Polres Gorontalo Kota Pastikan Ruang dan Kondisi Kesehatan Para Tahanan

Kota Gorontalo, Medgo.id — Polres Gorontalo Kota terus meningkatkan pengawasan terhadap para tahanan, terutama kondisi kesehatan tahanan.

“Pemeriksaan kesehatan tahanan merupakan bagian dari perawatan tahanan, hal ini kami lakukan setiap hari, guna memastikan kesehatannya,” kata Kasat Tahti Polres Gorontalo Kota Iptu A Mahamani yang juga selaku perwira pengawas.

Iptu A Mahamani mengungkapkan, hasil pemeriksaan pada (minggu 05/06) tidak ditemukan tahanan yang mengalami gangguan kesehatan. “Semua tahanan yang ada di rumah tahanan Mapolres Gorontalo Kota dalam keadaan sehat,” ungkapnya.

BACA JUGA  Langgar Protokol Kesehatan, Polsek Kota Timur Bubarkan Mabar Smart City Open

Selain pemeriksaan rutin, kata Kasat pihaknya juga menyediakan obat-obatan serta selalu siap 24 jam ketika ada tahanan yang sakit, juga melakukan pengawalan jika ada tahanan di rujuk ke rumah sakit.

BACA JUGA  Kolaborasi Rahcmat Gobel dan Penjagub Hamka Bangun Gorontalo

“Tenaga medis, selalu siap jika dibutuhkan, bahkan hingga pengawalan apabila tahanan di rujuk ke RS,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Kapolres Gorontalo Kota AKBP Suka Irawanto, SIK, M.Si, yang mejelaskan bahwa kegiatan pemeriksaan ruang tahanan dan kondisi kesehatan para tahanan yang berada di ruang tahanan Polres Gorontalo Kota memang wajib dilakukan dan pelaksanaannya rutin dilakukan namun untuk waktunya memang dengan sistem random atau tidak teratur untuk antisipasi tahanan menghafal jadwal pemeriksaan ruang tahanan.

BACA JUGA  Polsek Kota Timur Amankan Pelaku Penikaman Tiga Warga Tamalate

”Pemeriksaan rutin kami lakukan namun secara acak supaya tahanan tidak mudah menghafal jadwal kami untuk melakukan giat, artinya setiap melakukan giat kami lakukan secara mendadak, kadang pagi, siang bahkan malam hari,” pungkasnya. (**)