banner 728x250

Kunjungan Perdana Camat Anggrek Di Sambut Adat Mopotilolo Oleh Masyarakat Desa Ibarat

  • Bagikan
banner 468x60

Gorut MEDGO.ID – Sudah menjadi tradisi masyarakat Gorontalo ketika menerima kunjungan perdana pemimpin Kecamatan Anggrek yang baru dan wajib di sambut dengan secara adat Gorontalo, yaitu Mopotilolo.

Gorontalo Utara (Gorut) memang sangat kental dengan adat istiadatnya yang sudah turun-temurun hingga sampai saat ini masih tetap terjaga kelestariannya.

BACA JUGA  Pemerintah Kecamatan Kwandang Gelar Rakor Evaluasi Penyerapan Anggaran Dana Desa Dan SDGs

banner 336x280

Prosesi adat ini pun dilakukan saat menyambut Camat Anggrek yang-
baru, Abdullah Kadir melakukan kunjungan perdananya di desa Ibarat-

Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.(Gorut)
Penyambutan secara adat ini dilaksanakan di gedung aula kantor desa Ibarat. Selasa,(22/6/2021)

BACA JUGA  Pembukaan Turnamen Molingkapoto Cup, Sebagai Wadah Pengembangan Bakat Seni Dan Olahraga

Setelah memasuki ruang Adat, Camat Anggrek, Abdullah Kadir di dampingi Sekcam Ahmad Abdullah, diawali dengan Mopo Maalumu oleh tokoh adat, selanjutnya menyuguhkan makan minum, atau Mopo Dungga Lou Wilumo.

Kepada awak media, Kades Ibarat Kustiyanto Olii atau yang akrab di sapa kak Yanto ini mengatakan, adat ini memang sudah ada saat masa kerajaan Gorontalo.

BACA JUGA  Pengunjung Sesalkan Pelemparan Batu Saat Keluar Berbelanja Di Alfa Mart Pontolo

“Alhamdulillah kita tadi sudah melaksanakan prosesi ada Mopotilolo, penyambutan bapak Camat yang baru, yaitu dalam rangkaian adat tradisi Gorontalo. Dimana tradisi ini memang sudah menjadi warisan budaya nenek moyang kita, dan kita sebagai generasi wajib meneruskan dan melestarikannya.” ucap Yanto

BACA JUGA  Wabub Gorontalo Utara Lantik Dan Mengambil Sumpah Penjabat Kepala Desa Ilangata Yang Baru

Dirinya menambahkan, kalau secara adat seperti ini, Camat anggrek sudah bisa melakukan kunjungan ke desanya untuk melakukan kegiatan-kegiatan Pemerintah desa atau pun hadir di acara hajatan masyarakat.

BACA JUGA  Pemdes Ibarat, Terus Pacu Percepatan Penyaluran BLT Untuk Kebutuhan Masyarakat

“Nah dengan begitu masyarakat sudah bisa mengundang, bahkan kami selaku Pemerintah desa akan terus mendampingi beliau turun ke desa, dan Alhamdulillah secara keseluruhan adat tadi sudah selesai, berjalan dengan tertip, dan lancar.” terang Yanto.

Dalam pelaksanaan ada Mopotilolo tersebut masyarakat sangat antusias menyaksikan langsung prosesi penyambutan adat kepada Camat Anggrek yang baru.

BACA JUGA  Antusias Masyarakat Desa Ikuti Penyuluhan Hukum Yang di Gelar Pemdes Bulalo Kecamatan Kwandang

Usai pelaksanaan adat Mopotilolo, dilanjutkan dengan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat penerima manfaat. Penyaluran BLT tersebut di serahkan-

secara simbolis oleh Camat Anggrek kepada masyarakat penerima bantuan. Dirinya pula berpesan kepada penerima bantuan agar BLT ini dipergunakan ke hal-hal yang bermanfaat.

BACA JUGA  Pemerintah Desa Molingkapoto salurkan BLT tahap ll Bagi Warga Kurang Mampu

“Dalam kesempatan ini saya menyampaikan, pertama kita sudah melaksanakan ada Mopotilolo, kemudian di lanjutkan dengan penyerahan BLT, dan lebih mulia adalah keberkahan dari hujan, pada-

hari ini yang di nantikan Alhamdulillah jatuh pada hari ini juga, dan prosesi berada di aula kantor desa pun tidak terganggu karena rahmat Allah SWT.
Dan hari ini juga telah dilakukan penyerahan BLT ini diperuntukkan-

BACA JUGA  Pemda Gorut Perketat Keluar Masuk Arus Mudik Di Perbatasan Sebelum Lebaran

untuk yang pokok dan dasar. Jangan pernah BLT di pergunakan ke hal-hal yang tidak baik, seperti miras. Ini digunakan untuk kepentingan pokok sehari-hari, bukan untuk ke hal-hal negatif, seperti judi dan miras.”jelas Abdullah.

BACA JUGA  Pemerintah Kecamatan Anggrek Pusatkan Posko PPKM Mikro Di Desa Ibarat

Diketahui jumlah penduduk yang ada di desa Ibarat Kecamatan Anggrek berjumlah kurang lebih 1.600 jiwa, dengan 481 KK. terkait dengan BLT, kades Ibarat Kustiyanto Olii memaparkan jumlah penerima bantuan hingga saat ini.

“Untuk penyaluran BLT ini sudah masuk tahap ke 5 untuk bulan Mei 2021 dan di desa ibarat ini dari kemarin hampir 100 orang lebih, menurun lagi di verifikasi tinggal 98 orang penerima.” imbuh Yanto

BACA JUGA  Pemdes Tolongio Kecamatan Anggrek Optimalkan Percepatan Program Desa

Di akhir wawancaranya dengan awak media, Yanto berharap dengan kepemimpinan Camat Anggrek yang baru akan merubah wajah baru kecamatan Anggrek, khususnya di desa-desa.

“Harapan kami sebagai Pemerintah desa, bersama membangun terutama dalam progres pembangunan berkelanjutan melalui program desa dan kecamatan semakin maju lagi. Tentunya ini harapan kami, karena Camat adalah perpanjangan Pemerintah daerah yaitu di tugaskan ke setiap Kecamatan dan desa untuk mengontrol semua kegiatan Pemerintahan yang ada di desa.” pungkas Yanto.

BACA JUGA  Tenaga Ahli P3MD Gorut, Beri Kesempatan Melakukan Pemutahiran Data SDGs Sampai Bulan April.

Dua rangkaian acara adat Mopotilolo dan penyaluran BLT yang telah sukses dilaksanakannya, sekaligus Yanto merayakan ulang tahunnya.

Reporter: Suripno Ar. Onge (Inong)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *