Menjaga Keberagaman Di Hari Natal, Penjagaan Gereja Tidak Memandang Agama

62
Menjaga keberagaman umat beragama, Banser Kota Gorontalo menjaga Gereja Fathers House Community Church, Jumat (25/12/2020), Foto: Bayu Harundja

KOTA GORONTALO, MEDGO.ID – Pada perayaan ibadah natal yang dirayakan oleh umat Kristiani tiap tanggal 25 Desember, hal tersebut menjadi kebahagiaan tersendiri karena dirayakan satu tahun sekali.

Di Kota Gorontalo sendiri perayaan natal dilaksanakan seperti tahun-tahun sebelumnya, umat Kristiani yang merayakan tetap antusias pada perayaan ibadah sakral, namun hal tersebut berbeda ketika pandemi covid-19 mewabah dan penerapan protokol kesehatan harus diutamakan.

Meskipun dengan adanya penerapan protokol kesehatan, tidak menyurutkan semangat para jemaat untuk merayakan ibadah natal.

Pada perayaan ibadah natal di Kota Gorontalo, pengamanan dilakukan secara ketat selain untuk penegakkan protokol kesehatan, pengamanan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan juga di lakukan oleh aparat keamanan.

BACA JUGA  Jalin Kerja Sama Dengan MPR RI, Rektor Unisan Harap Bisa Capai Kualitas SDM

Kapolres Kota Gorontalo, Desmont Harjendro Agitson Putra menyebutkan sekitar 85 personil dari Polres Kota Gorontalo dikerahkan untuk pengamanan ibadah natal tahun 2020, dengan total 170 personil aparat gabungan seperti dari TNI, Satpol-PP, dan juga dari Barisan Ansor Serbaguna (Banser) dikerahkan untuk pengamanan perayaan umat Kristiani tersebut.

“Untuk Polres Gorontalo Kota, kita mengerahkan 85 personil ditambah dari Polda 50 personil, kemudian dari TNI ada 30 personil, jadi kurang lebih pengawalan yang kita kerahkan pada natal 2020 ini ada sekitar 170 personil, dibantu juga dari jajaran Satpol kemudian ada juga dari Banser,” kata Desmont saat diwawancarai usai meninjau Gereja Pantekosta Ekklesia, Jumat (25/12/2020).

BACA JUGA  Komisi II DPRD Bonebol Gelar RDP, Paris Djali: Bahas Refokusing Yang Harus Bergeser

Untuk pengamanan sendiri, hal menarik yang bisa ditemukan dalam pengamanan ibadah natal yaitu dengan terlibatnya anggota Banser untuk menjaga dan menjamin keamanan para jemaat untuk beribadah.

Hal tersebut bisa kita temukan di Gereja Fathers House Community Church, berdasarkan pantauan Wartawan Medgo.id anggota Banser dengan sukarela menjaga dan menjamin keamanan para jemaat di gereja tersebut.

Anggota Banser Kota Gorontalo saat menjaga dan melayani jemaat Gereja Fathers House Community Church (Foto: Bayu Harundja)

Fikri Cahyanto, salah satu anggota Banser Kota Gorontalo, mengatakan penjagaan pada perayaan natal mereka lakukan dengan mengikuti instruksi pimpinan wilayah untuk melakukan pengamanan di tiap-tiap wilayah yang memiliki gereja.

“Sesuai instruksi dari pimpinan wilayah, bahwa seluruh Banser Provinsi Gorontalo ditugaskan untuk melaksanakan pengamanan di tiap-tiap wilayah yang mempunyai gereja, dan kami selaku Banser dari Kota Gorontalo ditugaskan untuk menjaga gereja yang ada diwilayah Kota Gorontalo,” kata Fikri kepada Medgo.id saat menjaga Gereja Fathers House Community Church, Jumat (25/12/2020).

BACA JUGA  Peduli Covid-19, Alumnus Akpol 98 Bagikan 300 Paket Sembako Ke Warga Kurang Mampu

Dan terakhir Fikri menyampaikan bahwa untuk menjaga keberagaman, Fikri mengajak untuk menjaga keharmonisan serta kerukunan antar umat beragama dan saling menghargai untuk menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Kita sebagai umat beragama marilah saling menjaga keharmonisan, kerukunan umat beragama, saling menghargai ibadah dari masing-masing agama, biar kita rukun dalam hal menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya. (Ubay)

Reporter: Bayu Harundja

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here