Memanusiakan Manusia Melalui Pemuda Semangat Bantu Bangsa

44
Pemuda Semangat Bantu Bangsa (PSBB) menyalurkan bantuan Gerakan Infaq Nutrisi (GIN), di panti asuhan Al-Hasanah, Bone Bolango, Sabtu, 24/10/2020 (Foto: Istimewa)

GORONTALO, MEDGO.ID– Tatkala pagi itu menunjukkan pukul 09:15 Waktu Indonesia Tengah (Wita) di Sabtu pagi di kala orang sedang beraktivitas dengan keriuhan kota Gorontalo.

Aktivitas kami pagi itu ialah menyalurkan bantuan di salah satu panti asuhan yang menjadi program kami setiap bulan, bersama beberapa kawan kami menyiapkan kegiatan ini dari beberapa hari lalu, dengan menyiapkan segala kebutuhan untuk persiapan di Sabtu pagi.

Sebelumnya program yang kami maksud ialah program Gerakan Infaq Nutrisi (GIN) salah satu program dari SemangatBantu.com melalui kegiatan Pemuda Semangat Bantu Bangsa (PSBB) yang tujuannya untuk mengajak pemuda dari seluruh Indonesia untuk berkontribusi melalui kegiatan amal tersebut.

Saya sendiri bersama 2 orang kawan yang merupakan pemuda yang berasal dari Gorontalo yang menjadi delegasi dalam program ini.

Dalam hal penyaluran dan persiapan kami di bantu oleh kawan-kawan dari penerima beasiswa Yayasan Baitul Mal BRI (YBM BRI) yang kegiatannya juga sama dengan kami hanya saja beda waktu penyalurannya, berhubung kami dari PSBB Gorontalo hanya 3 orang dan penyaluran membutuhkan tenaga beberapa orang.

Mempersiapkan Kebutuhan

Dalam mempersiapkan kebutuhan, sebelumnya di hari Jum’at sore kami berangkat untuk membeli kebutuhan untuk penyaluran ke Panti Asuhan yang kami tuju.

Tujuan pertama kami untuk membeli kebutuhan penyaluran ialah pasar Sentral, sebuah pasar tradisional yang berada di Kota Gorontalo.

Kegiatan belanja untuk pendistribusian (Foto: Istimewa)

Di pasar kami membeli kebutuhan yang sudah di rincikan oleh pengurus PSBB pusat untuk penyaluran GIN (Gerakan Infaq Nutrisi) seperti beras, telur, minyak kelapa, rempah-rempah dan bahan sembako lainnya.

Sekitar 2 jam kami di dalam pasar membeli kebutuhan untuk esok harinya, kami akhirnya menuju ke rumah salah satu kawan dari penerima beasiswa YBM BRI yang membantu kami dalam program ini.

Pukul 19:50 Wita setelah sholat Isya kami sampai di rumah salah satu kawan untuk mengatur segala kebutuhan persiapan penyaluran GIN besok.

Di sela-sela mempersiapkan kebutuhan penyaluran, kami sering berbincang ringan mengenai kegiatan besok karna berhubung saya maupun 2 orang kawan baru pertama kali menuju di Panti Asuhan tersebut untuk penyaluran.

Mempersiapkan sembako untuk pendistribusian (Foto: Istimewa)

Salah seorang kawan tersebut bernama Dzul, tepatnya nama lengkapnya Dzulfakhri Bula ia merupakan ketua dari penerima beasiswa YBM BRI untuk wilayah Gorontalo.

Dalam percakapan ia mengatakan bahwa panti asuhan tersebut terletak di kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango.

Dzul sudah beberapa kali mengunjungi panti asuhan tersebut dan telah menyalurkan bantuan beberapa kali, melalui cerita dari Dzul merupakan awal saya bersama kawan-kawan dari PSBB Gorontalo untuk menyalurkan kegiatan GIN pertama kali di panti asuhan tersebut.

