Pemdes Leboto Prioritaskan Progres Perencanaan Pembagunan, MusrembangDes 2022

168

Gorut MEDGO.ID – Pemerintah desa Leboto, Kecamatan Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), mengelar MusrembangDes, dan RKPDes membahas tentang perencanaan progres pembangunan di tahun 2022 nanti.

Sesuai dengan tata tertip MusrembangDes yang dilaksanakan di ruang aula kantor desa Leboto, yaitu ikut melibatkan seluruh elemen masyarakat desa.

BACA JUGA  Pemdes Ibarat, Terus Pacu Percepatan Penyaluran BLT Untuk Kebutuhan Masyarakat

Kegiatan tersebut
diselenggarakan oleh pemerintah desa untuk menetapkan segala yang menjadi prioritas kegiatan dan kebutuhan pembangunan desa yang-

BACA JUGA  Kelompok Tani Kecipratan Bantuan Benih Padi Dari Pemdes Pontolo Kwandang

di danai melalui APBDes, swadaya
masyarakat desa, ataupun pendapatan belanja daerah.
Dalam kegiatan itu dihadiri oleh Camat Kwandang dalam hal ini diwakili oleh-

staf pemerintah kecamatan, kepala
desa Leboto, ketua BPD bersama anggota, tim pendamping desa, tokoh agama, tokoh pendidik, dan unsur masyarakat lainya. Rabu,(15/09/2021)

BACA JUGA  ¬†Indra-Nelson Bertemu Di Masjid Agung Baiturrahim Kecamatan Kawandang

“MusrembangDes yang dilaksanakan di desa Leboto ini sangat penting, dan kami melihat betapa banyak kebutuhan masyarakat, tapi sangat di sayangkan alokasi anggaran tidak bersesuaian, sehingga kami-

mengharapkan ini bukan cuma berawal dari dana desa akan tetapi juga bersumber dari sumber APBD maupun APBN bisa mengcover kebutuhan-kebutuhan yang disampaikan oleh masyarakat.” ucap kepala desa Leboto, Alfian M. Ali.

BACA JUGA  Desa Pontolo Siapkan Diri Ikuti Lomba Desa Tingkat Kabupaten Gorontalo Utara

Terkait dengan pencapaian pembangunan di tahun 2021 ini, Alfian menambahkan, Pemdes Leboto sendiri di prioritaskan kepada-

penanganan Covid, BLT, dan juga ada beberapa pembangunan yang pada dasarnya PKTD (Program Padat Karya Tunai Desa).

BACA JUGA  Thariq Modanggu Apresiasi Kegiatan Mahasiswa KKS Sultan Amai Gorontalo Di Desa Posso¬†

“Selanjutnya untuk tahun 2022 kami akan memprioritaskan sebagaimana saran oleh bapak Presiden, yaitu pemulihan ekonomi, dan itu juga akan kami skala prioritaskan untuk tahun 2022 nanti.” terang Alfian.

BACA JUGA  Kustiyanto Olii: Pentingnya Edukasi Tentang Bahaya Narkoba Kepada Masyarakat Desa Ibarat.

Sementara itu di tempat yang sama usai kegiatan MusrembangDes, ketua BPD Rahmat Kinga menyampaikan beberapa hal yang menjadi acuan dalam usulan perencanaan yang akan menjadi prioritas di tahun mendatang.

BACA JUGA  Dua desa Sekaligus Ikuti Gebyar Vaksinasi Di Desa Motilango Kecamatan Anggrek

“Alhamdulillah ada beberapa poin yang sudah di susun oleh tim verifikasi, dan ini sudah di sepakati oleh peserta rapat musyawarah hingga rapat ini berjalan dengan lancar. Kami BPD Leboto akan tetap berusaha, akan lebih baik lagi untuk-

tata cara rapat maupun adminitrasi, penyusunan, maupun usulan-usulan yang di usulkan oleh masyarakat, dan ini sudah disimpulkan tadi hasil daripada musyawarah oleh ketua panitia tim penyusun RKPDes.” jelas Rahmat.

BACA JUGA  Sinergitas Karang Taruna Dan Mahasiswa KKN Tematik UNG Dalam Mengolahragakan Masyarakat

Berdasarkan pedoman yang ada, secara umum ada beberapa tahapan yang harus disusun dalam pelaksanaan MusrembangDes,-

sebagaimana yang telah disampaikan oleh tim pendamping lokal desa, Zulkifli Tomayahu, yaitu tentang mekanisme, tata tertip MUSDes, dan MusrembangDes.

BACA JUGA  Camat Kwandang Ajak Seluruh Kades Dan Aparaturnya Tetap Jaga Sinergitas Membangun Desa

“Rapat MusrembangDes ini adalah salah satu tahapan yang memang sudah diatur dalam Permendes nomor 21 tahun 2020 tentang pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa, disitu memang tercantum tahapan-tahapan dan mekanisme yang sudah di jalankan.

BACA JUGA  Kades Ibarat Mediasi Dan Klarifikasi Aduan Masyarakat Terkait Kontruksi Jembatan Dusun Lilodaa

Alhamdulillah, di desa Leboto ini sudah melaksanakan tahapan tersebut, sebelum didalam musyawarah itu terlebih dahulu Pemdes menetapkan surat keputusan kepala desa tentang panitia-

musrembangDes yang nantinya akan melaksanakan musyawarah, dan musyawarah ini adalah domainnya Pemdes, tapi BPD dilibatkan dalam hal memimpin musyawarah.” tandas Zulkifli.

BACA JUGA  Camat Anggrek: Isilah Kemerdekaan Ini Dengan Hal-Hal Positif, Dan Semangat Membangun.

Sebab menurutnya, ini adalah tahapan yang sangat menentukan tentang prioritas usulan yang sudah di usulkan oleh masyarakat demi capaian program pembangunan desa.

BACA JUGA  Kunjungan Perdana Camat Anggrek Di Sambut Adat Mopotilolo Oleh Masyarakat Desa Ibarat

Ia pun berharap, dirinya sebagai tim pendamping lokal desa, agar kegiatan ini benar-benar, adalah lahir dari kebutuhan masyarakat itu sendiri, dan bukan keinginan orang per orang ataupun kelompok. (Inong)

Reporter Suripno Ar. Onge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here