Prof. Dr. Mohamad Ikbal Bahua Dikukuhkan sebagai Guru Besar

42

GORONTALO, MEDGO.ID — Prof. Dr. Mohamad Ikbal Bahua, S.P., M.Si. dikukuhkan sebagai Guru Besar UNG tetap pada Fakultas Pertanian Universitas Negeri Gorontalo dalam Sidang Senat Terbuka 23 Februari 2021.

Mohamad Ikbal Bahua Lulusan S3 Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2010, memperoleh Jabatan Akademik Tertinggi Guru Besar (Profesor) melalui Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor: 45524/MPK/KP/2020 15 Mei 2020 dalam Bidang Ilmu Penyuluh Pertanian/ Penyuluhan dan Komunikasi.

BACA JUGA  Sambangi Nelson Pomalingo, PGRI Berikan Do'a untuk Perjuangan Bupati

Dalam Orasi Ilmiah yang berjudul “Kompetensi dan Kinerja Penyuluh Pertanian dalam Meningkatkan Produksi Usahatani pada Masa Pandemi Covid 19, Ikbal menyampaikan bahwa pada masa pandemi Covid 19 sektor pertanian menjadi prime mover perekonomian bangsa karena petani tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan pangan nasional. Hal ini dipengaruhi oleh kompetensi dan kinerja penyuluh pertanian yang selalu mendampingi dan memberikan informasi teknologi pertanian kepada petani dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dampak Kompetensi dan Kinerja penyuluh pertanian pada peningkatan produksi usahatani terutama padi dan jagung sebesar 83  persen. Meningkatnya produksi usahatani pada masa pandemi Covid 19 yang ditandai dengan peningkatan pemasaran hasil sebesar 94 persen dan pendapatan petani sebesar 98 persen.

Menurut Ikbal yang pernah  menjabat sebagai Dekan Faperta 2014-2019, Bahua meningkatnya pemasaran hasil produksi padi dan jagung pada masa pandemi Covid 19, dipengaruhi oleh banyaknya permintaan masyarakat akan kebutuhan pokok tersebut, sehingga berdampak pada pendapatan petani.

BACA JUGA  Rektor Lepas 161 Peserta KKN Desa Membangun Untuk Pencapaian SDGs

Hal ini karena penyuluh pertanian selalu mendampingi petani melalui fasilitasi media internet yang dapat memasarkan hasil pertanian secara online. Dengan demikian, kata dia, kompetensi dan kinerja penyuluh pertanian dalam membantu petani meningkatkan produksi usahatani dapat dijadikan masukan bagi pemerintah pusat dan daerah dengan meningkatkan anggaran penyuluhan pertanian serta sarana dan prasarana penyuluhan, sehingga kerjasama penyuluh dan petani tetap berkelanjutan terutama pada masa pandemi Covid 19.(*)

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here