Tiga Desa Sekaligus Terima Sosialisasi SDGs Oleh Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Gorontalo Utara

47
Sustainable Development Goals

Gorut, MEDGO.ID — Dalam rangka percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di desa, tiga desa sekaligus dibekali dengan tata cara pengolahan data Desa atau yang disebut SDGs, (Sustainable Development Goals) Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung olahraga kantor Desa Bulalo, yang diikuti oleh seluruh Satgas Desa terdiri dari tiga perangkat Desa, yaitu Desa Alata Karya, Desa Leboto, dan Desa Bulalo, pada Selasa (6/4/2024).

BACA JUGA  Pemerintah Desa Leboto Pastikan Percepatan Pendataan SDGs

Di hadapan seluruh satgas dan pendamping Desa, Ronald Ismail yang juga selaku pemateri dari Tenaga Ahli P3MD (Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kabupaten Gorontalo Utara, memaparkan beberapa hal yang meliputi tata cara pendataan SDGs, serta memberikan pembekalan satgas dan pendamping Desa.

“SDGs itu adalah pencapaian pembangunan Desa berkelanjutan, dan itulah dari kunci atau kata password dari SDGs tersebut, paling tidak itu yang harus kita ingat.
Atau bahasa kerennya, Sustainable Development Goals. Tujuan dari SDGs ini adalah sebagai dasar perencanaan di tahun 2022. Berarti sesuai dengan dasar penyusunan RKPD tahun 2022.” jelas Ronald.

BACA JUGA  Pemda Gorut Fokuskan Pada Beras Lokal Yang Berkualitas

Sebab menurutnya, Kalau tidak selesai dalam menyusun pendataan tersebut, dirinya menganggap berarti tidak bisa menyusun RKPD. Karena itu sudah tertuang dalam peraturan Menteri Desa No.21, surat edaran Menteri Desa, dan surat edaran Bupati Gorontalo Utara.

“Dan yang berikut tujuan dari SDGs adalah sebagai dasar penganggaran di tahun 2022. Kalau tidak rampung SDGs tersebut, maka dana Desa, dan bagi Desa yang bersangkutan akan dipertimbangkan lagi alokasi dana Desa di tahun 2022.
Selanjutnya tahapan SDGs sendiri itu dimulai dari tanggal 1 Maret dan berakhir sampai 31 Mey 2021.

BACA JUGA  Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Desa Bulalo, Fokus Lansia dan Kurang Mampu,  Terdampak Covid-19

Begitupun dengan sensus Desa, nah tahapan itu ada 5 tahapan terdiri dari pembekalan, pendataan, pengimputan, ferifikasi, dan yang terakhrir adalah Musdes SDGs.” papar Ronald.

Dirinya juga mengingatkan bahwa ke 5 tahapan yang telah disebutkan harus secepat mungkin untuk di selesaikan sebalum jatuh tempo dalam pelaksanaan penyusunan maupun pendataan SDGs tersebut. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here