Pemdes Desa Monas Dan Karang Taruna Apresiasi Program Desa Membangun Mahasiswa KKN Tematik UNG

389

Gorut MEDGO.ID – Pemerintah desa Monas Kecamatan Monano, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), sangat mengapresiasi progam kegiatan desa membangun yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN Tematik UNG.

Hal inilah yang akan menjadi tugas utama mahasiswa KKN Tematik UNG selama berada di desa Monas untuk ikut berkontribusi dalam kegiatan-kegiatan desa, terutama membantu aparat desa dalam hal-

BACA JUGA  Melalui MUSDes, BUMDes Karya Bersama Desa Mootinelo, Prioritaskan Kepentingan Masyarakat

pelayanan desa maupun tugas-tugas dari Pemerintah desa. Selain itu juga mahasiswa KKN Tematik UNG telah menyusun beberapa program terutama program desa membangun.

Saat ditemui di posko mahasiswa KKN Tematik UNG, Noval Daud yang juga sebagai Kordes dari mahasiswa KKN kepada awak media ia menjelaskan beberapa hal terkait dengan program desa membangun yang sudah dilaksanakan. Rabu, (13/10/2021)

“Alhamdulillah kegiatan kemarin itu merupakan kegiatan yang dilangsungkan dari 8 desa yang ada di Kecamatan Monano, merupakan kegiatan kolaborasi yaitu tentang sosialisasi, dan penyuluhan stanting merupakan program inti dari kegiatan yang di pusatkan di gedung aula Kecamatan Monano, tepatnya di desa Mokonowu.” ucap Noval.

BACA JUGA  Antisipasi Zona Hitam Covid-19, Ini Yang Dilakukan Pemdes Molingkapoto Selatan (MolSel) Kwandang

Kegiatan kolaborasi dari 8 desa tersebut diisi dengan beberapa pemateri dari BNN Kabupaten Gorut, dan perwakilan dari Dinas Kesehatan Gorut, sekaligus memberikan-

sosialisasi tentang pentingnya vaksinasi untuk kesehatan, dan juga sosialisasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, serta dampak negatif dari narkotika.

BACA JUGA  Kelompok Tani Desa Ibarat Tolak Bantuan Benih Jagung Dari Dinas Pertanian Gorut, Ini Penyebabnya

Inilah fungsi dan peran mahasiswa KKN Tematik Universitas ketika berada dilingkungan masyarakat desa, selalu aktif memberikan pemahaman kepada masyarakat desa dan memberikan edukasi tentan vaksinasi-

dan bahaya narkoba, sehingganya Pemerintah desa pun sangat mengapresiasi apa yang menjadi tugasnya dalam hal membawa program desa membangun untuk-

BACA JUGA  Camat Anggrek Rampungkan Kunjungannya Di 15 Desa Kecamatan Anggrek

masyarakat, khususnya masyarakat desa Monas, ditambah lagi dukungan dari Karang taruna desa Monas untuk bekerja sama dengan mahasiswa KKN Tematik UNG.

Penjabat kepala desa Monas, Ikbal Galib

“Terkait dengan kegiatan mahasiswa KKN Tematik UNG bersama Karang taruna, Alhamdulillah untuk olah raga ini kan ada dua kegiatan yang akan direncanakan yaitu sepakbola dan volley ball.” jelas Ikbal Galib, Penjabat kepala desa Monas, saat dihubungi awak media melalui sambungan telepon seluler dirinya berada di kantor Pemerintahan Gorut Kecamatan Kwandang.

BACA JUGA  Pemdes Botungobungo Bersama Mahasiswa UMgo Menggelar Sosialisasi Sadar Wisata

Selain kegiatan olahraga, mahasiswa KKN Tematik UNG, ikut turun langsung secara door to door ke rumah warga untuk mensosialisasikan pentingnya vaksinasi kepada masyarakat desa.

BACA JUGA  Pendamping PKH Anggrek Gelar Rapat Evaluasi Pelaksanaan Vaksinasi Bagi Penerima Bansos di Desa Ilodulunga

“Kami juga kan ada program vaksinasi, nah adik-adik mahasiswa ini cukup membantu dan berkontribusi dengan Pemerintah desa untuk mensosialisasikan terkait dengan vaksinasi, begitupun saat pelaksanaan vaksinasi adik-adik mahasiswa ini-

langsung ikut melibatkan diri membantu aparat desa. Sebelum kegiatan vaksinasi mereka juga turun ikut mendata masyarakat yang belum tervaksin, sekaligus memberikan pemahaman serta edukasi kepada masyarakat, dengan cara persuasif dan humanis.” tutur Ikbal.

BACA JUGA  Abdullah Kadir, Camat Anggrek yang Baru, Disambut Secara Adat

Sementara itu ketua Karang taruna desa Monas, Fahri Sulubani, saat bersamaan berada di posko mahasiswa KKN Tematik UNG dengan Kordes, Fahri menuturkan, sangat mensuport apa yang menjadi kegiatan program mahasiswa.

BACA JUGA  Pemdes Botungobungo Bersama Mahasiswa UMgo Menggelar Sosialisasi Sadar Wisata

“Alhamdulillah kami Karang taruna mensuport kegiatan mahasiswa KKN Tematik UNG, karena bagaimana pun mereka ini adalah tanggung jawab kami yang diberikan kepercayaan dari kampus sehingganya ini menjadi kewajiban bagi kami untuk memuliakan tamu yang datang di desa kami, apalagi mereka teman-teman mahasiswa membawa-

BACA JUGA  Rizal Modanggu Gelar Apel Perdana Bersama Seluruh Instansi Di Kecamatan Tomilito

program untuk desa ini, yaitu program desa membangun. Dengan kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa, ini adalah sebuah apresiasi yang besar, karena didalamnya itu ada pengetahuan serta edukasi yang diberikan kepada masyarakat tentang stanting di-

BACA JUGA  Antisipasi Zona Hitam Covid-19, Ini Yang Dilakukan Pemdes Molingkapoto Selatan (MolSel) Kwandang

Kecamatan, serta ilmu yang mereka berikan, sehingga ini kedekatan dan hubungan emosional antara masyarakat dengan mahasiswa sangat kuat, apalagi saat bekerja sama di lapangan terkait dengan kegiatan olahraga.” pungkas Fahri. (Inong).

Reporter: Suripno Ar. Onge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here