Berita  

Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Bawaslu Kota Gorontalo Rencanakan Program Kegiatan dan Penyusunan Regulasi

Kota Gorontalo, Medgo.id — Tahapan Pemilu 2024 resmi dimulai hari ini tanggal 14 Juni 2022. Ini pun berdasarkan Peraturan KPU Nomor 3 tahun 2022 yang dirilis KPU RI melalui lamannya.

Usai melaksanakan kegiatan apel siaga pengawasan serentak di seluruh wilayah nusantara yang digelar oleh Bawaslu RI melalui tampilan Zoom Meeting,  Ketua Bawaslu Kota Gorontalo Lismawy Ibrahim ditemui beberapa wartawan yang hadir langsung di kantor Bawaslu Kota Gorontalo. Berikut yang disampaikan lismawy dihadapan para media.

BACA JUGA  Partai Nasdem Gorontalo Mulai Siapkan Strategi di Pemilu 2024

Lismawy mengatakan untuk hari ini resmi tahapan Pemilu 2024 dimulai, artinya di awal ini juga kami di Bawaslu Kota Gorontalo mulai fokus pada tahapan pengawasan pada setiap tahapan, namun untuk tahapan pertama kali ini yakni adalah program perencanaan kegiatan dan penyusunan regulasi.

“Kami pun di lembaga Bawaslu untuk kegiatan awal yakni melakukan pembenahan dalam penyusunan regulasi seraya menunggu peraturan KPU mengenai tekhnis di setiap tahapan pemilu ”ujar Ketua Bawaslu Kota Gorontalo

Lebih lanjut, Lismawy menjelaskan untuk tahapan awal dalam pemilu 2024 yakni pendaftaran dan verifikasi parati politik. Ini pun dilaksanakan mulai tangggal 29 Juli 2022.

BACA JUGA  Baznas Boalemo Salurkan 210 Paket Sembako Pada Kaum Duafa

Lain halnya mengenai proses tahapan, Lismawy menjelaskan untuk rekrutmen pengawas tingkat bawah yakni Panwascam akan segera dibentuk kemungkinan besar di tahun ini karena mengingat di tahapan 2022 ada proses pengawasan verifikasi partai politik dan juga pemutakhiran daftar pemilih yang ini juga diawajibkan untuk dilakukan pengawasan di tangkat bawah .

“untuk pembentukan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) kami di Bawaslu Kota Gorontalo masih menunggu juknis yang akan turun dari Bawaslu RI” jelas Lismawy

BACA JUGA  Pemerintah Diharapkan Mendata Kembali Aset Pertanian dan Perikanan di Bonebol

Di akhir wawancaranya bersama media, Lismawy berharap dengan dimulainya tahapan pemilu serentak tahun 2024 ini semua pemangku kepentingan baik itu masyarakat, media, stakeholder terkait, dan organisasi pegiat pemilu ikut mendukung serta mensukseskan perhelatan demokrasi dan juga menolak segala hal yang menciderai  proses demokrasi di Kota Gorontalo tentunya adalah menghindari politik uang dan juga politisasi sara. (**)