Pemdes Langge Dan Masyarakat Matangkan Prosesi Adat Penyambutan Camat Anggrek

231

Gorut MEDGO.ID – Pemerintah desa Langge Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara,(Gorut) sekarang ini akan mempersiapkan segala sesuatunya untuk melaksanakan prosesi adat Mopotilolo yang telah di agendakan-

BACA JUGA  Desa Mootinelo Kecamatan Kwandang Persiapan Pemilihan BPD

jatuh pada hari Sabtu, 26/6/2021. Terkait dengan jadwal prosesi adat tersebut sebelumnya awak media telah di hubungi pihak Kecamatan Anggrek melalui WhatsApp, yakni-

bagian Kasi Pemerintahan Kecamatan Anggrek, Roni Hamzah, memberitahukan perihal jadwal pelaksanaan kegiatan adat Mopotilolo.

BACA JUGA  Komandan Danlanal Gorontalo Pisah Sambut Bersama Bupati Gorut Indra Yasin

Kepada awak media pula, kepala desa Langge Kecamatan Anggrek, Ato Ali membenarkan informasi tersebut, bahwa di Sabtu depan nanti akan ada prosesi penyambutan secara adat-

kepada Camat Anggrek yang baru, Abdullah Kadir. Hal ini di sampaikan oleh Kades Langge saat di temui diruang kerjanya. Rabu,(23/6/2021)

BACA JUGA  Pendataan Dan Pengimputan SDGs Desa Posso Terkendala Perubahan Di KuIsioner

“Untuk kesiapan dalam menghadapi prosesi ada Mopotilolo khusus untuk desa Langge, ini kami awali dengan proses musyawarah di tingkat desa, dengan melibatkan tokoh masyarakat dan perangkat desa.

Tentu juga ini adalah kegiatan penyambutan Camat Anggrek yang baru, bapak Abdullah Kadir, yang Insyaa Allah pelaksanaannya jatuh pada hari Sabtu, pukul 08:00 Wita.” jelas Ato.

BACA JUGA  Video : Wakil Ketua Komisi IX DPR Dr. Nihayatul Wafiroh, MA, Lakukan Kunker Ke Gorontalo Utara

Dari hasil musyawarah desa, masyarakat desa Langge sudah menyepakati tentang beberapa kesiapan yang akan dilaksanakan nanti.

Ato menjelaskan lagi ada beberapa kesiapan yang telah di susunya, yaitu kesiapan tempat untuk Bulita, kue adat, dan hal-hal yang dibutuhkan dalam prosesi adat tersebut.

BACA JUGA  Pengurus dan Pengelola BUMDes Gorut Ikuti Pelatihan dari BPPMDDTT Makasar

“Alhamdulillah tadi pemangku adat yang ada di tingkat desa sudah mendatangi Bate Kecamatan, terkait dengan pelaksanaan Mopotilolo pada hari Sabtu nanti.

Dan insyaa Allah besok, Bate tersebut akan hadir bersama-sama kami Pemerintah desa, bersama tokoh masyarakat untuk melaksanakan semua pekerjaan maupun kesiapan secara keseluruhan pada hari H, nanti.” tandas Ato.

BACA JUGA  Bupati Indra Yasin : Pasar Murah Sangat Membantu Warga Gorut

Dirinya juga telah memberitahukan langsung, dan di teruskan kepada kepala-kepala dusun untuk di informasikan ke masyarakat desa Langge tentang jadwal pelaksanaan kegiatan adat-

Mopotilolo, masyarakat pun sangat antusias dan ikut melibatkan diri membantu Pemerintah desa Langge dalam kegiatan yang akan dilaksanakan nanti.

BACA JUGA  Pemdes Heluma Sambut Camat Anggrek Secara Adat Mopotilolo

Ato juga berharap dengan kegiatan seperti ini, tentunya masyarakat sangat antusias dan ingin menyaksikan langsung prosesi adat, sebab ini adalah hal yang sakral, akan menjadi momen terpenting di desa Langge Kecamatan Anggrek.

BACA JUGA  Camat Anggrek Abdullah Kadir Cek Kesiapan Posko PPKM Skala Mikro Desa Ibarat

“Harapan kami selaku Pemerintah desa, momen Mopotilolo ini adalah merupakan prosesi adat yang sudah turun-temurun dilaksanakan, dan-

wajib dilestarikan budaya leluhur kita, agar masyarakat lebih tau inilah adat dan budaya kita yang harus dijaga dan di lestarikan, sekaligus juga ini menjadi edukasi kepada masyarakat.

BACA JUGA  Pemdes Ilangata Kecamatan Anggrek Siapkan Dengan Matang Proses Adat Mopotilolo

Insyaa Allah ini akan terlaksana dengan baik, tanpa ada kendala-kendala lainnya, dan ini akan menjadi momen sakral akan membawa desa kami kearah yang lebih baik, dan lebih beradab, serta-

BACA JUGA  Peduli Sesama, PSBB Dan LDF Al-Qanun Kolaborasi Melalui GIN

termotivasi untuk membangun desa. Ini semua tidak lepas dari dukungan masyarakat desa Langge, Pemerintah desa, dan Pemerintah Kecamatan Anggrek di Kabupaten Gorontalo Utara ini.” pungkas Ato.

Reporter: Suripno Ar. Onge (Inong)

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here