Menyongsong Pilkada 2020, Kadis BPBD Mengikuti Rapat Virtual

33

KABGOR– Untuk menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2020, Pemerintah Kabupaten Gorontalo melalui Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Sumanti Maku, menghadiri rapat virtual yang diadakan Menkopolhukam pada Rabu (09/09/2020).

Bertempat di Rumah Dinas Bupati Kabgor, rapat virtual via zoom tersebut di hadiri oleh Panglima TNI, Kapolri, Mendagri, KPU, Satgas Covid-19 dan Bawaslu. Hal tersebut di sampaikan langsung oleh Kepala Dinas BPBD, Sumanti Maku. Sumanti menyampaikan inti dari rapat virtual yang di sampaikan ada dua hal.

“Intinya ada dua hal yang di sampaikan, pertama bahwa proses pelaksanaan Pilkada ini tidak hanya terkait dengan hal kontestasi politik, tapi juga hal yang penting di sadari bahwa, semua pemerintah daerah, semua pasangan calon, dan semua masyarakat harus konsisten terhadap penegakkan penanganan covid-19”, ujar Sumanti.

“Dan yang kedua hal yang juga di tegaskan adalah pemerintah pusat mengawasi secara ketat seluruh daerah termasuk para calon agar betul-betul taat pada penanganan covid-19 bahkan dimungkinkan ada pemberian-pemberian sanksi, terhadap calon baik itu petahana maupun calon baru”, lanjut Sumanti.

Selain itu Sumanti juga menjelaskan bahwa Gorontalo termasuk daerah yang zonasinya rendah dan sedang, kemudian juga termasuk daerah yang sudah mengeluarkan regulasi tentang pemilihan kepala daerah berdasarkan penanganan covid-19, yang mengacu pada Inpres No. 6 Tahun 2020. Hal tersebut kata Sumanti yang di sampaikan langsung oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Tadi di sampaikan oleh KPU bahwa, bagi pasangan calon yang kemudian hasil pemeriksaan kesehatan atau hasil swabnya itu dinyatakan positif, mereka diwajibkan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Dan itu akan di lakukan pengawasan secara ketat terhadap mereka. Dan ketika pasangan calon yang dinyatakan positif swab dan tidak melakukan isolasi mandiri, maka ada sanksi-sanksi administrasi yang ditegakkan dan dilaksanakan oleh Bawaslu”, pungkas Sumanti. (Ubay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here