banner 728x250

Pemdes Popalo Terima Edukasi UP2K Dari Ketua Pokja 2 PKK Provinsi

  • Bagikan
banner 468x60

Gorut MEDGO.ID – Pemerintah desa Popalo terus dorong peningkatan Usaha Mirko Kecil dan Menengah, (UMKM) yang ada di desa Popalo Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.(Gorut)

Hal ini dilihat dari beberapa potensi yang di miliki oleh masyarakat desa Popalo, dan terus berinovasi dalam pengembangan hasil pertanian seperti

BACA JUGA  Pemdes Putiana Sambut Baik Kegiatan Orientasi Tim Pendamping Keluarga, se-Kecamatan Anggrek

banner 336x280

jagung, singkong, dan pisang yang dapat di olah menjadi makanan cemilan khas desa Popalo.

Terkait dengan potensi yang dimiliki oleh para pelaku UMKM ini, desa Popalo kembali di pilih oleh Tim dari PKK Provinsi Gorontalo untuk dilakukan kegiatan Edukasi UP2K dan Singkronisasi.Prioritas Program PKK, Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo.

BACA JUGA  Hanya Berselang Dua Jam di Guyur Hujan, 2 Desa Sekaligus Terendam Banjir

Kegiatan edukasi tersebut berlangsung di aula kantor desa Popalo, diikuti oleh dari peserta UMKM, disaksikan langsung oleh Sekretaris Camat Anggrek, Ahmad Abdullah dan Kepala desa Popalo, Guflan Bausin. Selasa,(15/6/2021)

Sekcam Anggrek dalam sambutannya mengatakan, dirinya sangat senang dan bangga atas capaian yang telah dilakukan oleh Pemdes Popalo, terutama dalam pengembangan Usaha Kecil dan Menengah.(UKM)

BACA JUGA  Indra Yasin Percantik Area Depan Kantor Bupati, Kawasan Jogging Track

“Disini ada 15 desa, yang terpilih dan terbaik itu adalah desa Popalo. Nah ini wujut kerja sama antara masyarakat, terutama para UKM.

Tadi telah di paparkan terkait UKM desa Popalo, dan saya bersyukur telah keluar izin halal dari produksi makanan, sebab itu tidak gampang mengurus izin itu.

Karena izin halal itu dari kesehatan, dan juga MUI (Majelis Ulama Indonesia).” Jelasnya.

BACA JUGA  DPMD Gorut: BLT Harus Secepatnya Di Salurkan Kepada Keluarga Penerima Manfaat.

Ahmad mengatakan, dirinya sangat berterima kasih kepada Pemerintah desa Popalo, sudah berusaha semaksimal mungkin sehingga izin itu keluar.

Ia pun sangat bangga atas terpilihnya desa Popalo mewakili Kabupaten Gorontalo Utara.

“Insyaa Allah mendapat predikat yang terbaik buat desa Popalo, semoga sukses dari tingkat Kabupaten, Provinsi, dan sampai ke tingkat Nasional.” Ucap Ahmad

BACA JUGA  Pemdes Ibarat Gelar Penyuluhan Hukum, Dalam Rangka Mewujudkan Masyarakat Cerdas Hukum

Ditempat yang sama pula Tim dari ketua Pokja 2 PKK Provinsi Gorontalo, Wenny Hulukati, menjelaskan beberapa hal dari pengembangan UKM yang ada di desa Popalo.

“Alhamdulillah usaha-usaha daripada kelompok UKM yang ada di desa ini sudah berkembang. Namun ada beberapa hal yang perlu di perhatikan terutama pada operasional pada kegiatan itu, sebaiknya kelompok-kelompok itu di aktifkan.

Dan ini sangat luar biasa perhatian dari kepala desa Popalo terhadap kelompok-kelompok UKM itu, sudah jalan, di bawah koordinasi kepala desa, dan ini terus di tingkatkan lagi.

BACA JUGA  Bupati Indra Yasin : Kekompakan Aparatur Kunci Sukses Pembangunan

Tadi juga saya sudah sampaikan kepada kepala desa, untuk lebih meningkatkan UKM yang sudah ada, dan sangat luar biasa, UKM itu memang sudah memperlihatkan hasilnya itu, sudah dibuat dalam kemasan-kemasan yang cukup menarik, dan juga sudah memiliki label halal, BPOM, dan MUI.” Tandasnya.

Usai pelaksanaan kegiatan Edukasi UP2K, yang telah disampaikan oleh ketua Pokja 2 Provinsi. Kepada awak media, Guflan Bausin mengatakan, dirinya sangat bersyukur atas desanya terpilih dalam kegiatan edukasi UP2K tersebut.

BACA JUGA  Desa Helumo Kecipratan Bantuan Bibit Jagung Dari Dinas Pertanian Gorut

“Yang pertama, Alhamdulillah tentu kami bersyukur dipilihnya desa Popalo menjadi tempat pelaksanaan program edukasi ini, kemudian yang kedua, harapan kami di laksanakan edukasi terhadap UP2K ini adalah, paling tidak-

kapasitas dan pengetahuan Pokja 2 khususnya yang membidangi UP2K ini. Dan juga termaksud UMKM yang di bawah naungan Pokja 2, ini akan lebih di tingkatkan kapasitasnya, pengaturannya.

Apalagi tadi di sampaikan bahwa ternyata ada beberapa hal yang perlu di benahi, khususnya di Pokja 2, dan pengolaan UMKM.” Imbuh Guflan.

BACA JUGA  Desa Alata Karya Fokuskan Infrastruktur dan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Program Dana Desa 2021

Guflan menambahkan, terkait dengan UP2K di tahun 2020 yang lalu pihaknya sudah mengintervensi dana kurang lebih 15 juta, untuk peningkatan kapasitas UMKM.

“Dan Alhamdulillah sudah memperoleh sertifikat, sebagai UMKM. Malah lebih kita syukuri bahwa UMKM di desa Popalo ini, dari sisi produknya sudah mendapat pengakuan dari MUI dalam bentuk sertifikat dan BPOM.” tandas Guflan.

BACA JUGA  Desa Leboto Kembangkan Limbah Pertanian Menjadi Pakan Ternak

Untuk pemasaran hasil dari produksi UMKM tersebut, di katakan Guflan, sudah ada di rumah kreatif BUMD Kabupaten Gorontalo Utara, dan sudah beredar di beberapa mini market yang ada di Kecamatan Anggrek dan Kwandang. (Inong)

Reporter: Suripno Onge
Editor: RH

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *