Pengukuhan dan Rakerda  JMSI Gorontalo, Siap Hadirkan Ketua KPK Firli Bahuri

Bandung, MEDGO.ID — Pasca Dewan Pers menetapkan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) melalui rapat pleno pada 6 Januari 2022.  Serta secara resmi mengeluarkan Surat Keputusan pada 10 Januari 2022, organisasi media Siber ini terus menancapkan taringnya ke seluruh Indonesia.

Dewan Pers dalam sambutan nya, saat pelantikan JMSI Jawa Barat, 21 Januari 2022, dihotel Horison Bandung, meminta agar peran organisasi untuk melakukan pembinaan media Siber lebih dimaksimalkan. Sebab, pertumbuhan media Siber semakin tinggi dimasa depan.
“Kami berharap setelah menjadi Konstituen Dewan Pers, JMSI dapat lebih membantu kami dalam upaya pembinaan media Siber yang pertumbuhannya semakin pesat,” kata Hendri Ch Bangun.

BACA JUGA  Kemerdekaan Pers Dan Keberlanjutan Media

Mantan wartawan kompas ini, mengungkapkan bahwa hasil penelitian Dewan Pers, pergeseran akses informasi ke media Siber lebih besar ketimbang cetak dan tv. Namun, yang mengkhawatirkan masyarakat lebih cenderung mendapatkan informasi melalui platform digital seperti facebook, Instagram (IG) tweetter, serta medsos lainya.

Hendri Ch Bangun selaku Anggota Dewan Pers saat menyerahkan SK Penetapan JMSI sebagai Konstituen Dewan Pers, yang diterima langsung oleh Ketum JMSI Teguh Santosa, didampingi Sekjen .ahmud Marhaba,dan Pembina Mursid Songsang

Menyambut baik apa yang diutarakan Dewan Pers, Ketua Umum JMSI Teguh Santosa, bersyukur organisasinya ditetapkan sebagai Konstituen Dewan Pers, yang perjuangannya begitu panjang dan terjal, namun Dewan Pers membuka diri menerima keberadaan JMSI setelah dilakukan verifikasi faktual ke 12 pengurus daerah.
“Kami akan membantu Dewan Pers untuk menangkal hoax dan membina anggota, serta insan media Siber dalam meningkatkan layanan informasi bermutu kepada masyarakat,” kata Teguh yang merupakan CEO RMOL.ID.

BACA JUGA  Jaringan Media Siber Indonesia Ditetapkan Sebagai Konstituen Dewan Pers

Ia pesan kepada seluruh pengda, agar segera menyelesaikan tugas yang tertunda, dengan melakukan Pengukuhan dan Rakerda JMSI setiap daerah.

Untuk itu, Ketua JMSI Gorontalo Ridwan Mooduto, menyampaikan kesiapan pelaksanaan Pengukuhan serta Rakerda, yang bakal dirangkaikan Seminar Anti Korupsi, untuk memberikan kontribusi nyata, bagi Gorontalo, khususnya, dalam upaya pencegahan korupsi, yang merupakan salah satu penyebab kemiskinan.
“Alhamdulillah, JMSI sudah terverifikasi dan secara resmi menjadi Konstituen Dewan Pers. Kami akan memanfaatkan organisasi ini untuk kepentingan publik, disektor informasi yang sehat dan berkualitas,” kata Ridwan.

BACA JUGA  Dewan Pers Percayakan UPN Veteran Yogyakarta Gelar UKW Gratis di Sumsel dan Gorontalo

Pengukuhan yang dirangkaikan Seminar ini, sudah dikomunikasikan dengan JMSI Pusat, agar berkenan menghadirkan Ketua KPK RI di Gorontalo, meskipun secara organisasi JMSI Gorontalo sudah menyampaikan undangan, agar Ketua KPK berkenan menghadiri hajatan daerah. Yang tentu tak kalah penting, kehadiran tersebut akan menambah semangat aktifis anti korupsi Gorontalo.

Terkait pelaksanaannya, sejak awal JMSI Gorontalo sudah sangat siap, hanya memang terkendala pandemi covid-19, yang menerpa negara kita. Yang penting pengurus dan panitia sudah sangat siap. Ridwan menegaskan paling lambat akhir Mei sekaligus menyambut Pejabat Gubernur Gorontalo yang baru. (IH)

Tinggalkan Balasan