Jalin Kerja Sama Minut di Bidang Perikanan Kelautan dan Pariwisata

4
Wabup Gorut, Thariq Modanggu didampingi beberapa pimpinan OPD saat melakukan kunjungan kerja ke Minahasa Utara menemui pemerintah daerah setempat.

Gorut, MEDGO.ID — Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Pemkab Gorut) saat ini bersama Pemda Minahasa Utara sepakat melakukan kerja sama di bidang perikanan kelautan dan pariwisata. Dan ini dibuktikan dengan kunjungan kerja yang dipimpin Wakil Bupati Tharig Modanggu Jumat (26/3/2021).

Thariq Modanggu mengatakan, menjalin kerja sama dengan Pemkab Minut ini sangatlah penting. Karena memang, daerah tersebut memiliki kesamaan karakter wilayah dengan Gorontalo Utara, terutama potensi bidang perikanan kelautan dan juga pariwisata.

BACA JUGA  Turnamen Game Online Di Bubarkan Pihak Kepolisan, Karena Melanggar Protokol Kesehatan Covid-19

“Kita memilih Minahasa Utara, karena yang pertama bahwa Minahasa Utara itu sudah memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata dan Kawasan Ekonomi Khusus industri,” jelas Thariq.

Di samping itu, Minahasa Utara juga telah berdiri dua pabrik ikan yang sudah melakukan usaha ekspor. Sehingga, lanjut Thariq, hal itu tentu sangat berkaitan erat dengan pengembangan potensi perikanan kelautan dan juga pariwisata Gorontalo Utara.

BACA JUGA  Desa Botungobungo Optimalkan Dana Desa Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat 

“Oleh karena itu, dari pertemuan dengan pihak Pemkab Minut, diperoleh gambaran tentang kawasan ekonomi khusus itu mensyaratkan adanya suplai ikan yang cukup,” imbuhnya.

Makanya, Thariq mengatakan, sengaja dirinya memboyong beberapa OPD terkait dalam pertemuan tersebut. Diantaranya, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Gorut, Thamrin Jusuf, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan, Isjrak, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Badar Pakaya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Robin Daud dan juga pihak Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu serta Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Gorut, Marzuki Tome.

BACA JUGA  Potensi Wisata Alam Desa Papualangi Menjadi Bogornya Kabupaten Gorontalo Utara

“Yang pasti, pertemuan ini merujuk kepada kerjasama daerah untuk saling support program daerah, lebih khusus yang berkaitan dengan ekonomi, bahwa kawasan ekonomi khusus itu membutuhkan dukungan atau support produksi ikan yang cukup dan kita memiliki karakter yang sama,” terangnya.

Oleh karena itu, Thariq mengungkapkan, baik Pemkab Gorut dan Pemkab Minut, telah membahas upaya-upaya ke arah kerjasama antara kedua daerah. “Dan secara khusus, baik kami maupun pihak Pemkab Minut sudah memberi tugas kepada OPD terkait untuk membuat langkah-langkah berkaitan dengan kerja sama di bidang perikanan kelautan,” ungkapnya.

BACA JUGA  Ditengah Perjalaan Dinas keluar Kota, Waka II DPRD Bonebol Ikuti Musrenbang RKPD Secara Virtual

“Sementara khusus untuk pariwisata, karena di Likupang itu ada sebuah kawasan yang memiliki otorisasi sendiri, sehingga pemerintah daerah (Minut) tentu hanya memberikan penjelasan-penjelasan seputar upaya-upaya pemerintah daerah untuk support infrastruktur bagi otorisasi kawasan ekonomi khusus di Likupang sebagai arena destinasi wisata dunia. Itu yang paling penting,” sambungnya menambahkan.

Dan  sebagai langkah konkret, orang nomor dua di Kabupaten Gorut itu mengatakan, soal pembicaraan kerja sama itu, pihaknya akan menindaklanjuti secara teknis lewat OPD terkait, yaitu Bagian Tata Pemerintahan yang akan mengurus soal bentuk-bentuk kerjasama mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang terbaru soal kerja sama daerah.

BACA JUGA  Pemda Gorut Targetkan Tenagakerja Mendapat Perlindungan

“Kita berharap, tentu dengan adanya suplai ikan yang dibutuhkan baik kepentingan KEK maupun ekspor, tentu ini akan memberi manfaat besar bagi pendapatan masyarakat, dalam hal ini nelayan dan masyarakat yang terlibat dalam usaha perikanan, baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya,” harapnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga berharap manfaat besar akan diterima oleh rakyat Gorontalo Utara dalam rangka pendapatan ekonomi. “Dan juga penting untuk memberikan dampak yang besar menekan angka kemiskinan dan membuka lapangan pekerjaan di Gorontalo Utara,” tutupnya.(MDG)

Ucapan Selamat Puasa Rektor UNG Dr Eduart Wolok

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here