Pemerintah Desa Alata Karya Pastikan Transparasi Penyaluran Bantuan Langsung Tunai

38
Desa Alata Karya

Gorut, MEDGO.ID — Permasalahan tentang penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang di salurkan oleh Pemerintah Desa acap kali mendapat tanggapan yang tidak baik terhadap penyaluran BLT tersebut, dan tidak bisa dipungkiri ada banyak kontroversi yang muncul kepermukaan, dari berbagai kalangan.

Saat ditemui awak media Medgo.Id di kediamannya. Senin (15/03/2021). Kepada wartawan Kades Alata Karya Sofyan Mahmud, menjelaskan perihal masalah penyaluran BLT serta mekanisme yang telah di tetapkan oleh undang-undang.

“Program kita ini ada pendanaanya dua, yang pertama dari Alokasi Dana Desa, dan kedua adalah Dana Desa (DD) yang dihimpun menjadi satu. Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDES). Nah disini sering tentang pemahaman seseorang itu beda bahwa APBDES itu menyangkut dana Desa seluruh. Sebab menurut saya pribadi beda, karena anggaran dana Desa itu dari APBDES ke 2 atau dari daerah yang sudah punya juknis tersendiri yang dilaksanakan di Desa.
Yang dari dana Desa ini hasil daripada musyawarah tingkat Desa yang di awali dari tingkat Dusun, yang di bawa ke tingkat Desa yang di polopori oleh BPD.” Jelas Sofyan

Menurut Sofyan lagi menjelaskan bahwa dari dasar itu selaku Pemerintah Desa atau Kepala Desa itu berdasarkan kebijakan,berpijak dari RPJMD, Desa itu sendiri (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah). Atau perencanaan pembangunan Desa dalam jangka 6 tahun.

“Saya berikan contoh, dana yang ada di ADD sering terjadi salah pemahaman dikalangan masyarakat bahwa itu dana Desa, padahal itu adalah ADD yang sudah punya juknis yang kami sudah laksanakan.” Imbuh Sofyan.

Dirinya juga sangat mengapresiasi terhadap kerja jurnalis terhadap peliputan Desa dan Kecamatan yang telah bermitra kerja dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, wartawan khusus peliputan Kecamatan dan Desa. Sebab ini menurutnya sangat membantu mengedukasikan masyarakat tentang kegitan Desa dan Kecamatan, Selain itu juga Jurnalistik sebagai pengontrol sosial dan pengontrol jalanya roda Pemerintahan sampai ke tingkat desa.(Inong)

Reporter:Suripno Ar. Onge

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here