banner 728x250

Pemda Bonebol Resmikan Nama 8 Jalan, Ini Kata Aleg DPRD

  • Bagikan
banner 468x60

BONEBOL, MEDGO.ID — Pemerintah Bone Bolango belum lama ini meresmikan nama delapan jalan yang terinspirasi dari khalifah besar, serta para Khulafaur Rasyidin.

Anggota DPRD Bone Bolango Usman Hulopi, secara lantang menyebut bahwa penamaan kedelapan nama jalan tersebut tidak sesuai mekanisme yang berlaku.

banner 336x280

Sebab semestinya menurut Usman, pemberian nama jalan tersebut harus melalui mekanisme usulan pembahasan ke DPRD untuk mendapatkan persetujuan bersama menjadi sebuah Peraturan Daerah (Perda).

BACA JUGA  Di Bonebol Angka Stunting Turun di Dua Tahun Terakhir

Bahkan saking banyak pertimbangan maka pada saat proses merumuskanpun kata dia harus melibatkan diseluruh lapisan masyarakat termasuk tokoh masyarakat, adat, agama dan lainnya. Karena itu penamaan jalan tersebut dianggapnya tidak sesuai mekanisme.

“ Saya bukan mempermasalahkan
namanya ya. Karena namanya bagus diambildari tokoh besar yang diagungkan umat Muslim. Tapi sayangnya tidak sesuai mekanisme semestinya harus punya dasar hukum yakni melalui usulan menjadi Perda. Jadi ini aneh dan lucu“keluhnya.

BACA JUGA  Usia 12-17 Tahun Sudah Bisa Divaksin, Marten Minta Siswa Jangan Percaya Berita Hoaks

Baginya nama-nama yang diambil justru
semestinya lebih banyak juga mengakomodir dari nama tokoh-tokoh masyarakat yang semasa perjuangan dan pengabdian hidupnya sudah banyak memberikan kontribusi, sumbangsi dan dedikasi atas karyanya untuk daerah.

Ini ditujukan agar lebih mengangkat kearifan lokalnya. Sehingga itu baginya penaman jalan tidak boleh sembarangan agar kelak bisa terus dikenang.

“Karena kami sebagai bagian pemangku penyelenggara pemerintahan daerah dan
sekaligus mitra pemerintah daerah maka kami menyarankan pak Bupati untuk meninjau kembali penamaan jalan tersebut.

BACA JUGA  Wakil Ketua DPR-RI Rachmat Gobel Serahkan Bantuan 2 Unit Traktor Kepada Kelompok Tani Di Gorontalo Utara

Begitu juga ada nama jalan Jayapura yang katanya kolaborasi gender jayapura
dan putra asli Bonbol. Saya kira tidak masalah dengan namanya tapi kurang tepat saja karena harus diketahui ibu Merlan Uloli itu putri terbaik daerah ini, cuma beliau saat meniti awal karir PNS di Jayapura tapi tanah leluhurnya beliau adalah Kecamatan Kabila,”ujarnya.(Adv/IH)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *