Kecamatan Kwandang  Fokus Perbaikan Pelayanan Publik dan Fasilitas Umum

16
Kecamatan Kwandang  Fokus Perbaikan Pelayanan Publik dan Fasilitas Umum

Gorut, MEDGO.ID — Mengantisipasi hujan yang di sertai banjir Camat dan Kades fokus terhadap solusi dan penanganan banjir di musim penghujan tahun ini.
Mengingat beberapa hari lalu wilayah Kecamatan Kwandang ikut terkena dampak banjir tersebut hingga beberapa fasilitas pelayanan publik, jalan trans Sulawesi dan rumah warga mengalami kerusakan yang cukup parah.

Sekcam Kwandang Rully Tanaiyo menjelaskan beberapa hal tentang penanganan banjir serta perbaikan-perbaikan yang melibatkan unsur dinas terkait yang ada di Kabupaten Gorontalo Utara. Senin (29/03/2021).

Lihat : Ternyata Pelaku Bom Bunuh diri Depan gereja Makassar, Pengantin Baru Yang Belum Lama Menikah

“Untuk Kecamatan Kwandang yang terdiri dari 18 Desa itu ada beberapa Desa yang terkena dampak banjir, yang pertama desa pontolo, yang kedua Desa Molingkapoto, dan yang ketiga Desa Bualemo. Jadi untuk kedepan ada penanganan-penanganan dan kita melaporkan bahwa akibat hujan deras yang mengakibatkan banjir kita sudah laporkan kepada pihak Pemda yaitu BPPD, dan Dinas Sosial untuk penanggulangan, lebih khusus juga ke PU.” imbuh Rully

Rully menambahkan pula ada juga beberapa wilayah yang sering menjadi langganan banjir ketika hujan deras mengguyur cukup lama di wilayah Kecamatan Kwandang.

“Contohnya yaitu di Desa Molingkapoto tepatnya depan Puskesmas, disitulah memang menjadi layanan banjir, dan lebih parahnya lagi pagar beton yang ada didepan puskesmas tersebut roboh akibat terjangan banjir, dan masyarakat yang ada disekitar Puskesmas ikut terkena dampak banjir.” jelas Rully

BACA JUGA  Di Kecamatan Bone Bupati dan Wakil Bupati Disambut Secara Adat

Pasca terjadinya banjir tersebut memporak-porandakan beberapa fasilitas umum dan juga lahan pertanian milik warga.
Rully mengungkapkan bahwa salah satu ASN staf Kantor camat Kwandang yang ikut terkena banjir melihat langsung ketinggian air banjir mencapai jendela rumah. Dirinya berharap dengan melalui program daerah akan ada solusi dan perbaikan secepat mungkin.

Dari hasil pantauan awak media ada beberapa ruas jalan yang sekarang ini sementara dalam perbaikan terutama jalan trans Sulawesi, untuk mempermudah akses arus lalulintas para pengguna jalan.

Rully juga mengakui bahwa saluran pembuangan air itu memang ada, menurutnya pula bahwa akhir pembuangan air banjir tersebut memang belum ada.

BACA JUGA  Camat Kwandang Ibrahim Tomelo Pantau langsung Sosialisasi dan Pemantapan SDGs Desa Bulalo

“Alhamdulillah sudah ada dinas terkait yang sudah turun, insyaa Allah kedepan akan di anggarkan untuk solusi penganan banjir kedepan. Dan yang sekarang ini sudah ada perbaikan jalan, dan ada satu hal lagi tentang saluran pembuangan akhir dari air banjir tersebut kalau itu sudah ada saya rasa banjir yang menjadi langganan didepan Puskesmas Kwandang, dan dampak untuk masyarakat sekitar saya rasa bisa teratasi.

BACA JUGA  Sarean ”Pungguan” di Kaliyoso

Dan terakhir Pemerintah Kecamatan Kwandang melalui kepala Desa mengimbau kepada masyarakat yang ada di Desanya masing-masing untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, serta selalu memperhatikan saluran air, sebab biasannya penyebab air tidak lancar megalir disaluran diakibatkan sampah yang menumpuk dalam saluran tersebut. Kami dari pihak Kecamatan Sudah berkoordinasi dengan pihak Desa selalu tetap menjaga kebersihan dan selalu mengantisipasi banjir sedini mungkin dengan demikian sudah ada pesiapan untuk mengatasinya.” tandas Rully (Inong)

Reporter: Suripno Ar Onge

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here