Kustiyanto Olii: Pentingnya Edukasi Tentang Bahaya Narkoba Kepada Masyarakat Desa Ibarat.

Gorut MEDGO.ID – Pemerintah desa Ibarat bersama mahasiswa KKS UNG (Universitas Negeri Gorontalo), dan Karang Taruna menggelar sosialisasi tentang dampak bahaya narkoba kepada kaum Millenial.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di gedung aula kantor desa Ibarat, Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara (Gorut), dihadiri langsung oleh kepala desa Ibarat, Kustiyanto Olii, ketua BPD, mahasiswa-

BACA JUGA  Indra Yasin Instruksikan Seluruh Camat, Gebyar Vaksinasi Sampai Ke Tingkat Desa Dan Sekolah

KKS UNG, karang taruna, tokoh pemuda, tokoh pendidik, aparat desa, dan para kaum Millenial, khususnya yang ada di desa Ibarat. Selain mensosialisasikan dan mengedukasi tentang bahaya-

narkoba, sekaligus membentuk tim relawan anti narkoba, dan juga menyusun perencanaan kegiatan, seperti olahraga, dan lomba game online lainya. Tetapi dengan situasi pandemi saat ini Pemerintah desa Ibarat masih akan mempertimbangkan kembali.

BACA JUGA  Dinkes Gorut Gelar Sosialisasi dan Edukasi Jamkesta Di Kantor Desa Molingkapoto Selatan

“Kalau untuk kegiatan olahraga itu di desa Ibarat ini masyarakat paling banyak peminat olahraga, setiap tahun pun ada event olahraga pada waktu itu. Bahkan saya pun senang dengan olahraga bola kaki. Tetapi, karena ini kita berada di situasi pandemi
sehingga beberapa undang-undang-

BACA JUGA  Lebih dari 90 KPM, Pemdes Ibarat Salurkan Langsung BLT Kepada Masyarakat Yang Terdampak Covid-19

atau aturan yang diterbitkan oleh pemerintah pusat, yang harus dijalankan oleh pemerintah sampai ke tingkat desa. Sehingga kita sekarang ini tetap fokus pada vaksinasi sesuai perintah dan juga meminimalisir angka penyebaran covid-19.” jelas Kustiyanto saat mengawali sambutanya. Selasa,(21/09/2021).

Dirinya sebagai pemerintah desa, sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi dan edukasi tentang bahaya narkoba terutama dikalangan anak muda atau biasa disebut kaum Millenial.

BACA JUGA  DPC PERADI Gorontalo Sukses Gelar Dies Natalis Ke-16

“Inilah yang menjadi harapan kita semua, terutama generasi muda, dan bagi masyarakat desa tentunya mereka tidak terlalu mengenal bahkan mereka bukan pecandu. Meskipun begitu kita harus tetap jaga, dan tidak akan ada namanya narkoba di desa kita ini.

Dengan namanya narkoba ini mereka sangat awam, sehingga saya sangat bersyukur pemerintah desa tidak terlalu sibuk dalam mengurus hal-hal seperti ini. Terkait dengan narkoba tersebut tentu sejak dini menyelamatkan diri mereka dari dampak bahaya narkoba, agar desa kita BERSINAR (Bersih dari Narkoba).” jelas Kustiyanto.

Sementara itu ditempat yang sama, Riyan Nasaru sebagai tokoh pemuda desa Ibarat, juga sebagai advokat dan praktisi hukum, dirinya sangat mengapresiasi apa yang telah-

dilakukan oleh mahasiswa KKS UNG, terkait dengan kegiatan sosialisasi dampak dari bahaya penggunaan narkoba kepada masyarakat, terutama kaum Millenial.

BACA JUGA  Pemdes Pontolo Salurkan Bantuan Beras PPKM Kepada Keluarga Penerima Manfaat

“Apa yang dilakukan adik-adik mahasiswa-mahasiswi UNG, yang diberikan kepercayaan untuk memberikan edukasi terhadap ilmu yang mereka dapatkan di kampus, saya selaku tokoh pemuda yang ada di desa Ibarat ini sangat memberikan support dan bahkan sangat bangga-

ketika orang-orang akademisi, orang-orang yang punya intelektual yang sangat mempuni bisa memberikan pencerahan dan kecerdasan kepada kita-kita pemuda yang ada di desa ibarat ini.

BACA JUGA  Ridwan Naue Apresiasi Kesuksesan Program Tambatan Perahu Desa Botungobungo

Nah, hal yang barusan mereka lakukan terkait dengan pembentukan relawan anti narkoba, itu adalah suatu hal yang positif kita harus dukung, dan kita harus dorong.” tandasnya.

Riyan pun berharap untuk kedepan nanti, kegiatan ini tidak hanya sebatas seremonial saja, tapi dibarengi dengan wujud nyata, ketika ini terjadi, daerah melalui desa itu akan pasti maju
pemuda yang sadar yang bergerak dengan kegiatan-kegiatan sosial.

BACA JUGA  Camat Anggrek Rampungkan Kunjungannya Di 15 Desa Kecamatan Anggrek

Ia pun berpesan, menitipkan harapan besar kepada mahasiswa KKS UNG untuk selalu memberikan dorongan dan motivasi kepada pemuda yang ada di desa Ibarat. (Inong)

Reporter: Suripno Ar.Onge

Tinggalkan Balasan