Terjadi Aksi Demonstrasi Di Kantor Bawaslu Kabgor, Ada Apa?? 

18
Masa aksi di depan kantor Bawaslu Kabgor (Foto: Bayu Harundja)

KABGOR, MEDGO.ID– Menyoal kontestasi pilkada serentak tahun 2020 yang di gelar di Kabupaten Gorontalo, terjadi permasalahan dalam prosesnya.

Terkait permasalahan tersebut aliansi yang menamakan Aliansi Rakyat Pro Demokrasi (AR-PAR-PRODEM) menggelar aksi di depan kantor Bawaslu Kabupaten Gorontalo, pada Senin (12/10/2020).

Masa aksi di depan kantor Bawaslu Kabupaten Gorontalo (Foto: Bayu Harundja)

Tuntutan yang mereka bawa adalah mempertanyakan kembali keputusan Bawaslu Kabupaten Gorontalo, mengingat sebelumnya Bawaslu melakukan keputusan kontroversi yang merugikan salah satu pasangan calon yaitu paslon Nelson-Hendra terkait laporan dugaan pelanggaran administrasi.

Hal tersebut di sampaikan langsung oleh salah satu orator Taufik Buhungo, dalam orasi dia menyampaikan bahwa hari ini mereka turun ke jalan dengan berdasarkan analisa mereka bahwa saat ini pihak Bawaslu berpihak pada salah satu calon dan merugikan calon lainnya.

Taufik Buhungo, salah satu orator dari masa aksi (Foto: Bayu Harundja)

“Hari ini dalam kajian dan analisa kami, terlihat jelas ada intervensi politik yang sudah masuk di Bawaslu Kabupaten Gorontalo. Dimana Bawaslu seolah-olah terlihat ada keberpihakan kepada salah satu paslon yang ikut dalam perhelatan pilkada Kabupaten Gorontalo”, tegas Taufik.

Dan selain itu, masa aksi mempertanyakan integritas dari Bawaslu sendiri terkhusus Ketua Bawaslu, Wahyudin Akili yang merupakan ponakan dari salah satu Calon Bupati yaitu Rustam Akili.

Terkait tuntutan yang dilontarkan masa aksi, Ketua Bawaslu, Wahyudin Akili, bertemu masa aksi di depan kantor Bawaslu menjawab semua pertanyaan yang di lontarkan masa aksi.

Mengenai keputusan kontroversi pihak Bawaslu yang merugikan salah satu paslon dengan dugaan pencoretan pasangan Nelson-Hendra yang dilaporkan oleh Robin Bilondatu mengenai dugaan pelanggaran administrasi.

Ketua Bawaslu Kabgor, Wahyudin Akili, bertemu dengan masa aksi (Foto: Bayu Harundja)

Wahyudin menegaskan bahwa belum ada pencoretan dari pihak Bawaslu, semua kandidat dari 4 paslon masih sah mengikuti kontestasi pilkada Kabupaten Gorontalo.

“Saya perlu tegaskan bahwa belum ada yang namanya pencoretan, 4 paslon masih sah mengikuti kontestasi pilkada Kabupaten Gorontalo sampai dengan hari ini”, tegas Wahyudin.

Dan juga Wahyudin menegaskan bahwa pihak Bawaslu sudah melaksanakan prosedur berdasarkan ketentuan Peraturan perundang-undangan.

Dan terakhir Wahyudin menyampaikan mengenai integritas dari ketua Bawaslu yang memiliki hubungan kekeluargaan kepada salah satu calon Bupati.

“Terkait dengan hubungan kekerabatan dan ke kekeluargaan. Benar, saya punya hubungan kekeluargaan dengan salah satu calon bupati nomor urut 4 pak Dr. Rustam Akili, dan itu saya tidak bisa pungkiri. Pada saat pengundian nomor urut saya sudah umumkan dan itu disiarkan langsung bahwa saya punya hubungan kekeluargaan, oleh karna itu sekali lagi saya tidak bisa menjanjikan bahwa saya itu jujur dan saya itu berintegritas, silahkan teman-teman menguji itu di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP),” pungkas Wahyudin. (Ubay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here