Prioritas Pembangunan Masih Menjadi Konsisten Bupati di 2022

Bonebol, Medgo.ID — Priorias pembangunan daerah masih tetap menjadi konsisten Pemerintah Kabupaten Bone Bolango di tahun 2022.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Bone Bolango, Hamim Pou, saat menghadiri rapat paripurna DPRD, di ruang Sidang DPRD Bone Bolango, Jumat (19/08).

Kehadiran orang nomor satu di Kabupaten Bone Bolango itu tak sendiri, dirinya datang bersama para Asisten, Staf Ahli Bupati, serta pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk menyampaikan rancangan perubahan Kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Kabupaten Bone Bolango tahun anggaran 2022.

Pada kesempatan itu, Bupati Hamim Pou menyampaikan kebijakan umum perubahan APBD 2022 dilakukan setelah memperhatikan kondisi makro daerah, khususnya terkait perubahan asumsi dasar dalam kebijakan pendapatan, belanja dan pembiayaan daerah.

BACA JUGA  Ajak Kuker Bersama ke Manado, Bupati Hamim Apresiasi Kinerja Jurnalis

Asumsi-asumsi dasar tersebut, kata Hamim, pertama berdasarkan hasil evaluasi semester I pelaksanaan APBD tahun anggaran 2022, di antaranya perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum APBD.

Perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi KUA APBD yang mencakup perubahan asumsi ekonomi makro yang telah disepakati terhadap kemampuan fiskal daerah, tidak tercapainya target pendapatan daerah, adanya faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya peningkatan belanja daerah dan pembiayaan.

Selanjutnya, kedua, terjadinya keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan dan antar jenis belanja.

BACA JUGA  Dua Pelaku Pencurian Perangkat Jaringan XL Berhasil Diaman Polisi

Ketiga, keadaan yang menyebabkan saldo anggaran lebih tahun sebelumnya harus digunakan dalam tahun anggaran berjalan.

Kemudian, keempat, antisipasi terhadap berbagai situasi dan kondisi daerah selama tiga bulan ke depan pada tahun anggaran 2022 akibat perubahan kondisi lokal dan kebijakan nasional.

Dengan mempertimbangkan kondisi perekonomian nasional serta capaian kinerja makro daerah tahun 2021, maka dalam perubahan rencana kerja pemerintah daerah tahun 2022, dilakukan penyesuaian dan koreksi terhadap target kinerja makro pembangunan daerah.

Di antaranya, pertumbuhan ekonomi yang ditargetkan menjadi 4% – 5%, pengurangan kemiskinan yang ditargetkan akan berada pada 15,19%, angka pengangguran yang ditargetkan 3,4% – 3,1%, dan indeks pembangunan manusia yang ditargetkan 70,37%.

BACA JUGA  11 Pemuda Milineal di Bone Bolango Ikut PBK di Medan

Lebih lanjut, Bupati menjelaskan, dalam memperkuat kinerja pembangunan daerah hingga akhir tahun 2022. “Pemerintah Kabupaten Bone Bolango tetap konsisten pada prioritas pembangunan tahun 2022, yakni meningkatkan akses dan kualitas pendidikan, meningkatkan pelayanan pendidikan yang berkualitas dan merata,” tegas Hamim

Selain itu juga, pembangunan sektor pertanian, peternakan dan perikanan, peningkatan kualitas SDM dan penguatan teknologi informasi, peningkatan infrastruktur secara merata, pembangunan Bone Pesisir, dan pengembangan pariwisata dan lingkungan hidup. (Rls/IH)