Thoriq : Realisasi APBD Baik Terpantau di e-Monep

6
Thoriq Modanggu : ThoRealisasi APBD Baik Terpantau di e Monep

Gorut, MEDGO.ID — Wakil Bupati Gorontalo Utara Tharig Mondanggu memintakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk tetap berkomitmen untuk menuntaskan program-programnya sesuai target ditetapkan.

Apalagi hal itu di imputkan pada aplikasi berbasis elektronik (e-Monep). ” Inilah pentingnya pengisian atau penginputan realisasi fisik maupun keuangan atas pelaksanaan APBD lewat sistem Elektronik Monitoring Evaluasi Pengendalian Dan Pelaporan Pembangunan (e-Monep) untuk diseriusi. ” kata Wakil Bupati Tharig Modanggu, pada Bimbingan Teknis (Bimtek) Elektronik Monitoring Evaluasi Pengendalian dan Pelaporan Pembangunan (e-Monep) new generation di Hotel Sintesa Peninsula, Manado, Senin (22/3) kemarin.

BACA JUGA  Pemkab Bone Bolango Dukung Program Bangga Kencana

“Bimtek ini membahas soal teknis dan non teknis. Secara teknis ini berkaitan dengan teknik pengisian atau teknik penginputan, yakni, menginput data-data ke dalam sistem, baik itu realisasi fisik maupun realisasi keuangan yang harus tepat waktu dan sesuai dengan juknis yang ada,” jelasnya.

Dan untuk non teknis, tentu kata Wabup, hal ini patut diperhatikan. Menurutnya, ini penting dilakukan karena selama ini, problem yang terjadi di Gorontalo Utara, di mana, dalam beberapa kali rapat koordinasi di tingkat provinsi, masih banyak kendala yang dihadapi. “Terutama, dari hasil monitoring dan evaluasi secara elektronik, yang mana kesesuaian antara realisasi fisik dan realisasi keuangan belum sinkron,” ungkapnya.

BACA JUGA  Ridwan Yasin siap mendukung Pembentukan Bapera Gorut, sampai Ke Tingkat Ranting

Selanjutnya dari sisi presentase atau daya serap anggaran, menurut Thariq, hal ini bukan saja semata-mata yang bersifat fisik, atau teknis, tapi juga non teknis. “Karena non teknis itu berkaitan dengan operator, dengan petugas yang secara rutin, secara konsisten melakukan input data. Kemudian juga proses pengadaan barang dan jasa juga melibatkan bukan saja hal-hal teknis dan tapi juga hal-hal non teknis,” pungkasnya. (MDG)

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here