Pemkab Gorut Ikuti Rakor dan Sosialisai Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Daerah

37
Pemkab Gorut Ikuti Rakor dan Sosialisai Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Daerah
Tampak Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin sementara mengikuti Rakor

GORUT, MEDGO.ID — Untuk lebih mengoptimalkan dan pengembangan tentang penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah, Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin beserta jajaranya mengikuti rapat Vidcom di ruang Aula Tinepo Kantor Bupati Gorut. Selasa, (23/02/2021).

Rapat yang digelar melalui vidcom dipimpin langsung oleh Bapak Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato. Airlangga menjelaskan beberapa poin penting tentang perizinan berusaha di daerah dan mekanisme tentang kesiapan Online Single Sunmission (OSS), dan wajib di ikuti oleh semua kepala daerah baik itu Gubernur, Bupati, dan Walikota.

BACA JUGA  Pemda Gorantalo Utara Suport Pengembangan Petani Ladang

“Intinya adalah mendengarkan masukan, karena dalam rapat kali ini kita lebih banyak break dan informasi dari Pemerintah Pusat. Untuk itu kami mohon kepada pejabat baru yang akan di lantik pada hari Jumat nanti secara serentak 179 Bupati dan Walikota. Kepada pejabat baru yang belum memahami perlu di berikan informasi dari awal. Kita akan berupaya sesuai arahan dan permintaan dari Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)”. Ucap Airlangga dalam rapat vidcon.

BACA JUGA  FPI Hadir Di Gorontalo Dengan Wajah Baru

Dari hal yang berkaitan dengan semua perizinan berusaha di daerah Bupati Indra Yasin menjelaskan tentang mekanisme sesuai dengan perundang-undangan tindak-lanjut PP No.6 Tahun 2021 tentang penyelenggaraan perizinan berusaha di daerah.

“Semua perizinan-perizinan itu dilaksanakan oleh satu tim yaitu di Pelayan Terpadu Satu Pintu (PTSP). Dan itu sudah di ingatkan oleh Menko Perekonomian, Oleh sebab itu semua perizinan di daerah Insyaa Allah kita jalankan sesuai aturan itu, dengan demikian dinas badan lainya tidak boleh lagi mengeluarkan izin itu sendiri-sendiri tapi dia terpusat pada PTSP. Nah dengan demikian kita sudah bisa kendalikan semua perizinan-perizinan yang keluar untuk izin usaha yang ada di daerah.

BACA JUGA  Ditengarai Sebagai Wahana Penularan Wabah Covid-19, Pemprov Gorontalo Tutup Aktifitas Pertokoan

Tentu di ingatkan lagi kalau daerah tidak menjalankan secara berjenjang itu teguran kepada kepala daerah. Bahkan tadi ancamanya cukup kuat ketika daerah kabupaten dan kota tidak melaksanakan, itu bisa di ambil alih oleh Provinsi, dan sebaliknya begitu kalau Provinsi tidak menjalankanya maka Pemerintah Pusat yang akan mengambil alih tugas”. Jelas Bupati

Bupati juga mengungkapkan kepada awak media bahwa tugas ini sudah berjalan dengan baik akan tetapi masih ada pengembangan yang baru mengenai sistem itu yaitu, Online Single Sunmission (OSS).

Bupati juga menambahkan bahwa daerah sudah melaksanakanya akan tetapi ada ketentuan-ketentuan baru untuk pengembangan sistem OSS ini.(Inong)

Reporter: Suripno Ar.Onge

 

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here