Pemdes Ibarat Gelar MUSDes Dan RKPdes Penetapan Progres Pembangunan Desa

94

Gorut MEDGO.ID – Rangkaian penyusunan dan penetapan RKPDes terus dilakukan oleh Pemerintah desa (Pemdes) Ibarat, dalam rangka progres percepatan pembangunan tahun 2022.

Hal ini membuktikan, bahwa Pemdes Ibarat tetap menfokuskan daripada kebutuhan masyarakat, kesejahteraan masyarakat dan terutama pembagunan desa, ini dilakukan melalui-

BACA JUGA  Hanya Berselang Dua Jam di Guyur Hujan, 2 Desa Sekaligus Terendam Banjir

langkah-langkah pertimbangan terhadap percepatan progres pembangunan tahun anggaran 2022 nanti, serta apa saja yang menjadi kebutuhan masyarakat desa.

Rapat MUSDes dan Penetapan RKPDes tersebut digelar di ruang aula Kantor desa Ibarat, Kecamatan Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), dan dihadiri langsung oleh-

BACA JUGA  Polsek Tolangohula Grebek Tempat Pembuatan Miras Captikus

Camat Anggrek, Abdullah Kadir, di dampingi kepala desa Ibarat, Kustiyanto Olii, Tim ahli, Ketua BPD, dan Babinsa. Kegiatan RKPDes dirangkaikan dengan sosialisasi-

Vaksinasi, dan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT), yang diikuti tokoh masyarakat, tokoh agama, dan unsur masyarakat lainnya. Rabu, (24/11/2021).

BACA JUGA  Ketua DPRD Bonebol Harap Pemerintah Dapat Meningkatkan Anggaran TMMD di Tulabolo

 

Camat Anggrek, Abdullah Kadir, saat memberikan kata sambutan dan arahan kepada masyarakat desa (Foto: Inong)

Camat Anggrek, Abdullah Kadir, dalam sambutannya mengatakan, RKPDes dijadikan sebagai program kerja 2022 yang lebih mengarah pada progres pembangunan.

“Ada beberapa hal yang perlu saya sampaikan terkait dengan 2 agenda, yang pertama RKPDes sudah melalui tahapan, satu demi satu sudah dilalui, yang hari ini adalah kurang penetapan.
Yang jelas yang tertuang didalamnya telah menjadi kesepakatan-

bersama untuk dijadikan sebagai program kerja 2022. Yang insyaa Allah akan memenuhi, walaupun tidak semua, tetapi akan terpenuhi kebutuhan-kebutuhan yang mendasar yang telah disepakati bersama.” ucap Abdullah.

BACA JUGA  Puskemas Anggrek Terus Genjot Percepatan Capaian Target Vaksinasi

Masyarakat yang hadir di kegiatan MUSDes dan RKPDes, tatap mengikuti protokol kesehatan. (Foto: Inong)

Lanjutnya lagi mengatakan, tentunya ini menjadi harapkan untuk menjadi kegiatan dalam pengawasan bersama, karena ini adalah tujuan kita semua, dan direalisasikan oleh Pemerintah dalam rangka pemenuhan ekonomi kemasyarakatan, khususnya yang ada di desa Ibarat.

BACA JUGA  Bupati Indra Yasin Mulai Khawatir Bahasa Atinggola Nyaris Hilang

Hal inilah yang menjadi dasar penyusunan dan penetapan tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), dalam hal progres percepatan pembangunan desa-

sebagai referensi pembangunan sesuai Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 tentang desa, Permendes, PDTT Nomor 01 tahun 2015 tentang pedoman kewenangan berdasarkan-

hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa dan dan Permendes, PDTT Nomor 17 tahun 2019 tentang Pedoman Umum Pembangunan Pemberdayaan Masyarakat Desa.

BACA JUGA  Bentuk Kerja Sama Dengan Kemendes PDTT, Tim Pokja UNG Paparkan Hasil Penelitian

“Apa yang akan di tetapkan pasti akan terwakili hal yang berkaitan dengan kebutuhan-kebutuhan mayarakat yang insyaa Allah akan mendukung program pengembangan ekonomi semua, itu terkait RKPDes.” jelas Abdullah.

BACA JUGA  Tim Monitoring dan Evaluasi Kecamatan Kwandang Datangi,  Tinjau  Desa Botungobungo

Sementara itu di tempat yang sama, kepala desa Ibarat, Kustiyanto Olii, atau yang akrap di sapa Aya Yanto ini, menuturkan beberapa hal yang menjadi acuan dari progres percepatan pembangunan melalui RKPDes.

Kades Ibarat, Kustiyanto Olii, memberikan pemahaman tentang vaksinasi sebelum  rapat RKPDes dimulai. (Foto: Inong)

“Terkait dengan RKPDes, tentunya ini hal yang juga harus kita pacu, karena ini adalah tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat pada umumnya, sehingga langkah-langkah dari kami setiap apa yang menjadi tujuan pembangunan,-

BACA JUGA  Pemerintah Kecamatan Kwandang Gelar Bimtek, Penyusunan RKPDes

tentunya ini melalui tahapan-tahapan, sehingga dengan RKP ini untuk mempercepat proses yang akan datang. Sehingga apa yang menjadi kebutuhan masyarakat desa bisa terpenuhi.” tutup Aya Yanto. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here