Tidaklanjut Hasil Kunjugan, Forkopimda Bonebol Akan Undang Pemilik Tambang

24
Kunjungan Forkopimda Kabupaten Bone Bolango lakukan kunjungan di tambang suwawa timur

BONEBOL,MEDGO.ID — Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bone Bolango menggelar rapat menindaklanjuti hasil kunjungan ke lokasi pertambangan yang ada di wilayah Tulabolo Suwawa Timur. Selasa (09/02)

Bupati Hamim Pou di wawancarai usai rapat.
Bupati Hamim Pou di wawancarai usai rapat.(Foto:IH)

Bupati Bone Bolango Hamim Pou menegaskan bahwa kewenangan pemerintah Kabupaten itu terbatas di sektor pertambangan tetapi karena tempatnya berada di Kabupaten Bone Bolango ini maka tidak boleh lengah dengan persoalan tersebut.

“Karena lokasinya di Bone Bolango tentu juga kita tidak boleh abai terhadap kondisi di lapangan, kita memerlukan banyak sekali limbah-limbah zat-zat kimia begitu juga sampah plastik non plasti di lokasi,”ungkap Hamim

BACA JUGA  Launching MPP, Ketua Dekab Bonebol Beri Apresiasi Kepada Pemda

“Kemudian juga minuman keras ada di sana, ada juga bayi balita, anak-anak juga perempuan mudah ada di lokasi tambang tersebut, dari sisi keselamatan kerja, hampir semua tidak ada yang memenuhi standar keselamatan kerja yang ada di lokasi tambang,”sambung Hamim saat di wawancarai usai rapat tersebut di Rumah Makan Meranti Bone Bolango.

BACA JUGA  Tahun Pengabdian Akabri 88, Menggelar Bakti Sosial

Hamim mengatakan dalam waktu dekat langkah yang akan di ambil forkopimda Bone Bolango adalah akan mengundang tokoh-tokoh tersebut.

“Pemilik-pemilik tambang untuk bertemu kami. Dan rapat bersama kami membahas bagaimana menertibkan atau mengatur kegiatan di pertambangan tersebut,”terangnya

“Setelah kita temu undang para penambang, kita akan membatasi orang ke lokasi tambang, tidak boleh ada anak-anak, tidak boleh ada balita, tidak boleh perempuan yang di bawah ke lokasi tambang,”sambungnya lagi

BACA JUGA  Gelar Paripurna Penyampaian Hasil Reses, Halid Tangahu: Perlu Perhatian dan Ditindaklanjuti

Kewenangan Pemerintah Kabupaten terbatas, Ia menambahkan akan membuat laporan pada pemerintah Provinsi.

“Kepada Pak Gubernur supaya bisa di koordinasikan bagaimana menata kembali lokasi pertambangan ini,”tutupnya.

Dari pantauan wartawan medgo.id, rapat tersebut di hadir Bupati Hamim Pou, Ketua DPRD Bone Bolango Halid Tangahu, dan juga jajaran Forkopimda lainnya. Dan Forkopimda juga akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada warga yang ada di lokasi pertambangan tersebut karena mungkin mereka sudah terpapar zat-zat kimia.(IH)

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here