Menyalurkan Bantuan

Ke esokan harinya tepat pukul 09:15 Wita, kami bergegas dengan mengatur segala kebutuhan untuk penyaluran.

Sekitar pukul 11:30 Wita, kami menuju kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango, lokasi panti asuhan tersebut berada.

Kami menggunakan kendaraan Bentor (Becak Motor) sebuah transportasi tradisional Gorontalo untuk mengangkut barang-barang penyaluran GIN.

Menuju pendistribusian bantuan (Foto: Istimewa)

Perjalanan menempuh 30 menit untuk menuju panti asuhan tersebut, dengan menggunakan kendaraan motor dan bentor kami menuju lokasi penyaluran.

Tepat pukul 12:00 Wita, bertepatan dengan adzan sholat Dzuhur kami sampai di panti asuhan tersebut.

Pada saat kami sampai, kami di sambut oleh Pak Hidayat Rahmatullah Akbar, salah satu pengelola panti asuhan tersebut.

Mengenai panti asuhan yang kami tuju, Panti Asuhan Al-Hasanah namanya, sebuah panti yang di kelola oleh yayasan Hidayatullah, terletak di Desa Duano, Kecamatan Suwawa Tengah, Kabupaten Bone Bolango.

Panti asuhan tempat penyaluran GIN (Foto: Bayu Harundja)

Dilain waktu saya bersama kawan-kawan berbincang dengan Pak Hidayat Rahmatullah Akbar, beliau merupakan salah satu pengelola panti asuhan tersebut.

Pak Hidayat menceritakan keadaan panti asuhan tersebut. Dalam ceritanya, pak Hidayat menyampaikan anak-anak yang berada di panti asuhan total ada 54 dari mulai anak TK, SD, dan beberapa remaja.

Hidayat Rahmatullah Akbar salah satu pengurus panti asuhan Al-Hasanah (Foto: istimewa)

“Disini totalnya sekarang 54 (anak), dari umur kelas 1 SD sampai kelas 6 SD, ada juga yang TK berapa orang, kemudian ada juga remaja 5 orang, tapi di dominasi anak-anak setingkat SD, kelas 1 sampai kelas 6, sudah semua itu laki-laki dengan perempuan”, tutur pak Hidayat.

Kemudian juga pak Hidayat menceritakan status dari anak-anak yang berada dalam panti tersebut, pak Hidayat menuturkan anak-anak tersebut ada yang yatim piatu, broken home, serta ekonomi lemah.

Anak-anak panti asuhan (Foto: istimewa)

Dalam penuturannya, pak Hidayat menjelaskan mengenai asal dari anak-anak yang berada dari panti asuhan tersebut berasal dari sekitar panti  dan ada juga dari luar panti seperti berasal dari Kabupaten Gorontalo Utara.

Pak Hidayat juga menceritakan mengenai cara pihak yayasan mengatasi perbedaan watak atau perilaku anak-anak yang berada di dalam panti, pak Hidayat menuturkan mereka kadang sering tidak sanggup mengatasi seperti anak-anak panti yang sering lari untuk bertemu keluarga, menurutnya mereka kadang membiarkan dan bahkan menyerah untuk tidak menampung lagi anak tersebut mengembalikan kepada keluarganya.

Penyerahan bantuan secara simbolis oleh PSBB kepada Pak Hidayat Rahmatullah Akbar sebagai perwakilan panti asuhan Al-Hasanah (Foto: istimewa)

Setelah berbincang-bincang santai selama 7 menit bersama pak Hidayat, terakhir pak Hidayat mengharapkan melalui gerakan dari Pemuda Semangat Bantu Bangsa, pak Hidayat berharap kegiatan ini dapat berlanjut dan bisa berkembang dan dapat membantu yayasan sosial lain selain panti asuhan Al-Hasanah.

“Mudah-mudahan menjadi asbab kebaikan dari teman-teman PSBB untuk segala pribadinya maupun komunitasnya, intinya sukses dunia dan akhirat”, harap pak Hidayat. (Ubay)

Penulis: Bayu Harundja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here