Kapus Zubaidah Rauf : Program Perbaikan Gizi Guna Pemantauan Pertumbuhan Anak

BOALEMO, MEDGO.ID – Salah satu kegiatan utama program perbaikan gizi  adalah pemantauan pertumbuhan dan perkembangan  anak dengan penimbangan berat badan dan  pengukuran panjang/tinggi  badan untuk mengetahui status gizi balita.

Tujuannya untuk mendeteksi dini terjadinya masalah kekurangan gizi pada balita sehingga bisa diberikan intervensi segera oleh tenaga kesehatan, jelas Kepala Puskesmas Paguyaman Pantai dr. Zubaidah Ali Rauf pada, Kamis (25/8/2022).

BACA JUGA  Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Hamim Bersama OPD Tanam 5.000 Pohon Aren di Bulango Ulu

“Kekurangan gizi terutama pada balita akan menyebabkan terganggunya pertumbuhan fisik, perkembangan  mental dan kecerdasan dan berdampak terhadap kualitas SDM,” ungkap Kapus Paguyaman Pantai dr. Zubaidah Ali Rauf.

Sehingga penting penimbangan dan pengukuran panjang/tinggi badan kata kapus paguyaman pantai dr. Zubaidah Ali Rauf yang merupakan salah satu kegiatan pemantauan tumbuh kembang yang rutin dilaksanakan di posyandu.

Dan balita yang hadir dan rutin datang ke posyandu akan mendapat pelayanan gizi, imunisasi, Deteksi Dini Tumbuh Kembang dan pemberian makanan tambahan penyuluhan, namun tidak  semua balita yang datang ke posyandu dikarenakan orang tua tidak sempat atau bekerja  atau akses dan tempat yang jauh sehingga capaian kunjungan balita atau balita datang dan ditimbang atau (D/S) menjadi rendah.

BACA JUGA  Kapus Zubaidah Ali Rauf : STBM 5 Pilar Begitu Penting Bagi Masyarakat

Untuk itu dilakukan operasi timbang setiap 2 kali setahun di bulan Februari dan Agustus guna mengejar target balita yang datang dan ditimbang ke posyandu .

BACA JUGA  Sherman Moridu : Pemerintahan Damai Berakhir, Mari Bekerja Keras Untuk Boalemo

Selain itu dengan operasi timbang merupakan cara yang efektif untuk menemukan masalah kekurangan gizi (BB/U), gizi buruk (BB/TB) dan Stunting (TB/U).

Sehingga Puskesmas Paguyaman Pantai telah melaksanakan operasi timbang dengan target 8 desa yang telah selesai pelaksanaannya yaitu 4 desa yaitu Desa Bubaa, Limbatihu, Lito dan Bangga. (Adv).