Peran Kepala Desa Untuk Menjalankan Fungsi Pemerintah Di Desa Taluduyunu Utara, Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato

61

Oleh: Sulis Diange 

Peran kepala desa dalam masyarakat itu adalah sangat penting karena mengapa saya katakan sangat penting karena kepala desa adalah pemimpin yang harus bisa bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan masyarakat.

Kepada pemimpin yang mereka percayakan, bisa mengayomi masyarakatnya, mendamaikan warga jika ada warganya yang terlibat dalam permasalahan, membantu masyarakat yang sedang mengalami kesulitan dalam hal perekonomian.

Kepala desa bisa mensejahterakan rakyatnya, bisa memerhatikan pembangunan yang ada disekitar desanya dan kepala desa juga harus cepat tanggap terhadap setiap permasalahan yang ada di desa dan kepala desa juga harus mempunyai sikap tegas, jujur dan harus lapang dada.

Jika ada hal-hal yang dapat menyinggung perasaanya kepala harus bisa tidak mudah terbawa perasaan karena jika ia mudah terbawa perasaan maka kepala desa itu tidak bisa mendengar semua aspirasi masyarakat.

Jika dalam masa kepemimpinannya itu masih ada kekurangan dan kepala desa juga harus bisa membawa perubahan terhadap desa yang dipimpinnya.

BACA JUGA  #IndonesiaTerserah, Problematika Kesadaran Masyarakat dan Nurani DPR Yang Hilang.

Karena jika kepala desa berperan aktif dalam desanya maka desa tersebut akan makmur jika kepala desanya menjalankan peran dan tugas sebagai kepala desa dengan baik dan itu akan menjadi percontohan bagi desa lain.

Mengapa saya katakan begitu karena banyak masyarakat yang saya temui mereka itu membicarakan bagaimana kepala desa antara desa yang satu dengan kepala desa yang lain.

Bagaimana ia menjalankan tugasnya pastinya itu akan tersebar di Desa yang lain dan itu akan menjadi salah satu contoh bagi desa yang lain bagaimana mereka bisa membawa desanya itu kearah yang lebih baik lagi dan jika kepala desa mereka itu berperan aktif dan bertanggung jawab terhadap permasalahan yang ada di desa tersebut.

Undang-Undang Republik Indonesia Pasal 10 ayat 1 menjelaskan hak, wewenang dan kewajiban : kepala desa menjalankan hak, wewenang, dan kewajiban pimpinan pemerintahan desa yaitu menyelenggarakan rumah tangganya sendiri dan merupakan penyelenggaraan dan penanggung jawab utama di bidang pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dalam rangka penyelengaraan urusan pemerintah desa, urusan pemerintahan umum termasuk pembinaan ketentramaan dan ketertiban sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan menumbuhkan serta mengembangkan jiwa gotong royong masyarakat sebagai sendi utama pelaksanaan pemerintahan desa.

BACA JUGA  Herman Walangadi Di Lantik Sebagai Wakil Bupati PAW Kabupaten Gorontalo

Sebagaimana yang telah tercantum dalam Undang-Undang Republik Indonesia Pasal 10 ayat 10 ayat 1 Hak, wewenang dan kewajiban yaitu seorang pemimpin pemerintah desa/ kepala desa mampu bisa membawa perubahan bagi desanya.

Memerhatikan segala kekurangan masyarakat, dalam hal pembangunan, ekonomi masyarakat, mampu menjaga keamanan dan ketertiban yang ada disekitaran desa supaya masyarakat yang tinggal di desa tersebut merasa nyaman untuk mereka tinggali dan juga kepala desa juga harus bisa membangun jiwa semangat masyarakat dalam gotong royong dalam membangun desa.

Dari hasil penelitian saya dalam peran kepala desa dalam menjalankan fungsi pemerintah di Desa Taluduyunu Utara, Kecamatam Buntulia, Kabupaten Pohuwato, itu mempunyai 2 (dua) pendapat yang berbeda tentang peran kepala desa untuk menjalankan fungsi sebagai pemerintah di Desa Taluduyunu Utara, Kecamatan Buntulia, Kabupaten Pohuwato.

BACA JUGA  Berjarak Kurang Lebih 100 Meter dari Rumah, Hamim Pou Bersama Istri ke TPS 01 

Yang pertama mereka mengatakan kepala desa sudah menjalankan tugas dan fungsi sebagai kepala desa secara baik, dan kepala desa juga sudah memaksimalkan mungkin ia menjalankan perannya sebagai kepala desa walaupun ada beberapa kekurangan yang beliau belum penuhi.

Tapi beliau berusaha penuhi sedangkan pendapat yang kedua mengatakan peran kepala desa dalam menjalankan tugas dan fungsi itu belum sepenuhnya belum efektif karena masih banyak masalah yang belum beliau bisa atasi sebagai kepala desa.

Dalam hal ini penulis berharap agar peran kepala desa menjalankan fungsi sebagai pemerintah di Desa Taluduyunu Utara Kec. Buntulia Kab. Pohuwato bisa menjadi lebih baik lagi dari tahun kemarin walaupun masa jabatan kepala desa sekarang sudah baik bisa menjadi Lebih baik lagi dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala desa.

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here