Jadikan Media Sebagai Mitra, FKPT Gorontalo Cegah Terorisme Melalui Ngopi Coi

14
FKPT Gorontalo bersama BNPT gelar talkshow Ngopi Coi, pada Jumat, 06/11/2020 (Foto: Bayu Harundja)

KOTA GORONTALO, MEDGO.ID– Menyoal isu radikal dan terorisme yang menjadi ancaman terhadap kesatuan di negeri ini, banyak upaya yang dilakukan salah satunya pencegahan melalui kegiatan sosialisasi serta melibatkan media sebagai patner di dalamnya.

Mengenai hal itu, Forum Koordinasi Penanggulangan Terorisme (FKPT) Gorontalo bersama Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menggelar kegiatan Talk Show Ngopi Coi (Ngobrol pintar cara orang Indonesia), bertempat di Hotel Grand Quality, pada Jumat (06/11/2020).

Kegiatan yang bertajuk “Indonesia adalah kita” di hadiri Mantan Narapidana Terorisme (Napiter) Yudi Zulfahri dan Mantan Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo sebagai narasumber dan di buka langsung oleh Wali Kota Gorontalo, Marten Taha.

Walikota Gorontalo bersama ketua FKPT Gorontalo dan Mantan Ketua Dewan Pers (Foto: Bayu Harundja)

Wali Kota Gorontalo, Marten Taha, dalam sambutannya menyampaikan bahwa masalah terorisme merupakan salah satu kejahatan extraordinary dari 3 kejahatan extraordinary di Indonesia.

3 kejahatan extra ordinary di Indonesia yang di maksud adalah terorisme, korupsi, dan penyalahgunaan narkoba.

Walikota Gorontalo, Marten Taha, memberikan sambutan serta membuka kegiatan talkshow Ngopi Coi (Foto: Bayu Harundja)

“Kegiatan yang digagas ini sangat jarang apalagi dalam mengangkat isu radikalisme dan terorisme. Kita sadari persoalan ini sangat penting dan harus mendapat perhatian dari kita semua, termasuk masyarakat dan kami selaku Pemerintah Kota Gorontalo,” tutur Marten dalam sambutannya.

Dan juga Marten menyampaikan bahwa melalui kegiatan ini Pemkot Gorontalo sangat bersyukur dan harapannya melalui kegiatan ini semoga Provinsi Gorontalo khususnya Kota Gorontalo terhindari dari terorisme.

“Pemda kota Gorontalo bersyukur sekali karena kegiatan ini dilakukan di kota gorontalo, sehingga mudah-mudahan kita bisa terhindar dari semua tindak kejahatan radikalisme terorisme.” Harap Marten.

Di lain waktu Ketua FKPT Gorontalo, Prof. Dr. Ani Hasan, M.Pd., menyampaikan kegiatan ini ungkapnya melibatkan media sebagai mitra untuk memerangi terorisme khusunya para jurnalis yang ada di Gorontalo.

“Sinergitas antara FKPT, BNPT dan media terutama dengan para jurnalis akan terus ditingkatkan termasuk dengan digelarnya kegiatan sebagai upaya peran serta kita dalam memerangi radikalisme dan terorisme terutama dalam hal mengolah informasi dan pemberitaan yang disampaikan kepada publik,” ujar Ani.

Dan juga Ani menyampaikan selain melibatkan media sebagai mitra, untuk bisa terhindar dari kejahatan terorisme masyarakt bisa dengan terus melakukan koordinasi dan literasi informasi.

“Untuk 2020 ini, kegiatan seperti ini sudah tiga kali dilakukan, dengan kegiatan ini literasi akan informasi itu sangat dibutuhkan oleh kita semua,” pungkas Ani Hasan.

Kegiatan tersebut selain melibatkan media sebagai peserta juga di hadiri humas dari Polda Gorontalo dan Korem 133/Nani Wartabone, beberapa aparat desa. (Ubay)

Reporter: Bayu Harundja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here