banner 728x250

Jadi Inovasi dan Tempat Wisata, Desa Bulotalangi Timur Memiliki Unggulan Pertanian

  • Bagikan
banner 468x60

BONEBOL, MEDGO.ID — Salah satu desa inovasi dan juga menjadi tempat wisata Asmara Garden berada di Desa Bulotalangi Timur Kabupaten Bone Bolango ini menjadi perhatian oleh Anggota-anggota DPRD Bone Bolango.

Sebelumnya, desa tersebut menjadi salah satu desa pemekaran dan desa ini juga merupakan bagian dari Desa Bulotalangi. Kemudian tahun 2007 memekarkan diri menjadi satu desa yang di sebut Desa Bulotalangi Timur.

banner 336x280

Pada tahun 2015 desa ini di tetapkan oleh Bupati Bone Bolango sebagai Desa Sayur, karana salah satu produk unggulan di desa ini yang di mana pernah di dengar ada program One Product One Finance.

BACA JUGA  Pemdes Ilodulunga Gelar Rapat, Matangkan Persiapan Penyerahan 80 Sertifikat Tanah, PTSL

Anggota DPRD Bone Bolango Robby Hunawa yang juga dapil di wilayah itu mengatakan bahwa wilayah ini dulu di kenal sebagai daerah yang kering.

“Memang kalau musim hujanpun air susah di sini tapi setelah di mekarkan tahun 2007 dan di nahkodai oleh seorang kepala desa. Maka dalam waktu kurang lebih ada 12 tahun desa ini berubah menjadi desa unggulan pertanian,” jelas Robby

BACA JUGA  Camat Kwandang Ajak Seluruh Kades Dan Aparaturnya Tetap Jaga Sinergitas Membangun Desa

Desa tersebut dulunya masyarakatnya itu, kata Robby hanya menanam ubi jalar yang kadang-kadang juga tidak sesuai harapan hasilnya. Tetapi sekarang masyarakat ini sudah mengembangkan ke dalam berbagai macam bentuk Hortikultura.

Lanjutnya, holtikultura itu antara lain, sayur-sayuran yaitu kangkung darat, yang sekarang dengan penghasilan dari pada kangkung darat ini sudah mampu mengangkat ekonomi dari pada rakyat di desa ini.

BACA JUGA  Bupati Gorut Indra Yasin Jalin Kerjasama Bersama PLTU Anggrek

“Mereka sudah mampu menyelohkan anak-anak mereka bahkan sampai keperguruan tinggi bahkan mereka sudah mampu membeli kenadaraan bermotor kemudian rumah mereka sudah bisa lebih di perbaiki dengan hasil pertanian tersebut,”

“Ada kacang ada sayur-sayuran contohnya labu madu yang cukup potensial di sini yang saya kira ini memiliki gizi yang cukup tinggi punya manfaat untuk tubuh kita kalau kita konsumsi menjadi sayur-sayuran dan beberapa produk sayur seperti ketimun, pepaya, pisang, kacang, terong dan sebagainya,”pungkasnya. (IH)

banner 336x280
banner 120x600
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *