banner 728x250

Pendamping PKH Anggrek Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi Bagi Penerima Bansos di Desa Ilodulunga

  • Bagikan
banner 468x60

Gorut MEDGO.ID – Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH), Kecamatan Anggrek, menggelar rapat evaluasi membahas tentang pelaksanaan vaksinasi bagi penerima Bantuan Sosial (Bansos).

Rapat evaluasi tersebut dilaksanakan di ruang aula kantor desa Ilodulunga, Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut),-

BACA JUGA  Pemdes Molingkapoto Terus Genjot Capaian Target Sasaran Vaksinasi 1.183 Jiwa Tahun 2021

banner 336x280

diikuti oleh masyarakat penerima Bansos, tokoh masyarakat, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD), bersama aparat desa, dan para kepala dusun. Rabu, (17/11/2021).

Ada dua hal agenda penting yang dibahas dalam rapat evaluasi, yaitu terkait vaksinasi bagi penerima bansos, khususnya penerima PKH, dan pemutahiran data tahap 1 tahun 2022,-

BACA JUGA  Baznas Gorut Gelar Sosialisasi Infaq Sedekah Kepada 15 Desa Se-Kecamatan Anggrek

hal tersebut disampaikan oleh Pendamping PKH Kecamatan Anggrek, Susirohowuna, atau yang akrab disapa pak Igo, saat ditemui usai pelaksanaan rapat evaluasi.

“Untuk desa Ilodulunga ini masih tahap pemutahiran data untuk pembayaran tahap 1 di 2022, jadi sekarang dalam proses, dan untuk tahap 4 2021 itu sudah selesai, sementara proses pencairan dana yang ada di rekening.

BACA JUGA  Cegah Gizi Kronis Balita, Pemdes Popalo Gelar Pelatihan Penanganan Stunting Kepada Kader Desa

Pada hari ini di desa Ilodulunga, itu ada 2 agenda, pertama evaluasi pelaksanaan vaksinasi bagi penerima bansos, khususnya bagi penerima PKH, kemudian yang kedua pemutahiran data untuk tahap 1 tahun 2022.” jelas Igo.

Lanjut Igo, menuturkan untuk capaian vaksinasi untuk penerima bansos di desa Ilodulunga sudah mencapai sekitar 95% dari total penerimaan.

BACA JUGA  Bentuk Kerja Sama Dengan Kemendes PDTT, Tim Pokja UNG Paparkan Hasil Penelitian

“Saya sebagai pendamping yang ada di Kecamatan Anggrek, Alhamdulillah kerjasama pemerintah desa cukup baik dan welcome terhadap kegiatan yang dilakukan oleh pendamping PKH, dinas Sosial Kabupaten Gorontalo Utara, dari Kemensos.” ucap Igo, yang juga sebagai sekretaris umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia ( HIPMI) Kabupaten Gorontalo Utara.

BACA JUGA  Pemdes Tutuwoto Percepat Progres Pembangunan Dan Penyaluran BLT 2021

Terkait dengan penerima bansos yang wajib untuk di vaksinasi dirinya menambahkan, bahwa sesuai informasi yang didapatkannya itu bukan sebagai kewajiban, akan tetapi merujuk pada peraturan pemerintah pusat dalam hal ini Presiden RI.

“Ini kan merujuk dari peraturan Presiden, kemudian ditindaklanjuti peraturan Gubernur, sampai ke peraturan Bupati untuk percepatan vaksinasi. Jadi, kami sebagai pendamping sosial memberikan edukasi kepada-

BACA JUGA  Pemdes Mootinelo Kwandang Prioritaskan Pembagunan Desa Melalui MusrembangDes

masyarakat supaya bisa melakukan vaksinasi, dan kami sampaikan bahwa vaksin itu aman, halal, dan tidak berbahaya. Sebab itu kan harus melalui skrining terlebih dahulu, sebelum pemberian vaksinasi kepada masyarakat.” terangnya.

BACA JUGA  Pemdes Langge Menggelar MUSDes Rancangan Peraturan Desa Tentang APBDes Perubahan 2021
Pendamping PKH Kecamatan Anggrek, saat memberikan edukasi kepada masyarakat, didampingi kades Ilodulunga.

Dirinya sebagai pendamping PKH yang ada di Kecamatan Anggrek akan tetap terus mendorong masyarakat desa untuk memberikan edukasi, dan pemahaman dengan-

cara pendekatan persuasif serta humanis, agar masyarakat bisa memahami, betapa penting vaksinasi untuk kesehatan agar imun tetap meningkat.

BACA JUGA  Tamrin Monoarfa: Pentingnya Sinergitas Antara Aparat Desa Dan Masyarakat

Sementara itu kades Ilodulunga
Mustagfir Bahrudin, kepada awak media mengatakan, pihak pemerintah desa Ilodulanga sangat mengapresiasi, dalam hal ini dinas Sosial Gorut atas penambahan jumlah PKH.

“Alhamdulillah, saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Gorut, pemerintah Provinsi, dan bahkan sampai pusat yang telah memberikan kepercayaan kepada kami dalam hal penambahan penerima PKH, karena selama ini dari kami sendiri dari sejak tahun 2019-

BACA JUGA  Indra Yasin Lantik Kades Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Tolango
Foto bersama masyarakat penerima PKH, Pendamping PKH Kecamatan Anggrek, dan Kades Ilodunga

itu ada beberapa masyarakat setiap tahunnya dan bahkan setiap tahunnya itu ada dua kali penambahan penerima PKH, dan ini justru sangat membantu didalam kehidupan masyarakat, apalagi masyarakat kami itu memang rata-rata dibawah angka garis kemiskinan.” imbuh Aya Emuz, sapaan akrab Mustagfir Bahrudin.

BACA JUGA  Sosok Mayat Pria Ditemukan Tengkurap Di Perairan Tihengo Kwandang

Sebagai kepala desa Ilodulunga, dirinya tetap menfokuskan terhadap segala yang menjadi kebutuhan masyarakat desa, terutama dalam hal bantuan sosial dan BLT, sebab bagi Emuz adalah kesejahteraan masyarakat yang di utamakannya.

“Olehnya itu saya sangat mengapresiasi, dan juga untuk penerima PKH yang mungkin sampai saat ini sudah mencakup 53 orang penerima PKH, Alhamdulillah ini sangat bermanfaat bagi masyarakat desa, apalagi di tengah-tengah situasi pandemi Covid 19 yang sampai saat ini masih berjalan.

Sehingganya kami mengharapkan pula kepada masyarakat tingkat kesadaran dalam menerima bantuan, dan juga melaksanakan dengan apa yang menjadi himbauan dari pemerintah pusat, sampai ke tingkat bawah untuk melaksanakan vaksinasi.” tutup Emuz. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *