banner 728x250

Pemdes Botungobungo Bersama Mahasiswa UMgo Menggelar Sosialisasi Sadar Wisata

  • Bagikan
banner 468x60

Gorut MEDGO.ID – Pemerintah desa Botungobungo Kecamatan Kwandang bersama mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMgo) menggelar Workshop sosialisasi tentang sadar wisata.

Kegiatan tersebut dilaksanakan diruang aula kantor desa Botungobungo Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), dan diikuti oleh mahasiswa KKN Tematik UNG, dan tokoh masyarakat. Selasa,(5/10/2021).

BACA JUGA  Ternyata Tak Harus Tajir, Ditengah Covid-19 bagi Koptu Ishak untuk Berbagi dengan Warga Kurang Mampu

banner 336x280

Beberapa potensi wisata yang ada di desa Botungobungo banyak dilirik oleh para wisatawan yang datang dari luar daerah, maupun wisatawan lokal, sehingga banyak dari berbagai-

BACA JUGA  DPMD Gorut Gelar Rapat Evaluasi Tentang Kinerja Perangkat Desa

lembaga-lembaga pendidikan tertarik ingin berkolaborasi mengembangkan pariwisata di Gorontalo Utara khususnya di desa Botungobungo.

Kepala desa Botungobungo, Ramli Lamusu Kakilo, kepada awak media mengatakan, terkait dengan Workshop ataupun sosialisasi sadar wisata,-

BACA JUGA  Pemdes Helumo Bagikan Kartu Tani Kepada 19 Kelompok Tani Yang Sudah tervaksin

pihaknya akan bekerjasama dengan mahasiswa UMgo dalam pembentukan kelompok sadar wisata atau yang di sebut dengan Pokdarwis.

“Terkait dengan sosialisasi sadar wisata menuju pariwisata berkualitas dan berkelanjutan, Alhamdulillah KKD dari UMgo, ada satu mahasiswa UMgo yang khusus jurusan pariwisata, nah di desa Botungobungo ini ada satu pembangunan wisata, saya sebagai-

BACA JUGA  Bupati Gorontalo Utara Buka Turnamen Batminton Gorut Cup 2021 Di Desa Bulalo

Pemerintah desa akan berkolaborasi, bekerjasama dalam membentuk Pokdarwis, kelompok sadar wisata.
Dengan sosialisasi tersebut maka masyarakat bisa memahami apa tujuan wisata yang kita akan bangun.” jelas Ramli.

BACA JUGA  Pesan Bupati Gorut Indra Yasin  Kepada Penjabat Kepala Desa Tolango Untuk Tetap Fokuskan Program Pembangunan

Sambung Ramli mengatakan, tujuan dari pengembangan wisata tersebut dalam hal ini pembangunan wisata, itu bukan semata-mata keinginan pemerintah desa, melainkan keinginan masyarakat desa itu sendiri.

“Terkait dengan pembangunan wisata, itu bukan semata-mata keinginan saya sebagai pemerintah desa, tetapi itu timbul dari saran dan masukan masyarakat, karena di desa Botungobungo ini ada salah satu pantai yang kurang lebih satu kilo-

BACA JUGA  DPMD Gorut: BLT Harus Secepatnya Di Salurkan Kepada Keluarga Penerima Manfaat.

meter pasir putih terletak di dusun Ilombata bagian utara desa Botungobungo. Oleh karena itu kami Pemerintah desa berupaya semaksimal mungkin untuk menampung permintaan masyarakat terkait dengan pembangunan desa wisata.” ucap Ramli.

Dirinya sebagai Pemerintah desa sampai sekarang ini terus berkonsultasi dengan pihak terkait yaitu Dinas Pariwisata Gorut untuk meminta dukungan.

BACA JUGA  RKPDes Mootinelo 2022 Tuntaskan Program Yang Terkofusing DiTahun 2021

Lanjutnya lagi terkait dengan persyaratan pembangunan desa wisata, pihak Pemdes terlebih dahulu atau minimal di desa itu harus membentuk Pokdarwis.

“Saya berharap ini tentunya kita bekerja untuk membangun pariwisata ini tidak bisa kita bekerja sendiri-sendiri ataupun perorangan, nah kita harus membentuk tim Pokdarwis, dan juga tentunya ini harus ada dukungan dari pihak terkait dari Dinas Pariwisata Gorut, dan P3PMD.

BACA JUGA  Warga Desa Malingkapoto Terpapar Covid ? Kata Kades Ardon : Itu Tak Benar, dan Warga Kami Siap Di Vaksin

Alhamdulillah waktu baru pertama dibangun wisata ini, dari berbagai daerah maupun kabupaten lain dan Provinsi sudah mengunjungi tempat wisata. Inilah yang menjadi perhatian oleh wisatawan yang datang selalu-

BACA JUGA  Kunjungan Camat Kwandang Akhiri Prosesi Adat Mopotilolo Di Desa Moluo

memberikan motivasi kepada kami untuk terus mengembangkan pariwisata yang sangat potensial ini, dengan potensi wisata yang kita miliki akan berdampak pada peningkatan PAD, dan juga peningkatan ekonomi masyarakat desa.”tutup Ramli. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *