Menelaah Urgensi Pilkada Banggai 2021-2025 Untuk Masa Depan Desa Jayabakti

117

Oleh : Ronaldi Timpola

(Mahasiswa Hukum, Universitas Negeri Gorontalo)

Dalam tulisan ini, saya akan menguraikan urgensi pilkada Banggai 2021-2025 Dan menerawang arah masa depan Desa Jayabakti melalui kontestasi politik tanggal 9 Desember

Pemilihan kepala daerah di Indonesia pada tahun 2020 digelar secara serentak untuk daerah-daerah yang masa jabatan kepala daerahnya berakhir pada tahun 2021. Sistem pemilihan kepala daerah secara serentak pada tahun 2020 merupakan yang keempat kalinya diselenggarakan di Indonesia. Pelaksanaan pemungutan suara direncanakan digelar secara serentak pada bulan Desember 2020. Total daerah yang akan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 sebanyak 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

(Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2020 tentang Perubahan Ketiga atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota Menjadi Undang-Undang).

Walaupun ditengah pandemi covid 19 dengan segala pertimbangan dan konsekuensi, pilkada serentak di tanggal 9 Desember akan tetap dilaksanakan dengan mematuhi segala aturan baik protokol kesehatan dan masalah teknis di lapangan.

Kabupaten Banggai, Provinsi sulawesi Tengah, saat ini sedang diperhadapkan dengan kontestasi politik yang akan memimpin Kabupaten banggai untuk 5 tahun kedepan.

Masyrakat Banggai di uji oleh 3 calon bupati dan wakil bupati yang sama-sama memiliki Integritas, kapasitas dan kredibilitas serta power di setiap calon kandidat Bupati dan Wakil Bupati.

BACA JUGA  Sepi Pembeli, Penjual Masker Berharap Bantuan Dari Pemerintah

Masyarakat tentunya punya penilaian dan pengamatan tersendiri untuk menentukan hak pilihnya di TPS tanggal 9 Desember nanti.

Pilkada Banggai tahun ini dikatakan cukup Spektakuler, kenapa saya katakan demikian?
Karena Calon kandidat terbaik kabupaten banggai sama-sama memiliki Prestasi yang cukup bersaing.

Para calon kandidat akan memberikan segala upaya untuk menarik simpati masyarakat Banggai untuk memilih calon kandidat yang mampu membawa perubahan 5 tahun kedepan di Kabupaten Banggai.

Lantas sperti apa urgensi Pilkada Banggai untuk Desa Jayabakti?

Apakah suara jumlah penduduk yg mencapai kurang lebih 5000 jiwa ini akan berubah menjadi arah perubahan baru dengan lahirnya Pemimpin daerah 2021-2025.

Atau lagi-lagi akan menjadi wacana belaka?

Desa Jayabakti adalah desa Terpadat di kabupaten banggai.

Dengan kepadatan penduduknya Jayabakti dikenal sebagai desa yang sangat Unik di Kabupaten Banggai.

Dengan jumlah kepadatan mencapai kurang lebih 5000 jiwa penduduk membuat desa ini masih mengalami banyak masalah-masalah sosial dan pemerintah desa cukup kewalahan mengatasi setiap permasalahan-permasalahan yang terjadi dimasyarakat Jayabakti.

Sehingga desa ini membutuhkan perhatian pemerintah khususnya di Kabupaten Banggai.

Di kontestasi politik saat ini, Desa Jayabakti menjadi sorotan untuk mendapatkan simpati masyaeakat, para calon kandidat akan melakukan upaya-upaya terbaiknya dan akan melakukan segala cara untuk menyampaikan visi misi nya baik untuk kemajuan daerah dan kemajuan desa-desa yang ada di Kabupaten Banggai.

Dengan segala permaslahan-permasalahan sosial yang ada di desa Jayabakti, tentunya calon kandidat Bupati dan Wakil Bupati Banggai sudah tau apa yang dibutuhkan dan apa yang harus dilakukan untuk masyarakat Bajo Jayabakti.

