PLT Bupati Gorontalo: ASN Tidak Boleh Terlibat Dalam Politik Praktis

14
PLT Bupati Gorontalo, Herman Walangadi memberikan sambutan pada acara Deklarasi netralitas ASN dan tolak politik uang yang di gelar Bawaslu Kabupaten Gorontalo (Foto: Bayu Harundja)

KABGOR, MEDGO.ID – Dalam rangka menjaga netralitas ASN di lingkungan pemerintah Kabupaten Gorontalo pada pilkada 2020, PLT Bupati Gorontalo, Herman Walangadi menghadiri acara Deklarasi Netralitas ASN dan Tolak Politik Uang yang di selenggarakan oleh Bawaslu Kabupaten Gorontalo, bertempat di gedung Dinnar Limboto pada Selasa, (10/11/2020).

Dalam sambutannya, PLT Bupati Gorontalo, menyampaikan ASN memiliki kebebasan untuk berserikat dan berkumpul sebagaimana di atur dalam pasal 23 ayat 1 UU No 39 Tahun 1999 dan juga sebagaimana dalam Hak Asasi Manusia juga mengatur setiap orang bebas untuk memilih untuk mempunyai keyakinan politiknya.

“Namun di sisi lain seorang ASN juga terikat dengan kode etik dan kode perilaku ASN, sehingga netralitas ASN dalam pesta politik mutlak, diperlukan untuk menghindari keberpihakan”, ujar Herman.

Dan juga Herman menuturkan bahwa netralitas merupakan suatu keharusan ASN pada Pilkada nanti untuk menciptakan pemilu yang bermartabat.

“ASN-ASN tidak diperkenankan terlibat dalam ranah perpolitikan dan terpengaruh dari golongan manapun agar dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak diskriminatif dan bersifat independen, serta tidak terlibat dalam panggung-panggung politik yang ada”, tutur Herman.

Herman Walangadi juga menghimbau kepada seluruh ASN untuk tidak terlibat dalam politik praktis pada pemilihan Calon Bupati dan Wakil Bupati nanti.

“Saya ingatkan, ASN harus netral. Tidak boleh terlibat dalam politik praktis,” tandasnya Herman. (Ubay)

Reporter: Bayu Harundja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here