banner 728x250

Usulan 5 Poin Propemperda Disahkan DPRD Bone Bolango

  • Bagikan
banner 468x60

BONEBOL, MEDGO.ID — Berdasarkan ketentuan pasal 37 ayat (1) dan (2), dan pasal 40 undang-undang nomor 12 tahun 2011 tentang pembentukan peraturan perundang-undangan menyatakan bahwa hasil penyusunan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) disepakati menjadi Propemperda Kabupaten dan ditetapkan dalam Rapat Paripurna DPRD, selanjutnya penetapannya dengan keputusan DPRD.

Sehubungan dengan hal tersebut, Wakil Bupati Bone Bolango, Merlan Uloli menyampaikan usulan Propemperda pemerintah daerah kabupaten Bone Bolango tahun 2022. “Selanjutnya disepakati dan diparipurnakan guna penetapannya sesuai dengan tata tertib dewan perwakilan rakyat daerah kabupaten bone bolango,”ucap Merlan saat sambutannya pada rapat paripurna DPRD Bone Bolango. Selasa (30/11)

banner 336x280

Adapun Propemperda yang dimaksud adalah sebagai berikut:
1. Rancangan peraturan daerah kabupaten bone bolango tentang anggaran pendapatan belanja daerah kabupaten bone bolango tahun 2023.
2. Rancangan peraturan daerah kabupaten bone bolango tentang perubahan anggaran pendapatan belanja daerah kabupaten bone bolango tahun 2022.
3. Rancangan peraturan daerah kabupaten bone bolango tentang pertanggungjawaban anggaran pendapatan belanja daerah kabupaten bone bolango tahun 2021.
4. Rancangan peraturan daerah kabupaten bone bolango tentang pajak daerah dan retribusi daerah.
5. Rancangan peraturan daerah kabupaten bone bolango tentang rencana induk pengembangan pariwisata daerah (RIPDA).

BACA JUGA  Ketua DPRD Kota Gorontalo Himbau Pemkot Menerapkan Protkes Harus Secara Ketat

Merlan menjelaskan Propemperda merupakan instrumen perencanaan program pembentukan peraturan daerah yang dilakukan secara terencana, terpadu dan sistimatis yang dilaksanakan untuk jangka waktu (satu) tahun yang disusun berdasarkan skala prioritas.

BACA JUGA  Bone Bolango Minim Pekerjaan Proyek Infrastruktur Tahun 2022

Lanjutnya, penetapan skala prioritas dimaksud adalah dengan memperhatikan rancangan peraturan daerah yang urgen untuk dimasukan propemperda.

“Dalam penyusunan propemperda ini bertujuan untuk mewujudkan pembentukan produk hukum dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik dan berkualitas mengacu pada ketentuan mengenai tata cara pembentukan produk hukum dari perencanaan, persiapan, perumusan, pembahasan, pengesahan, pengundangan dan penyebarluasan,”terangnya

BACA JUGA  Kunjungi KPUD Bonebol, Kapolda Gorontalo Jamin Keamanan Pilkada Serentak

Untuk itu, Ia berharap Ranperda ini semoga baik merupakan usul inisiatif DPRD maupun usul inisiatif pemerintah daerah. “Insya allah kita akan tetapkan dalam propemperda tahun 2022 yang nantinya akan kita bahas bersama dengan sebaik- baiknya,”tutupnya. (IH)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *