Siap Sambut World Superbike, PLN Terapkan Listrik Tanpa Kedip di Mandalika

128

MATARAM, MEDGO.ID — PT PLN (Persero) berkomitmen menyediakan listrik andal tanpa kedip di Sirkuit Mandalika, untuk mendukung perhelatan lomba balap motor internasional, dengan mengelontorkan investasi sebesar Rp 47,5 miliar.

Gelaran World Superbike (WSBK) 2021 akan dihelat di Sirkuit Mandalika, pada 19 hingga 23 November 2021 mendatang. Selain superbike, ajang balapan motor juga akan dibuka dengan ajang Idemitsu Asian Talent Cup (IATC) pada tanggal 12-14 November 2021.

Executive Vice President Komunikasi Korporat dan TJSL PLN, Agung Murdifi mengatakan, untuk bisa mendukung dua gelaran internasional tersebut PLN menerapkan skema _zero down time_ agar pasokan listrik andal tanpa kedip.

Agung menjelaskan PLN sudah siap untuk melistriki Jalan Kawasan Khusus, sirkuit Mandalika dengan daya yang dibutuhkan adalah sebesar 5,19 Mega Volt Ampere (MVA).

BACA JUGA  Toni - Daryatno Resmi Mendaftar Ke KPU Kabupaten Gorontalo

“Investasi yang dikeluarkan PLN sebesar Rp 47,5 miliar khusus untuk merealisasikan skema _Zero Down Time_ atau layanan tanpa kedip. Ini dukungan penuh PLN untuk mensukseskan IATC dan WSBK, dan nanti MotoGP pada 2022, ” ujar Agung.

Untuk memastikan pasokan listrik tetap aman, PLN juga menyiapkan sistem kelistrikan cadangan dengan 6 Unit Mobile Trafo, 7 unit genset dengan total kapasitas 3.200 kiloWatt (kW) dan 9 unit _Uninterrutible Power Supply_ (UPS) berkapasitas 1.070 kiloVolt Ampere (kVA).

“Kami mendatangkan 4 unit UPS dari beberapa PLN unit lain di luar NTB, yaitu NTT, Jakarta dan Bali. Sedangkan 2 unit dari Sumbawa dan 1 dari Mataram. Untuk genset, 2 unit kami mobilisasi dari Jeranjang, dan sebagian lain dari Sumbawa dan Bima, ” ujar Agung.

Koordinasi dengan ITDC juga terus dilakukan untuk memastikan kesiapan listrik di masing masing _venue_. Terdapat beberapa titik yang vital, yaitu _race control, bright store, TV compound, medical center, observation deck_ dan juga _pit building_.

BACA JUGA  Polsek Dungingi Amankan Pelaku Penikaman di Perempatan Metro

“Masing masing _venue_ akan dijaga oleh beberapa personel dari PLN. Kami pastikan untuk memberikan yang terbaik untuk Mandalika, ” ujar Agung.

Selain infrastruktur kelistrikan yang telah siap untuk melistriki perhelatan akbar, PLN juga menyiagakan 244 personel untuk menjaga keandalan listrik di di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Tambahan personel dari Sumbawa dan Bima, atau bahkan dari luar provinsi NTB juga siap untuk didatangkan apabila diperlukan.

Seluruh persiapan dilakukan untuk merealisasikan layanan _Zero Down Time_ , yaitu listrik layanan tanpa kedip dengan cara penyediaan sistem suplai berlapis. Sistem utama berasal dari sistem kelistrikan Lombok, yang akan di dukung dengan UPS dan genset sebagai cadangan pasokan. Ini merupakan komitmen PLN untuk memastikan listrik yang andal demi menyukseskan penyelenggaraan IATC dan WSBK 2021.

BACA JUGA  Tim Opsnal Satuan Reskrim Polres Pohuwato Kembali Berhasil Tangkap Tahanan Yang Kabur

*Narahubung*
Gregorius Adi Trianto
Vice President Komunikasi Korporat PLN
Tlp. 021 7261122
Facs. 021 7227059

*Sekilas Tentang PLN*
_PT PLN (Persero) adalah BUMN kelistrikan yang terus berkomitmen dan berinovasi menjalankan misi besar menerangi dan menggerakkan negeri. Memiliki visi menjadi perusahaan listrik terkemuka se-Asia Tenggara, PLN bergerak menjadi pilihan nomor 1 pelanggan untuk Solusi Energi. PLN mengusung agenda Transformasi dengan aspirasi Green, Lean, Innovative, dan Customer Focused demi menghadirkan listrik untuk Kehidupan yang Lebih Baik. PLN dapat dihubungi melalui aplikasi PLN Mobile yang tersedia di PlayStore atau AppStore_.(**)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here