Masyarakat Kecamatan Anggrek Kecipratan Bantuan Zakat Infak Dari Baznas Gorut

182

Gorut MEDGO.ID – Dari berbagai bantuan sosial Pemerintah yang disalurkan kepada masyarakat, khususnya Keluarga Penerima Manfaat yaitu BLT, dan PHK serta jenis bantuan lainnya.-

BACA JUGA  Pemdes Tolongio Salurkan BLT 3 Bulan Sekaligus Untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM)

Kini, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut) mendistribusikan bantuan zakat infaq kepada masyarakat yang ada di 15 desa se-Kecamatan Anggrek

BACA JUGA  Pemdes Tolango Optimalkan Program Pembagunan Berskala Prioritas Untuk Masyarakat Desa

Bantuan zakat infaq ini khusus di salurkan kepada kaum duafa, ataupun masyarakat yang kurang mampu. Proses pendistribusian zakat infaq di serahkan secara simbolis oleh-

kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Gorontalo Utara, Yudin Moonti, Pimpinan Baznas Gorut, Arudji Gobel, yang juga sebagai pemateri tekhnis pengelolaan Zis.

BACA JUGA  Pemdes Tutuwoto Percepat Progres Pembangunan Dan Penyaluran BLT 2021

Pendistribusian bantuan zakat infaq ini dilaksanakan di aula Balai Pertemuan Umum (BPU) kantor Camat Anggrek, Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut). Selasa, (12/10/2021).

 

Zakat infaq terdiri dari sembako, dan uang dua ratus ribu rupiah, yang akan diserahkan secara simbolis. (Foto: Paman Kinoy)

Adapun pendistribusian zakat infaq ini terdiri dari berbagai jenis sembako yaitu, 15 kg beras, teh daun 2 bungkus, minyak kelapa 2 liter, gula pasir 1 kg, dan uang berjumlah Rp. 200.000,-

BACA JUGA  Lebih dari 90 KPM, Pemdes Ibarat Salurkan Langsung BLT Kepada Masyarakat Yang Terdampak Covid-19

(Dua ratus ribu rupiah), kesemuanya itu di bagi per orang, jumlah masyarakat yang hadir saat itu ada sekitar 200 orang terdiri dari 15 desa se-Kecamatan Anggrek.

“Keseluruhannya yang dari pengumpulan yang ada di 13 desa ini sekitar Rp. 337000.000,- ( Tiga ratus tiga puluh tujuh juta rupiah), dan yang dikembalikan kepada masyarakat, Rp. 296.000.000,- (Dua ratus sembilan puluh enam juta rupiah).

Infaq sedekah Rp. 29000.000,- (Dua puluh sembilan juta rupiah) yang kami terima, dan itulah yang dikembalikan kepada bapak dan ibu.” ucap Pimpinan Baznas Gorut, Arudji Gobel,

BACA JUGA  Pemdes Pontolo Atas, Prioritaskan Anggaran DD Untuk Kebutuhan Masyarakat.

yang juga sebagai pemateri tekhnis pengelolaan Zis, saat menyampaikan laporannya dihadapan kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten-

Gorontalo Utara, Yudin Moonti, Camat Anggrek, Abdullah Kadir, dan kepada masyarakat penerima bantuan zakat infaq yang hadir saat itu.

Saat masyarakat penerima Zakat infaq dari Baznas menunggu dengan tertip. (Foto: Paman Kinoy)

Lanjutnya Arudji mengatakan, kegiatan infaq sedekah yang dikumpulkan dari desa-desa pada bulan Puasa, dan itu dikembalikan kepada masyarakat menjadi pendistribusian konsumtif.

BACA JUGA  Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin apresiasi Pasar Murah Yang di Gagas Pemprov Gorontalo

“Kemudian juga yang pengumpulan dari ASN (Aparatur Sipil Negara), dari seluruh aparat Kabupaten Gorontalo Utara, tinggal satu OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang belum melaksanakan kegiatan ini yang 2,5%.

Kemudian untuk seluruh Kecamatan sudah melaksanakan tugasnya, dan tinggal Korwil yang belum, kebetulan Korwil yang ada di Kecamatan ini kami ada catatan yang sudah melaksanakan yaitu, Korwil Atinggola, Sumalata, dan Anggrek yang sudah melaksanakan kewajibannya.” jelas Arudji.

BACA JUGA  Pemkab Gorut Ikuti Rakor dan Sosialisai Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Daerah

Arudji menambahkan, dari 11 Kecamatan ada 8 yang belum melaksanakan yaitu, Kecamatan Kwandang, Ponelo Kepulauan,-

BACA JUGA  Camat Kwandang Ibrahim Tomelo Pantau langsung Sosialisasi dan Pemantapan SDGs Desa Bulalo

Tomilito, Gentuma Raya, Monano, Sumalat Timur, Biawu, dan Tolinggula. Itu yang belum melaksanakan tugasnya. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here