Kades Alata Karya Manfaatkan Dana Desa Bangun Paving Blok

13
Kades Alata Karya Manfaatkan Dana Desa Bangun Paving Blok
Kades Alata Karya Manfaatkan Dana Desa Bangun Paving Blok

Gorut, MEDGO.ID — Sesuai dengan program Pemerintah Desa untuk lebih mengoptimalkan dana anggaran Desa yang lebih memprioritaskan kepada pelayanan publik secara merata dan untuk kebutuhan masyarakat Desa Alata karya.

Kades Sofyan Mahmud saat di temui di lokasi pengerjaan jalan tersebut menjelaskan bahwa membangun proyek pengerjaan Paving Block ini sangat penting sekali mengingat ini sebagai akses jalan tani menuju area persawahan dan perkebunan.
Selasa (30/03/2021)

BACA JUGA  Jalin Kerja Sama Minut di Bidang Perikanan Kelautan dan Pariwisata

Pembangunan Paving Block ini bersumber dari APBN/Dana Desa dengan anggaran Rp. 108.460.000,- dengan panjang jalan Paving Block 146 meter.
Tahap demi tahap anggaran perbaikan infrastruktur Desa Alata Karya mulai direalisasikan di tahun 2021 ini, dan tidak hanya itu ada beberapa infrastruktur lainya yang akan segera di bangun khusus masyarakat Desa Alata Karya.

“Dana Desa Alata Karya dengan angka Rp. 795.454000,- ini terbagi beberapa tahap, dan untuk pelaksanaanya terbagi beberapa tahap, yaitu tahap 1, tahap 2, dan tahap, 3.
Alhamdulillah untuk Desa Alata Karya dengan angka anggaran yang di prioritaskan Rp. 795.454000,- di tahap 1 dengan angka 40% ini lebih kurang Rp. 318.181.600,- dan ini lebih kurang dengan 6 program yaitu yang pertama program BLT. Ini 5 bulan lebih kurang Rp. 148.500.000,- dan program ke 2 adalah jalan Paving Block dengan angka Rp.108.460.000,- sedangkan untuk program ke 3 yaitu insentif kader Rp. 10.000.000,- Rumah sehat Rp. 40.000.000,- dan yang terakhir untuk penanganan Covid-19 dengan angka Rp. 11.221.600,- . jelas Sofyan.

BACA JUGA  Pemda Gorut Targetkan Tenagakerja Mendapat Perlindungan

Sofyan sangat bersyukur dengan terealisasi anggaran program Desa di tahun ini tentunya untuk lebih di utamakan pada pembiayaan pembangunan serta pemberdayaan masyarakat Desa dalam hal memprioritaskan peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa khususnya Desa Alata Karya itu sendiri.

“Sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan, ini hasil daripada musyawarah tingkat Dusun yang menjadi prioritas tingkat Desa dan Alhamdulillah terdanai. Dan itu pula menjadi kebutuhan masyarakat dan petani yang ada di Dusun Alata 2.” imbuh Sofyan.

Menyinggung tentang insentif Kader kesehatan, Pemerintah Desa sudah menyiapkan anggaran dengan angka Rp. 10.000.000,- sebab menurut Sofyan mereka para Kader kesehatan ini adalah penyongga kesehatan yang ada di Desa Alata Karya.

BACA JUGA  Melalui BumDes Ciptakan Tata Kelola Yang Baik Transparan dan Terintegritasi

Sedangkan angka anggaran untuk penanganan Covid-19
yang telah disebutkan masih menunggu juknis dari tingkat PemDes maupun tingkat keuangan daerah Kabupaten Gorontalo Utara.

Sofyan sangat berharap bahwa dengan beberapa program yang sudah ada ini bisa dimanfaatkan, dan dipelihara dengan sebaik mungkin demi kelancaran aktifitas para petani khususnya yang ada di Desa Alata Karya. (Inong)

Reporter: Suripno Ar Onge

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here