Kabila Bone Dukung Pemekaran Kabupaten Bone Pesisir

46

BONEBOL, MEDGO.ID – Pemerintah Kecamatan dan Desa se Kecamatan Kabila Bone, serta sejumlah tokoh masyarakat menyatakan dukungan terhadap pemekaran Kabupaten Bone Pesisir menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

Hal ini sebagaimana diungkapkan Kepala Desa Botutonuo, Nuzzul Abdul Radjak. Pada intinya kami sangat mendukung pembentukan maupun pemekaran DOB Kabupaten Bone Pesisir.

Apalagi kita sudah melihat apa yang sudah dipaparkan oleh Komite Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir (KPKBP) dan itu menurut kami masuk diakal.

”Kekayaan kita di wilayah Bone Pesisir ternyata begitu banyak, tapi belum terkelola dengan baik,”ungkap Nuzzul, pada sosialisasi dan konsolidasi serta forum diskusi pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bone Pesisir oleh Komite dan Simpul Kecamatan Kabila Bone, di BPU Kecamatan Kabila Bone, Senin (26/7/2021).

BACA JUGA  Hanyut Dibawa Arus Sungai, TMMD Ke-112 Kodim 1304 Gorontalo Penuh Tantangan

Olehnya itu, lanjut dia, setelah melihat dan menyimak paparan dari Ketua Komite Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir, Dr. Ridwan Tohopi, kami menyatakan sangat mendukung pemekaran Bone Pesisir dimana di dalamnya termasuk Kecamatan Kabila Bone.

“Insya Allah hasil sosialisasi dan pemaparan ini akan kita tindaklanjuti ke tingkat bawah dalam hal ini kepada masyarakat agar mereka bisa paham terkait dengan pemekaran Bone Pesisir ini,”ujar Nuzzul Abdul Radjak.

Hal senada juga diutarakan Kepala Desa Olele, Moh. Candra Nauko. Secara pribadi dan sebagai Kepala Desa, dirinya sangat mendukung untuk pembentuk DOB Kabupaten Bone Pesisir karena mengingat bahwa potensi yang ada di Bone Pesisir sangat mendukung untuk bagaimana daerah ini bisa menjadi daerah otonomi baru.
Di sisi lain juga, ini juga demi kepentingan anak cucu kita kedepan. Apalagi dilihat dari segi SDM kita sudah ada. Kemudian masih ada tingkat pengangguran.

BACA JUGA  Tegakan Aturan Pelarangan Mudik, Bupati dan Forkopimda Bone Bolango Cek Pos Perbatasan

”Insya Allah dengan adanya Bone Pesisir menjadi satu kabupaten bisa menambah dan meningkatkan semua indeks desa yang ada di wilayah Bone Pesisir,”tutur Candra Nauko.

Sementara itu, Ketua Komite Pembentukan Kabupaten Bone Pesisir (KPKBP), Dr. Ridwan Tohopi, mengaku bersyukur respon masyarakat di Kecamatan Kabila Bone, termasuk Pemerintah Kecamatan dan Desa yang sangat antusias dengan pemekaran.

BACA JUGA  Polres Gorut Berhasil Amankan Selundupan 5 Ton Cap Tikus

Apalagi pemekaran DOB Kabupaten Bone Pesisir ini sudah disetujui oleh DPRD Bone Bolango, Bupati Bone Bolango, DPRD Provinsi Gorontalo, dan Gubernur Gorontalo.

”Jadi sekarang kita secara bertahap sosialisasi terus untuk persiapan pemekaran, terutama persiapan kedatangan Tim DOB dan Komisi II DPR RI,”jelas Ridwan Tohopi.

Ridwan menuturkan untuk wilayah Kecamatan Kabila Bone sendiri, itu sudah didesain sebagai kota industri, jasa, dan wisata-nya Kabupaten Bone Pesisir.

”Sesuai kajian wilayah ini adalah wilayah industri, jasa, dan wisata. Jadi ciri khas Kabila Bone itu adalah sebagai kota industri, jasa dan wisata,”urai Ridwan Tohopi yang juga selaku Rektor Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Gorontalo itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here