BACA JUGA  Bupati Boalemo Darwis Moridu : Jangan Ada Yang Tak Dapat Bantuan, Saat Covid-19 Ini

Desa ini sangat membutuhkan adanya bentuk perhatian pemerintah dalam menangani masalah-masalah sosial yang saat ini belum sepenuhnya terselesaikan.

Dalam tulisan ini, saya akan menguraikan sedikit masalah-masalah sosial yang perlu menjadi perhatian pemerintah daerah, misalnya:

1. Masyarakat Jayabakti membutuhkan adanya perluasan lahan untuk masa depan regenerasi. Desa jayabakti menjadi desa terpadat karena keterbatasan lahan sehingga dalam satu rumah ada 5 kepala keluarga yg mendiami rumah diatas laut, sehingga penataan ruang di desa ini menjadi kumuh dan perlu adanya terobosan untuk menyelsaikan persoalan ini.

2. Masalah air bersih yang sampai saat ini blum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat. Pemerintah desa sudah mengupayakan seoptimal mungkin untuk kelancaran air bersih bisa dirasakan masyarakat Jayabakti tetapi masih mengalami kendala kendala dilapangan.

3. Banyaknya pengangguran di desa ini membuat desa ini mengalami tingkat ekonomi yang rendah sehingga pemerintah daerah harus berupaya bgaimna menangani msalah pengangguran di Jayabakti.

4. Masalah jalan yang kami sebut JALAN BARU. Desa ini sangat membutuhkan perhatian pemerintah daerah untuk bisa merenovasi jalan baru tersebut menjadi jalan Aspal. Kita bisa melihat kondisi fisik jalan baru saat ini yang seharusnya bisa dibrikan sentuhan oleh pemerintah daerah.

5. Pembuangan sampah yang mencemari laut
Dan masih banyak lagi yang harus di perhatikan di desa ini. Arah masa depan Desa Jayabakti akan ditentukan 5 tahun kedepan melalui pesta demokrasi tanggal 9 Desember 2020. Dengan kepadatan jumlah penduduk di desa ini, masyarakat sudah bisa menilai dengan analisa mereka siapa yang layak memimpin kabupaten banggai untuk 5 tahun kedepan.

BACA JUGA  Dari Cinta Kucing Hingga Mendirikan Rumah Kucing

Masyarakat Desa Jayabakti tentunya mengharapakan pemimpin yang tidak hanya fokus di pembangunan di perkotaan tetapi pembangunan tersebut harus mampu dirasakan dan direalisasikan ke masyarakat pedesaan.

Bagi calon kandidat yang sudah mengenal Desa Jayabakti akan mampu berinovasi untuk memajukan desa ini.

Desa Jayabakti adalah desa yang harus di perhatikan oleh siapapun yang akan menjadi pemimpin di Kabupaten Banggai untuk 5 tahun kedepan.

Suara masyarakat Desa Jayabakti akan menentukan pemimpin di Kabupaten Banggai sehingga masyarakat di desa ini sangat mengharapkan pemimpin yang mampu mengambil kebijakan yang mensejahterakan masyarakat kabupaten Banggai khsusunya masyarakat Desa Jayabakti.

Siapapun nantinya yang akan memimpin Kabupaten Banggai 5 tahun kedepan, desa ini mengharapkan adanya perubahan untuk meningkatkan kemajuan di Kabupaten Banggai.

Mari kita gunakan hak pilih kita ditanggal 9 desember. Hak suara kita menentukan masa depan Desa Jayabakti.

Sekalipun Golput sistem akan melahirkan pemimpin yang akan memimpin Kabupaten Banggai untuk periode 5 tahun kedepan.

Terakhir, dalam tulisan ini saya ingin menyampaikan

” SEORANG PEMIMPIN ADALAH PELAYAN DARI RAKYATNYA ”

Jayabakti, Jumat 4 Desember 2020.

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here