Putus Bebas ! OBH Yadikdam Membuktikan Klienya Azis, Terlepas dari Dakwaan Jaksa LakukanTambang Ilegal

29
Ptus Bebas ! OBH Yadikdam Membuktikan Klienya Azis Tak Terbukti Dakwaan Tambang Ilegal
Direktur OBH Yadikdam Rongky Gobel, Novarolina Pulukadang, SH, bersama Tim pengacara saat melakukan konferensi pers di Kedai Raisa, pada Senin (05/04/2021) (Foto medgo.id)

Kabgor, MEDGO.ID — Pengadilan Negeri Limboto, kembali memutus bebas perkara tindak pidana pertambangan, yang didakwa terhadap terdakwa Azis Botutihe, pada Senin (05/04/2021).

Hal ini disampaikan langsung oleh Organisasi Bantuan Hukum (OBH) Yadikdam selaku pihak yang mendampingi terdakwa Azis.

BACA JUGA  KPU Kabgor Resmi Menetapkan Nomor Urut Paslon Pilkada 2020

Rongky Gobel  menyampaikan bahwa pihaknya memenangkan perkara pertambangan dengan terdakwa Azis Botutihe, padahal dalam dakwaan jaksa penuntut disebutkan bahwa kliennya, didakwa melakukan aktifitas petambangan galian c ilegal disungai Paguyaman, Kabupaten Gorontalo.

Menurut Rongky, kliennya Azis sebatas pemilik alat, yang melakukan aktifitas galian, dengan dasarperjanjian kerjasama dengan pihak pemilik ijin galian c pertambambangan dilokasi yang menjadi objek perkara tindak pidana pertambangan.

BACA JUGA  Ada 26 Jenis PMKS, Pemkot Telah Programkan Berbagai Kegiatan Sosial

OBH Yadikdam mengaku sangat puas dengan Putusan oleh Majelis Hakim, pada persidangan Senin (05/04/2021), PN Limboto yang memberikan putusan bebas terhadap terdakwa Azis Botutihe.

Dengan demikian, segala akibat hukum termasuk pemulihan nama baik terdakwa harus diberikan kepadanya.  Termasuk alat berat dan mobil dum truck yang disita oleh aparat kepolisisan, untuk dikembalikan kepada Azis.

Rongky Gobel SH selaku penasihat hukum Azis yang juga merupakan direktur Yadikdam, mengaku bersyukur atas putusan pengadilan ini, bukan hanya karena diputus bebas, melainkan majelis mangambil pertimbangan hukumnya, dalam perkara ini, sebagai dasar  petimbangan putusan bebas.

BACA JUGA  Fadel Muhamad minta Sektor Pertanian dan Perikanan menjadi Fokus Perhatian Pemerintah Daerah

Rongky juga berpesan kepada penyidik kepolisian agar, dalam menjalankan profesinya untuk lebih profesional, agar dalam memahami perkara pidana, apalagi tindak pidana tertentu seperti yang di alami klienya, tak akan terjadi lagi dikemudian hari, bagi masyarakat.

Untuk itu jangan perijinan lengkap, kemudian harus dipidanakan, yang berakibat putusan bebas di pengadilan.(MDG)

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here