Mewujudkan Masyarakat Indonesia Yang Berperilaku Sehat

Boalemo, MEDGO.ID – Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga merupakan program yang diselenggarakan oleh KEMENKES RI untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan yang sehat, serta sadar akan pentingnya kesehatan.

Program ini diharapkan juga mampu menyiasati permasalahan akses ke pelayanan kesehatan yang masih sulit dijangkau di beberapa tempat. Program ini merupakan program lanjutan dari adanya program kunjungan Puskesmas yang telah dilaksanakan sebelumnya, jelas Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr. Zubaidah Rauf, Senin (5/9/2022).

BACA JUGA  Mahasiswa Boalemo Turun Kejalan Dan Desak Pemda Atasi Pasca Kenaikan BBM Bersubsidi

Lanjut Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr. Zubaidah Rauf, keluarga merupakan komponen penting dalam upaya pencegahan penyakit selain peran dari kualitas lingkungan dan sarana serta prasarana kesehatan. Keluarga juga merupakan tempat pertama kali kehidupan sosial dan pendidikan didapatkan oleh anak, termasuk pendidikan terkait kesehatan. Perilaku hidup sehat yang didapatkan sejak dini akan memicu kesadaran terhadap pentingnya kesehatan baik di keluarga maupun masyarakat.

BACA JUGA  Kapus Zubaidah Rauf : Imunisasi Melindungi Anak Dari Penyakit Berbahaya

“Mengingat betapa pentingnya peran keluarga dalam mewujudkan masyarakat yang sehat, Pemerintah membuat Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga. Program ini merupakan program lanjutan dari kegiatan keperawatan kesehatan masyarakat (Perkesmas) yang dilakukan oleh puskesms melalui kunjungan ke rumah-rumah,” ungkap Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr. Zubaidah Rauf.

Program ini diawali dengan pendataan seluruh keluarga menggunakan formulir profil kesehatan keluarga (PROKESGA) dan paket Informasi kesehatan keluarga (PINKESGA). Data tersebut selanjutnya digunakan untuk penyusunan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi di tingkat puskesmas.

BACA JUGA  Inovasi Yang Diciptakan Harus Mampu Memperhatikan Aspek Daerah

Dalam pelaksanaannya keluarga akan dibina oleh kader atau pertugas kesehatan dari puskesmas melalui penyuluhan dan kegiatan lainnya. Puskesmas Paguyaman Pantai telah melaksanakan kegiatan Intervensi PIS-PK di seluruh Desa wilayah kerja Puskesmas yakni 8 Desa. Desa Bubaa, Limbatihu,Lito, Bangga, Olibu, Apitalawu, Towayu dan Bukit Karya. (Adv).