Menuju Pilkada Serentak, Pemkab Gorontalo Gelar Rapat Evaluasi

15
Pemkab Kabupaten Gorontalo gelar rapat evaluasi persiapan Pilkada Serentak (Foto: Istimewa)

KABGOR, MEDGO.ID– Dalam rangka persiapan Pilkada Serentak yang akan di gelar pada 9 Desember nanti, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo menggelar rapat evaluasi terkait persiapan pelaksanaan Pemilihan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati yang dilaksanakan secara serentak tahun 2020, bertempat di Ruang Madani Kantor Bupati Gorontalo, Selasa (20/10/2020).

Rapat evaluasi yang dipimpin langsung oleh Pejabat sementara (Pjs) Bupati Gorontalo, Mitran Tuna, dengan di dampingi oleh Sekda Kabupaten Gorontalo dan beberapa pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Gorontalo.

Rapat tersebut di gelar untuk menindaklanjuti surat yang disampaikan oleh KPU Kabgor kepada Pemkab Kabgor, hal tersebut di sampaikan langsung oleh PJS Bupati Gorontalo, Mitran Tuna, dalam kesempatan wawancara.

PJS Bupati Gorontalo, Mitran Tuna dalam kesempatan wawancara (Foto: Istimewa)

“Jadi rapat evaluasi ini untuk menindaklanjuti surat yang disampaikan oleh KPU Kabupaten Gorontalo, yang tertanggal 15 oktober. Dimana pihak KPU menyampaikan, mohon bantuan fasilitasi kepada Pemerintah Daerah dalam rangka pembentukan anggota KPPS”, ujar Mitran.

Mitran juga menyampaikan, semenjak KPU Kabupaten Gorontalo membuka pendaftaran KPPS dan kemudian diperpanjang sampai pada tanggal 18 oktober, hanya sedikit yang memasukkan berkas pendaftaran. Hal inilah yang kemudian menjadi kendala bagi KPU untuk mengisi kekosongan KPPS tersebut.

“Memang setelah masa rekrutmen sudah berakhir, kemudian KPU melakukan perpanjangan masa pendaftaran sampai pada tanggal 18 oktober, disana ditemukan kendala. Ada sebagian besar wilayah yang tidak memenuhi persyaratan keanggotaan KPPS, karena sedikitnya yang mendaftar” lanjut Mitran.

Menurut Mitran, kurangnya orang yang mau mendaftar sebagai anggota KPPS dikarenakan mereka takut untuk dilakukan rapid tes. Maka dari itu melalui rapat yang dihadiri oleh pihak KPU, camat se-Kabupaten Gorontalo dan beberapa pimpinan OPD, mendapati titik cerah dari permasalahan itu.

Dengar digelarnya rapat tersebut, dan setelah dilakukan berbagai upaya, maka akhirnya kendala dalam perekrutmen anggota KPPS sudah tidak ada masalah lagi. Bahkan kata Mitran, anggota KPPS yang mendaftar sudah lebih dari kuota yang akan diterima.

“Saya sudah sampaikan beberapa waktu lalu, hal ini disebabkan ketakutan bagi para calon KPPS untuk melakukan rapid tes. Alhamdulilah melalui rapat tadi saya sudah menindaklanjuti. Saya menghadirkan para Camat, pihak KPU dan beberapa pimpinan OPD terkait pelaksanaan Pilkada ini”, terang Mitran.

Dan terakhir Mitran menyampaikan mengenai rekrutmen anggota KPPS tidak ada lagi kendala, hanya saja untuk rapid tes, Mitran menyampaikan untuk diberikan interval waktu kepada anggota yang reaktif untuk karantina.

“Alhamdulilah kami Pemerintah Daerah merasa bersyukur karena tidak ada lagi kendala dari sisi rekrutmen anggota KPPS. Hanya saja untuk rapid tes ini kami menyarankan jika nantinya ada yang dinyatakan reaktif, saya minta ada interfal waktunya untuk mereka melakukan karantina, sebelum melaksanakan tugasnya sebagai KPPS”, pungkas Mitran. (Ubay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here