Kapolda Gorontalo minta Dalam Penyembelihan Hewan Qurban Harus Protokol Covid

36

GORONTALO — Idul Adha merupakan salah satu hari raya terbesar umat muslim. Akan tetapi Idhul Adha kali ini berbeda, karena bersamaan dengan adanya pandemi virus corona sehingga mengakibatkan segala ruang gerak harus di batasi. Hal ini di lakukan guna mencegah penularan virus corona covid-19.

Namun hal ini tidak serta merta menjadikan kita tidak menunaikan kewajiban untuk berkurban. Karena selaku umat muslim wajib untuk melaksanakannya, sebagaimana telah di lakukan umat muslim sebelum-sebelumnya.

Dalam penyembelihan hewan kurban yang di gelar Polda Gorontalo Jum’at (31/07) pukul 09.00 wita di Mapolda, ada 22 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang siap di sembelih pada Idhul Adha 1441 H kali ini. Sebagian sapi kurban dan kambing tersebut berasal dari Pejabat Polda Gorontalo, para personil serta PNS Polda Gorontalo dan juga para masyarakat dermawan lainya.

Penyembelihan hewan kurban tersebut turut hadir Waka Polda Brigjen Pol Drs. Jaya Subriyanto serta para pejabat Polda Gorontalo. Di dalam pelaksanaan penyembelihan tersebut, agar selalu memperhatikan protokol kesehatan, hal ini sesuai dengan harapan Irjen Pol Dr. M. Adnas M.Si selaku orang nomor satu di jajaran Polda Gorontalo yang di sampaikan saat itu.

“Selaku umat yang beragama, marilah kita tak henti-hentinya mengucapkan puji dan syukur kehadirat Allah Swt, karena hari ini kita semua masih di beri kesempatan untuk menunaikan penyembelihan hewan kurban di hari raya Idul Adha kali ini. Walaupun kita ketahui bersama, Idul adha kali ini sunggu-sungguh berbeda. Karena saat ini kita menggelarnya di tengah-tengah pandemi virus corona sedang mewabah seluruh dunia, termasuk bangsa Indonesia yang sangat kita cintai bersama,” kata Kapolda Irjen Pol De Adnan.

Lanjutnya, “Oleh karena itu saya mengharapkan kepada kita semua terutama para panitia hewan kurban, kiranya selalu mempedomani protokol kesehatan. Gunakan masker dan upayakan menjaga jarak saat pelaksanaan penyembelihan hewan kurban. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan dengan tulus dan ikhlas saat ini, marilah kita berdoa kepada Allah Swt, agar Polda Gorontalo dan keluarga di berikan kemudahan, perlindungan dan di berikan keberkahan oleh Allah Swt. Untuk seluruh panitia yang telah berusaha keras semaksimal mungkun dalam mensukseskan kegiatan ini, saya mengucapkan terima kasih,” ungkap Eks Waka Polda Sulsel ini.

Hadir dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tersebut, Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono, Sik selaku Kabid Humas Polda Gorontalo menambahkan.

“Polda Gorontalo di hari raya Idul Adha tahun ini menyembelih hewan kurban sejumlah 22 ekor sapi dan 2 ekor kambing. Sehari sebelum pelaksanaan penyembelihan, hewan kurban tersebut telah di lakukan pemeriksaan kesehatan oleh dokter spesialis yang di tunjuk, dan di lakukan sesuai dengan protokol kesehatan. Dari hasil pemeriksaan kesehatan, semua hewan kurban yang ada layak untuk di sembelih. Untuk daging kurban akan di salurkan kepada yang berhak menerima,”tutur Wahyu.(rls)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here