banner 728x250

Pemdes Pontolo Terima Kunjungan Tim Ditjen Bina Pemdes Dalam Rangka Inventarisasi Aset Desa

  • Bagikan
banner 468x60

Gorut MEDGO.ID – Pemerintah desa Pontolo Kecamatan Kwandang menerima kunjungan dari Tim Ditjen Bina Pemerintahan dan desa, (Pemdes), Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kedatangan Tim dari Kemendagri ke desa Pontolo, didampingi langsung oleh DPMD Gorontalo Utara, Ratno Entengo, dan Danial Pakaya. Jumat,(24/9/2021).

BACA JUGA  Kapolda Gorontalo Bersama Kajati Tinjau Pelaksanaan Vaksinasi di Gorut

banner 336x280

Kunjungan tersebut dalam rangka monitoring dan evaluasi aset desa, terutama yang ada di desa Pontolo Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut).

Tim yang berjumlah 4 orang itu sangat mengapresiasi beberapa capaian yang diraih oleh Pemdes Pontolo, terutama dalam hal pengelolaan aset desa.

BACA JUGA  Amsir Halalangi: Dengan Cara Pendekatan Persuasif Serta Humanis Warga Bisa Paham Pentingnya Vaksinasi

“Kami dari Kemendagri, kebetulan kami diperintahkan oleh pimpinan untuk melaksanakan monitoring dan evaluasi terkait dengan inventarisasi serta aset desa, kebetulan kami diarahkan di Kabupaten Gorontalo-

Utara untuk mendatangi desa Pontolo.
Alhamdulillah ketika kami sampai di kantor desa ini kondisinya sudah luar biasa ya, desanya sudah sangat terbuka, transparan, dan aset-aset desanya sudah terinventarisir dengan baik.” ucap Ayu.

BACA JUGA  Kisah Heroik Kapolsek Mengevakuasi Korban Banjir, Digendong hingga Didorong Gerobak

Dirinya bersama tim lainnya cukup kagum dengan apa yang telah di capai oleh Pemdes Pontolo, yaitu sebagai desa mandiri, dan desa digital, yang banyak di kunjungi oleh beberapa Kabupaten lain untuk-

BACA JUGA  Desa Leboto Terima Bantuan Bibit Jagung Dari Dinas Pertanian Gorut

melakukan studi tiru. Bahkan Ayu mengatakan, untuk pengelolaan aset desa itu sangat baik, dan menurutnya pula tidak ada masalah terkait dengan aset-aset yang ada di desa Pontolo.

“Bahkan ada aplikasinya barusan saja ditunjukan, kami sudah bisa mengakses, dan sudah sangat tranparansi dari aplikasi tersebut.” jelas Ayu.

BACA JUGA  Desa Molsel Prioritaskan Peningkatan Pelayanan Masyarakat Sebagai Desa Maju dan Berkembang.

Kepala desa Pontolo, Yun Fransiska Abd Gias juga mengatakan, dirinya sebagai Pemerintah desa, sangat bangga atas kunjungan Tim dari Kemendagri memilih desa Pontolo sebagai kunjungan perdananya di Kabupaten Gorontalo Utara.

“Bagi kami itu adalah suatu penghargaan, karena dari 123 desa yang ada di Kabupaten Gorut ini, desa Pontolo yang menjadi tujuan kunjungan, dan tadi Alhamdulillah kami di minta untuk bisa memberikan-

BACA JUGA  Pemdes Botungobungo, Tatap Berkomitmen Membangun Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat

daftar inventaris dan kekayaan desa, Alhamdulillah kami dari desa Pontolo bisa memberikan data-data sesuai dengan apa-apa yang mereka minta yang menjadi tujuan kunjungan mereka ke desa Pontolo.” imbuh Yun.

BACA JUGA  Antusias Masyarakat Desa Popalo Ikuti Gebyar Vaksinasi Untuk Kesehatan

Untuk Inventaris desa, sambung Yun, untuk desa Pontolo punya buku, dan sudah terisi daftar inventaris itu. Yun menuturkan lagi, dalam setiap tahunya Pemdes Pontolo mengupdate data terkait dengan inventaris desa.

“Tadi dipertanyakan itu tentang kepemilikan desa terutama tanah-tanah milik desa seperti tanah bengkok, Alhamdulillah kita punya surat tanahnya kita siapkan, kemudian juga untuk tanah yang menjadi milik desa lainnya seperti tanah kantor desa, ini bisa kami tunjukan sertifikat tanah. Karena memang untuk tanah-tanah milik pemerintah desa ini kami sudah kami sertifikat kan.” terang Yun.

BACA JUGA  Wabub Gorontalo Utara Lantik Dan Mengambil Sumpah Penjabat Kepala Desa Ilangata Yang Baru

Terkait dengan kunjungan Tim Ditjen Bina Pemdes ke desa Pontolo. Ratno Entengo, menandaskan beberapa hal tentang batas waktu laporan diakhir tahun 2021 ini yaitu laporan aset desa.

“Alhamdulillah tadi itu ada kunjungan dari Tim Ditjen Bina Desa, Kemendagri, dalam rangka kegiatan inventarisasi aset desa se-kabupaten Gorontalo Utara, yang mana dari Kemendagri itu sadah menyurati ke seluruh Kabupaten kota di Indonesia. Batas waktu pelaporan penyampaian inventarisasi aset desa itu diakhir tahun ini, sehingganya kami dari-

BACA JUGA  Resmikan Wisata Pemandian, Bupati Saipul Mbuinga Apresiasi Kades Kenari

Pemerintah daerah sudah menindak lanjuti melalui surat Bupati tertanggal 13 Juli itu, dan pada tanggal 11 September, yang mana untuk penyampaian laporan aset desa itu disampaikan ke Bupati melalui Dinas PMD, yang selanjutnya akan kami sampaikan ke pusat melalui Kemendagri sebagaimana amanat peraturan Kemendagri nomor 1 tahun 20216 tentang aset desa.” tandas Ratno.

BACA JUGA  Bupati Indra Yasin : Kekompakan Aparatur Kunci Sukses Pembangunan

Terkait dengan hal itu, DPMD sementara menyusun, dalam tahap penyusunan draf rancangan peraturan Bupati yang mengatur tentang aset desa. Sehingganya seluruh aset desa yang ada di Gorontalo Utara ini-

BACA JUGA  Pemdes Leboto Terima Kunjungan Dan Sosialisasi Polda Gorontalo Tentang Perpol 01 Tahun 2021

tercatat melalui sistem Sipades, yaitu sistem aplikasi untuk penginputan aset desa, agar supaya bisa terorganisir, dan bisa langsung dilihat apa saja yang termasuk aset desa. (Inong)

Reporter: Suripno Ar Onge

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *