Kunjungan Camat Kwandang Akhiri Prosesi Adat Mopotilolo Di Desa Moluo

Gorut MEDGO.ID – Camat Kwandang, Tamrin Monoarfa, merampungkan kunjungan perdananya atau pun penyambutan secara adat di desa Moluo, dari 18 desa yang ada di Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara.(Gorut)

Pelaksanaan prosesi secara adat Mopotilolo tersebut dilaksanakan di rumah kediaman Kepala desa Moluo, Andi Yusuf Hasan, dan berakhir pada siang tadi Pukul 13:30 Wita. Rabu, (14/7/2021)

BACA JUGA  Desa Molsel Prioritaskan Peningkatan Pelayanan Masyarakat Sebagai Desa Maju dan Berkembang.

Dalam sambutanya Camat Kwandang Tamrin Monoarfa, mengucapkan terimakasih yang tak terhingga Kepala desa, ketua tim penggerak PKK desa Moluo, seluruh aparatur desa,-

BACA JUGA  3 Resedivis Kasus Pencurian, Diciduk Tim Resmob Polda Gorontalo

dan masyarakat desa Moluo, yang turut hadir serta berpartisipasi atas terselenggaranya pelaksanaan upacara penyambutan secara adat Mopotilolo.

BACA JUGA  Pemdes Ilodulunga Gelar Penyuluhan Hukum, Perlindungan Anak dan Perempuan

“Memang tadi sudah di beri pengantar oleh kepala desa, bahwa secara adat memang kami belum bisa melakukan aktivitas, baik itu suka dan duka, selama proses Mopotilolo ini belum dilaksanakan, maka kami tentunya tidak bisa menghadiri berbagai kegiatan-kegiatan seperti ini.” jelas Tamrin.

BACA JUGA  Iskandar Datau: BPD Adalah Sebagai Penerima Aspirasi Dan Menyampaikan Aspirasi Masyarakat

Lanjut Tamrin mengatakan, kalau untuk kegiatan Pemerintahan itu bisa dilaksanakan, meskipun belum melalui secara adat. Seperti beberapa yang hari yang lalu sebelum adat Mopotilolo dirinya hadir di desa Pontolo saat menghadiri lomba desa tingkat Provinsi.

BACA JUGA  Dinas Sosial Kabupaten Gorontalo Utara Percepat Penyaluran BST Di Masa PPKM Skala Mikro

Tamrin menceritakan bahwa pihaknya telah ditelepon oleh pak Asisten untuk hadir ditengah-tengah penilaian lomba desa di desa Pontolo, namun pada saat itu Tamrin mengatakan belum bisa hadir karena belum melalui prosesi secara adat.

BACA JUGA  Desa Hiyalo Oyile Kecamatan Anggrek Optimis Capaian Target Vaksinasi Terus Meningkat

“Karena beliau adalah kapasitasnya sebagai ketua dewan adat, maka beliau pun mengatakan tetap bisa hadir, sepanjang itu dalam urusan Pemerintahan.

BACA JUGA  Antusias Masyarakat Desa Ikuti Penyuluhan Hukum Yang di Gelar Pemdes Bulalo Kecamatan Kwandang

Tapi untuk dalam urusan kemasyarakatan dalam suka maupun duka, kami belum bisa masuk kesitu.
Alhamdulillah ini merupakan desa yang terakhir, kami sudah lalui 17-

BACA JUGA  Penobatan Bunda PAUD Botumoito, Lisna Mohi : Bunda PAUD Pekerjaan Suka Rela Yang Dilandasi Rasa Cinta Dan Sayang Pada Anak

desa, Alhamdulillah ini desa yang terakhir, dan insyaa Allah kami akan melakukan aktifitas dilingkungan keluarga kami. Karena pada umumnya masyarakat Moluo ini adalah keluarga.” ucap Tamrin

BACA JUGA  Melalui MUSDes, BUMDes Karya Bersama Desa Mootinelo, Prioritaskan Kepentingan Masyarakat

Diketahui sebelumnya Tamrin pernah lama tinggal di desa Moluo sejak tahun 1983. 53 tahun yang lalu dirinya lahir di Sumalata, tapi pernah lama berdomisili di desa Moluo.

Sambung Tamrin mengatakan, sesungguhnya dirinya adalah bagian dari keluarga yang ada di desa Moluo Kecamatan Kwandang, oleh sebab itu Tamrin pun berharap, memohon-

BACA JUGA  128 Penerima PKH Mengikuti Sosialisasi Vaksinasi, Dan Program PKH di Balai Pertemuan Desa Bulalo Kecamatan Kwandang

dukungan dalam rangka melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang di embannya sekarang ini sebagai Camat Kwandang yang baru.

Kepala desa Moluo, Andi Yusuf Hasan, ketika di temui awak media usai pelaksanaan prosesi adat Mopotilolo menjelaskan,-

BACA JUGA  Akibat Pergeseran Anggaran Dana Desa, Pemdes Oluhuta Tunda Pengerjaan Infrastruktur Desa

dengan pelaksanaan adat seperti ini semua kegiatan-kegiatan program desa akan terus dipacu, dalam rangka pencapaian program pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA  Thamrin  Yusuf : Pengelolaan BUMDes Harus Kuat dan Punya Niat  Baik

“Ucapan terimakasih kepada pak Camat Kwandang, dan banyak hal yang telah beliau sampaikan tadi di acara Mopotilolo ini, dan yang lebih ditekankan juga pada pelaksanaan-

BACA JUGA  Dinkes Gorut Terus Genjot Progres Percepatan Vaksinasi Untuk Masyarakat

penyusunan RKPDesa untuk tahun 2020, dan juga sedapat mungkin untuk mencegah Virus Corona jangan sampai masuk di desa Moluo.” tandas Andi

Menyinggung soal sinkronisasi antara Kepala desa, BPD, LPM, dan aparaturnya, seperti yang telah di sampaikan Camat Kwandang, Andi menjelaskan, selama ini masih tetap terjaga dan tetap solid.

BACA JUGA  Pemdes Tolongio Salurkan BLT 3 Bulan Sekaligus Untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM)

“Alhamdulillah di kami itu mengenai hal-hal pembahasan, baik itu menyangkut dengan perangkat desa, BPD, Syukur Alhamdulillah hampir tidak ada kendala.
Kalau pun ada kendala kita bikin forum, kita bahas bersama dan solusinya.” tandas Andi.

BACA JUGA  Kades Botungobungo Resmi Tutup Kegiatan Karang Taruna, Lomba Kesenian Dan Olahraga

Andi pun berharap kedepan nanti, serta mengajak untuk saling bahu-membahu mengawasi sekaligus membantu Pemerintah desa dalam pelaksanaan program-program desa.

BACA JUGA  Pemerintah Kecamatan Anggrek Pusatkan Posko PPKM Mikro Di Desa Ibarat

“Kami membuka diri kepada siapa saja yang ingin berkunjung, memantau dan sebagainya, kami tetap membuka diri untuk siapa saja yang datang, menanyakan hal-hal terkait kegiatan pembangunan yang ada di desa Moluo” pungkas Andi. (Inong)

Reporter: Suripno Ar. Onge

Tinggalkan Balasan