Pemdes Alata Karya Gelar Monitoring Evaluasi (Monev) Dana Desa Tahun 2021

118

Gorut MEDGO.ID – Pemerintah desa Alata Karya mengelar Monev bersama tim dari Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, (Gorut) dan tim pendamping desa.

Kegiatan Monev ini berlangsung di ruang aula kantor desa Alata Karya, dipimpin langsung oleh Camat Kwandang, Tamrin Monoarfa. Kamis,(29/7/2021).

BACA JUGA  RKPDes Molingkapoto Selatan Kecamatan Kwandang Masuk Tahap 2

“Kami mengucapkan terimakasih atas kesediaan untuk menerima kunjungan kami yang ke dua, setelah pelaksanaan BLT, dan hari ini kita memiliki misi untuk melakukan monitoring dan evaluasi, tugas dan tanggung jawab kita di desa.

Yang pertama ingin saya sampaikan serapan dana desa, Alhamdulillah tadi sudah disampaikan sudah masuk tahap dua. Kami berkomitmen dengan teman-teman, ketika dia masuk tahap fisik, apakah tahap 1, tahap 2, kami akan cek langsung.” ucap Tamrin dalam sambutanya.

BACA JUGA  Bupati Indra Yasin : ASN Gorut Tidak Ada Boleh Keluar Daerah, Idhul Fitri Nanti

Tamrin dalam arahan dan sambutannya menuturkan, meskipun dirinya sudah saling kenal dengan para kepala desa, tatap akan di cek langsung apa saja yang telah dilakukan pada penggunaan anggaran dana desa. Begitupun dengan pajak, Tamrin memaparkan bahwa pajak di Kecamatan Kwandang baru 22%.

BACA JUGA  Indra Yasin Percantik Area Depan Kantor Bupati, Kawasan Jogging Track

“Kwandang itu baru 22%, kalau Alata Karya sudah 66%. Alhamdulillah ini sudah, dari penetapan 8 juta, artinya diantara 22% itu, Alata Karya memberikan kontribusi yang besar di 22% itu. Berarti ada desa-desa dibawah dari itu, sehingganya kurang.

BACA JUGA  Camat Kwandang Yang Baru DiSambut Adat Mopotilolo Oleh Masyarakat Desa Botungobungo

Kenapa sekarang saya sudah memberlakukan? artinya tidak tertulis, hanya menyampaikan ke teman-teman, bahwa rekomendasi itu perlu dilampiri dengan slip penyetoran pajak. Minimal setengah, kalau Alata Karya kan sudah melebihi dari setengah.” jelasnya.

BACA JUGA  Pemdes Tutuwoto Dalam Perencanaan Pembangunan Posko PPKM Masih Menunggu Anggaran DD Tahap 2

Dari beberapa capaian serta kinerja aparat desa Alata Karya, dinilai Tamrin cukup baik, diharapkannya pula kinerja tersebut harus tetap diraih.
Usai pelaksanaan kegiatan Monev-
bersama tim Kecamatan, kades Alata-

BACA JUGA  Bupati Gorut Indra Yasin Perlihatkan Keunggulan Panen Raya Cabai Di Hadapan Rachmat Gobel

Karya, Sofyan Mahmud, menjelaskan beberapa capaian program pembangunan desa yang telah dilaksanakannya melalui resapan anggaran dana desa tahun 2021.

“Alhamdulillah dengan adanya Monev dari tingkat kecamatan yang langsung dipimpin oleh pak Camat Kwandang, kami di Pemerintahan desa Alata Karya sangat bersyukur, dan-

BACA JUGA  Kelompok Tani Kecipratan Bantuan Benih Padi Dari Pemdes Pontolo Kwandang

berterimakasih dengan adanya Monev. Di Monev itu sendiri adalah menjaga hal-hal program dan menjaga adminitrasi yang tidak sesuai regulasi yang dilaksanakan ditingkat desa.” imbuh Sofyan.

BACA JUGA  Antusias Masyarakat Desa Popalo Ikuti Gebyar Vaksinasi Untuk Kesehatan

Dirinya selaku Pemerintah desa, bersama staf, tetap akan menjalankan apabila ada perbedaan persepsi antara tingkat Kecamatan dan desa, tentang pemahaman Permendagri, Permendes, dan Peraturan Menteri Keuangan.

BACA JUGA  Pemda Gorut Gandeng Ivestor Kembangkan Tambak Udang di Samalata

“Untuk kegiatan tahap 1 desa Alata Karya, dengan beberapa pelaksanaan kegiatan, untuk BLT sampai bulan Mei, ini sudah selesai, kegiatan pembangunan rumah sehat sudah selesai 100%, pembangunan paving-

blok juga sudah selesai, dan penanganan Covid-19, ini juga sudah selesai di tahap pertama, Alhamdulillah kesemuanya sudah dipaparkan, di kegiatan Monev tingkat Kecamatan Kwandang.” tandas Sofyan.

BACA JUGA  Pemkab Gorut Ikuti Rakor dan Sosialisai Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Daerah

Lanjut Sofyan mengatakan, dari beberapa kegiatan yang ada di desa, ini adanya PK, tim Pelaksana Kegiatan yang ada di desa Alata Karya.

BACA JUGA  Pemdes Hiyalo Oyile Kecamatan Anggrek Salurkan BLT Dana Desa Tahap 9 Kepada 19 KPM

“Untuk menyatukan kegiatan ini, tentu ada beberapa hal yang dilakukan, yaitu kerja sama yang erat antara Pemerintah desa, aparaturnya, BPD, TPK, dan juga keterlibatan masyarakat serta dukungannya, dan ini tetap harus ada koordinasi. Alhamdulillah 100% dalam kegiatan anggaran dana desa.” pungkasnya. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here