Penataan Organisasi, Pemkot Lantik Pejabat Berdasarkan Nomuklatur

9
Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Madjid saat melatik Pejabat Kota Gorontalo
Sekretaris Daerah Kota Gorontalo Ismail Madjid saat melatik 16 Pejabat Kota Gorontalo.(Foto:Hms Pemkot)

KOTA GORONTALO, MEDGO.ID — Sebanyak 16 pejabat struktural dilingkungan badan perencanaan, penelitian, dan pengembangan kota gorontalo resmi dilantik. prosesi pengambilan sumpah dan janji dilakukan oleh Sekretaris Daerah di kantor setempat, selasa 4/5/21.

Ismail Madjid mengemukakan pelantikan kali ini, dilakukan guna penyesuaian nomenklatur yang ada, berpijak pada amanat permendagri No. 5 tahun 2017 tentang pedoman nomenklatur perangkat daerah provinsi, kabupaten kota dalam melaksanakan fungsi penunjang penyelenggaraan urusan pemerintahan. kemudian ditindak lanjuti lewat peraturan walikota gorontalo nomor 13 tahun 2021.

BACA JUGA  Bupati Darwis Moridu Minta Warganya Patuh Peraturan Gubernur Tentang PSBB

” Struktur Bapppeda sesuai perwako nomor 13 tahun 2021 mengatur tentang kedudukan, susunan, tugas dan fungsi, serta tata kerja Bapppeda, untuk penyesuaian nomenklatur jabatannya harus dilantik atau dikukuhkan” jelas Ismail.

ia mengatakan perencanaan kedepan sangat membutuhkan analisa dan kualitas perencanaan yang matang. apalagi daerah masih diperhadapkan dengan masalah covid -19, yang penanganannya menjadi proritas dalam perumusaan dokumen perencanaan.

Ismail mengatakan sektor yang paling dirasakan akibat pandemi adalah sektor ekonomi. secara nasional pertumbuhan ekonomi sempat turun minesn 0,02 persen, dampaknya angka kemiskinan dan pengangguran mengalami kenaikan.

BACA JUGA  Dekot Gorontalo minta agar Warga Rusunawa Buli'ide Tak Ditelantarkan

” saya berharap dengan tugas dan fungsi yang lebih relefan ini, para pejabat yang baru dilantik diharapkan lebih proaktif lagi setiap penyusunan skenario perencanaan di tahun – tahun mendatang” ujar Ismail.

Kepala Bagian organisasi sekretariat Daerah Kota Gorontalo, Ramdjan Datunsolang menyebut Bapppeda merupakan OPD kedua setelah sekretariat daerah kota gorontalo melakukan penataan organisasi.

penataan organisasi penting dilakukan dalam mewujudkan penyederhanaan birokrasi . menurut ramdjan tahapan yang dilakukan harus melalui penataan organisasi terlebih dahulu.

BACA JUGA  Melalui BumDes Ciptakan Tata Kelola Yang Baik Transparan dan Terintegritasi

ia mencontohkan, masih adanya jabatan di OPD yang tidak memiliki tugas dan fungsi yang jelas, sehingga sulit untuk pengaturan program dan kegiatan. olehnya melalui penantaan organisasi ramjan berharap dapat segera mewujudkan amanah reformasi birokrasi di Kota Gorontalo.

” Alhamdulillah setelah ini, akan ada lagi OPD lain segera menyusul untuk dilakukan pengukuhan jabatan sesuai nomenklatur yang dipersayaratkan” ujarnya.(Adv/IH)

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here