Tumbuhkan Toleransi saat Idhul Adha, Bold Riders Pohuwato Berbagi Qurban Ke Warga Non-Muslim

Pohuwato, MEDGO.ID – Gabungan komunitas motor Bold Riders Pohuwato Kota Marisa Kabupaten Pohuwato Provinsi Gorontalo membagikan daging kurban kepada warga non-muslim kurang mampu untuk menumbuhkan rasa toleransi antarumat beragama.

Pembagian 15 paket daging kurban oleh MAX Fighter Indonesia Club, CBR Pohuwato Community, dan Honda Beat Club Gorontalo Pohuwato tersebut merupakan bagian dari program Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) yang digelar pada momen Iduladha 1443, Minggu 10 Juli 2022.

Rahmanto Ibrahim koordinator Bold Riders Pohuwato menjelaskan setelah pemotongan kurban bersama di salah satu masjid Kecamatan Marisa, daging yang dikemas menggunakan daun woka didistribusikan oleh komunitas ke warga non-muslim Desa Karangetan Kecamatan Dengilo yang berjarak 20 kilometer dari lokasi penyembelihan.

BACA JUGA  Pastikan Tahanan Aman, Kabid Propam Polda Gorontalo Cek Rutan Polres Pohuwato

“Gorontalo mayoritas muslim, karena itu dijuluki Kota Serambi Madinah. Umumnya daging kurban dibagikan ke warga muslim yang merayakan Idul Adha, kali ini kami inisiatif membagikan ke salah satu desa dengan mayoritas non-muslim dari suku Sangihe. Dengan tujuan menumbuhkan toleransi dan rasa persaudaraan antarumat beragama di Gorontalo,” ujar Rahmanto, Kamis 14 Juli 2022.

Meski jumlah kurban yang dibagikan tidak banyak, Rahmanto berharap kegiatan kurban bertajuk ‘KITA Berbagi 2022, Bangkit Bersama Menjadi Pemenang’ ini memberikan manfaat bagi penerima maupun bagi komunitas. “Semoga Bold Riders di Pohuwato semakin kokoh, solid, dan semakin besar. Dan ke depan bisa terus melaksanakan kurban,” ungkapnya.

BACA JUGA  Demi Mencapai Kesejahteraan, Faisal Mohie: Kades Berperan Menghubungkan Masyarakat Dengan Pusat

Kolaborasi KITA mengusung konsep Gerakan Ramah Lingkungan, dimana seluruh komunitas yang terlibat menggunakan wadah nonplastik untuk membungkus paket daging kurban yang dibagikan ke masyarakat. Di Marisa, Bold Riders menggunakan wadah daun woka yakni daun yang biasa digunakan untuk dodol dan nasi kuning oleh warga Gorontalo.

KITA Berbagi 2022 Ciptakan Rekor Baru

Program KITA Berbagi 2022 digelar serentak di 87 kabupaten/kota di Indonesia Timur. Terdapat 637 hewan kurban sapi dan kambing yang akan dibagikan ke masyarakat.

BACA JUGA  Telaah dan Refleksi 17th Pohuwato, Perayaan 'Sweet Seventeen' di Tengah Pandemi Covid-19

Pada tahun 2020 dan 2021, KITA Berbagi telah mendapat apresiasi dari Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) atas berbagai pencapaiannya. Pada tahun 2021, Komunitas KITA meraih rekor MURI untuk kategori jumlah pembagian paket kurban terbanyak dengan total 13.398 paket kurban.

Tahun ini Kolaborasi KITA juga akan kembali membuat rekor baru yakni membagikan hewan kurban dengan menggunakan wadah ramah lingkungan (nonplastik sekali pakai) terbanyak di Indonesia.

Hingga saat ini sebanyak 10.583 paket daging kurban dengan wadah ramah lingkungan telah dibagikan ke masyarakat. Data ini adalah jumlah sementara dan akan terus bertambah dalam sepekan ke depan. (Adv)