PJS Bupati Gorontalo Di Sambut Adat Mopotilolo

24
Proses Adat Mopotilolo Di Rumah Dinas Bupati Gorontalo (Foto: Bayu Harundja)

KABGOR– Penjabat Sementara (PJS) Bupati Gorontalo, Mitran Tuna Di Sambut Dengan Adat Mopotilolo bertempat di rumah dinas Bupati Gorontalo, pada Selasa (29/09/2020).

Berdasarkan pantauan wartawan Medgo.Id, proses adat dilaksanakan dengan di pimpin ketua adat Limboto.

Menurut Ketua Adat Limboto, Darisman Katili, dalam kesempatan wawancara menuturkan mengenai penyambutan secara adat kepada PJS Bupati Gorontalo, Darisman mengatakan bahwa itu merupakan bentuk penghargaan kepada setiap pejabat baik yang berasal dari luar daerah ataupun dalam daerah.

“Itu kan adat, jika memasuki rumah dinas harus mengadakan adat atau istilahnya Tilolo (penghargaan), Tilolo merupakan bentuk penghargaan kepada beliau (PJS Bupati Gorontalo)”, ujar Darisman.

Ketua Adat Limboto, Darisman Katili (Foto: Bayu Harundja)

Dan hal tersebut di tanggapi langsung oleh PJS Bupati Gorontalo, Mitran Tuna, dalam kesempatan wawancara dia mengatakan inti dari acara adat Mopotilolo tersebut adalah bahwasanya acara tersebut sudah menjadi tradisi di provinsi Gorontalo.

“Sudah menjadi tradisi di provinsi Gorontalo, setiap pejabat yang memasuki suatu daerah di provinsi Gorontalo akan di adat, dengan acara adat Mopotilolo, dengan maksud mendoakan yang bersangkutan ataupun daerah dalam hal ini provinsi Gorontalo”, lanjut Mitran.

PJS Bupati Gorontalo, Mitran Tuna (Foto: Bayu Harundja)

Dan Mitran terakhir menyampaikan dalam melanjutkan tugas Bupati sebelumnya yang saat ini cuti dikarenakan maju di Pilkada Serentak kali ini, Mitran menyampaikan bahwa dia memiliki 3 tugas dari Mentri Dalam Negeri (Mendagri).

“Sebagaimana tugas yang di amanahkan oleh Menteri Dalam Negeri, ada tiga hal penting. Yang pertama mensukseskan Pilkada yang ada di Kabupaten Gorontalo, kemudian bagaimana kita mampu mengendalikan penyebaran covid-19 di daerah ini, dan tugas-tugas lainnya urusan pemerintah”, pungkas Mitran. (Ubay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here