Pembahasan Ranperda Pajak dan Retribusi Ditunda, Begini Penjelasan Waka DPRD Bonebol

Bonebol, Medgo.ID — DPRD Kabupaten Bone Bolango sepakat menunda pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Pajak dan Retribusi Daerah, Senin (01/08) kemarin.

“Materinya cukup luas dan kompleks, olehnya meskipun kami DPRD dan eksekutief mengejar secara maraton, di setiap hari, dari pagi, siang dan malam pembahasan ini. Tapi belum bisa kami selesaikan secepatnya,” ujar Wakil Ketua DPRD Bone Bolango, Zainudin Pedro Bau dalam rapat tersebut.

BACA JUGA  Zona Merah Covid-19, Aktivitas Masyarakat Bone Bolango Dibatasi Hingga Pukul 22:00 Wita

“Sehingga perlu konsultasi, koordinasi dan  konsolidasi keberbagai pihak baik Horizontal, Vertikal, dan diagonal  sehingga PERDA yang di hasilkan berkualitas, Efesien dan Efektif,” sambungnya

Lebih lanjut, dijelaskannya, penundaan tersebut disepakati dalam rapat pembahasan antara Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD dengan pihak eksekutif.

“Ini merupakan pertama kalinya kami membahas Ranperda dengan pola Omnibus Law sebagai konsekwensi dari dikeluarkannya UU No 1/ 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dan  UU No 11/ 2020 tentang Cipta Kerja membawa perubahan yang sangat mendasar,” terangnya

BACA JUGA  Pemotongan Anggaran, Beberapa Proyek Milik Daerah Tahun Ini Masih Terhambat

Kedua UU tersebut, kata Politisi Partai Golkar ini bahwa, berimplikasi terhadap produk hukum yang ada di daerah yaitu Perda untuk disesuaikan, sehingga diharapkan agar terwujud kepastian hukum dalam pelaksanaanya.

BACA JUGA  DPRD Bonebol Minta Pemkab Terbuka Masuknya Investor

“Hal ini juga merupakan pertama kalinya kami  membahas Ranperda dengan pola omnibus law seperti Undang-undang Cipta Kerja. Maka diperlukan konsentrasi, pendalaman dan pengkajian yang komprehensip,,”

“Karena ini ada puluhan Perda yang terdampak  yang harus di cabut dan disesuiakan serta di gabung kedalam satu Perda saja, yaitu Perda  Pajak dan Retribusi daerah itu,” tandas Wakil Ketua DPRD Bonebol. (IH)