan para petani, dan juga bisa meningkatkan produktifitas hasil pertanian kita semuanya.” ucap Rachmat Gobel.

BACA JUGA  Thariq Modanggu Apresiasi Kegiatan Mahasiswa KKS Sultan Amai Gorontalo Di Desa Posso¬†

Di tempat yang sama pula, Bupati Gorontalo Utara, Indra Yasin, menyampaikan beberapa hal, kepada awak media terkait dengan penyerahan bantuan alsintan kepada kelompok tani.

BACA JUGA  Kades Putiana Siap Dukung Program Berkelanjutan Di kecamatan Anggrek

“Alhamdulillah hari ini saya menemani Wakil Ketua DPR-RI bapak Dr. Rachmat Gobel, yang menyerahkan dua alat traktor, dan satu menjadi alat panen padi, yang harganya dalam satu buah traktor itu kurang lebih 350 juta, jadi yang di serahkan hari ini mungkin sekitar 1 milyar lebih, dan itu diberikan kepada masyarakat tani Gorontalo-

BACA JUGA  Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Desa Bulalo, Fokus Lansia dan Kurang Mampu,¬† Terdampak Covid-19

Utara, yang tergabung di dalam koperasi. Pak Rachmat Gobel mengharapkan, bahwa nanti pengolahan pertanian itu, para petani perlu menggabungkan diri dalam satu wadah koperasi. Supaya nantinya para petani membutuhkan dana, maka ada dana melalui koperasi.” jelas Indra

BACA JUGA  Mahasiswa KKN Tematik UNG Terima Bimtek Dari BNN Gorut Di Kantor Desa Mootinelo Kwandang

Lanjut Indra lagi menuturkan, biasanya para petani selalu berhadapan dengan tengkulak, sebab menurutnya kurang menguntungkan bagi para petani.

BACA JUGA  Pentingnya Peran Pendamping Desa untuk Sektor Pembangunan

“Oleh sebab itu saya sebagai Pemerintah daerah, menyampaikan banyak terimakasih kepada Wakil Ketua DPR-RI, pak Rachmat Gobel, yang sudah menyerahkan bantuan ini, dan begitu perhatian besar untuk Gorontalo, termasuk Gorontalo Utara.” tutup Indra Yasin. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here