Opini  

PT. PNRP Mangkir Saat BPN Melakukan Pengukuran Lahan HGU

Bahan bangunan program BSPS sudah berada dilokasi lahan Eks HGU di Desa Potanga Kecamatan Botumoito Kabupaten Boalemo

Boalemo, MEDGO.ID – Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2022 melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bagi masyarakat berpenghasilan rendah bagi masyarakat di Desa Potanga Kecamatan Botumoito belum bisa jalan walau pun materialnya sudah berada di lokasi.

Dari informasi yang dihimpun media medgo.id dilokasi, terkendala lahan yang akan dijadikan lokasi program BSPS berada dilahan eks HGU milik PT. Perkebunan Nusa Rumpun Permai, sehingga 17 Kepala Keluarga dari 21 penerima BSPS belum bisa memulai pembangunan karena pihak perusahan masih meminta dipending dan meminta pengukuran kembali.

BACA JUGA  Orang-Orang Brengsek Dibalik Minyak Goreng

Dan lebih dalam lagi kami menelusuri keberadaan lahan HGU, walau pun lokasi yang dijadikan program BSPS berada di eks HGU, ternyata 30 meter dari jalan baik kiri dan kanan sudah tidak masuk dari sertifikat HGU, sehingga pemerintah desa menempatkan 17 kepala keluarga penerima BSPS ditempatkan dilahan tersebut.

BACA JUGA  Efek Jera Hukuman dan Budaya Malu, Efektif Berantas Koruspi

Ternyata kinginan perusahaan meminta BPN Boalemo melakukan pengukuran kembali hari ini, Selasa (13/9), dihadiri Kepala BPN Boalemo Abdul Manan, Kepala Bidang Pertanahan Perkimhubtan Samsudin Abas, Danramil G. Supriyanto, Fasilitator Kabupaten, Penjabat Kepala Desa Potanga Suparman Mahmud, Pelaksana program BSPS, tetapi pihak perusahan mangkir atau tidak menghadiri bahkan meminta waktu lagi pengukuran.